Pelajari Perbedaan Resume dan CV Supaya Tidak Bingung Lagi

Bingung harus menggunakan yang mana di saat melamar pekerjaan? Jika begitu mari kita pahami perbedaan resume dan CV agar kamu tidak perlu bingung lagi

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Pelajari Perbedaan Resume dan CV Supaya Tidak Bingung Lagi cover

Resume dan CV adalah dua hal yang akan kamu butuhkan untuk bisa memulai karier dalam dunia kerja. Namun kedua dokumen ini memiliki perbedaan yang membuat keduanya tidak bisa disamakan. Mari kita cari tahu perbedaan resume dan CV agar dapat memahami fungsi keduanya. Dengan pengetahuan ini kita juga bisa menentukan kapan waktu tepat untuk menggunakan resume atau CV. Yuk mari kita belajar bersama!

Perbedaan Resume dan CV yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum sebuah perusahaan menerima karyawan baru, mereka akan melaksanakan proses seleksi guna mendapatkan kandidat terbaik yang bisa membantu mereka mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Memeriksa CV atau resume adalah langkah pertama yang dilakukan guna menyaring siapa saja yang pantas untuk bekerja di perusahaan mereka. Kamu sebagai pelamar tentu harus bisa membuat kedua dokumen ini dengan baik. Tetapi, ada satu hal yang harus kamu tahu. CV dan resume tidak bisa kita samakan. Terdapat beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui agar tidak salah ketika melamar sebuah pekerjaan. 

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membedakan keduanya. Dengan mengetahui hal ini kamu bisa paham kapan harus menggunakan CV atau resume.

Konten yang Ada Di Dalamnya

Salah satu hal yang sangat membedakan keduanya adalah konten yang ada di dalamnya. CV biasanya diisi dengan sejarah mendalam mengenai kredensial dan prestasi profesional atau akademik kamu. Sedangkan itu, resume akan berisi kumpulan singkat pengalaman, keterampilan, dan kualifikasi profesional kamu yang sangat relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Penggunaan dari CV dan resume akan sangat bergantung pada permintaan perusahaan. Ada yang hanya membutuhkan CV atau resume, lalu ada juga yang akan meminta kedua dokumen tersebut. Hal ini harus menjadi perhatian kamu agar bisa dilirik oleh perusahaan.

Baca juga: 6 Contoh Pertanyaan Interview Project Manager dan Tips Menjawabnya

1. Panjang yang Berbeda

Dengan bentuk konten yang berbeda, maka ada perbedaan dari panjang atau jumlah halaman. Karena resume hanya mencakup keahlian dan kualifikasi kamu untuk peran tertentu, biasanya hanya akan berbentuk satu atau dua halaman. Disisi lain, CV tidak memiliki batas panjang. Bahkan bisa lebih panjang daripada resume, karena akan mencakup lebih banyak informasi dan deskripsi yang lebih rinci tentang kursus, penelitian, publikasi, atau prestasi yang pernah kamu lakukan dan raih.

2. Lokasi Geografis

Di negara Amerika Serikat, CV dan resume dianggap sebagai 2 bentuk dokumen yang sangat berbeda. Bahkan tipe pekerjaan yang akan kamu lamar akan dibedakan berdasarkan penggunaan CV atau resume. Namun di belahan bumi lainnya, CV dan resume sering dianggap sebagai satu jenis dokumen yang sama, secara khusus di UK, New Zealand, dan sebagian besar eropa. Di negara lainnya, CV dan resume sering digunakan secara bergantian. Nah, jika kamu punya keinginan untuk melamar di salah satu negara tersebut, maka hal ini harus bisa menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Baca juga: Informasi yang Wajib Ada dalam CV Menarik Fresh Graduate

Itulah beberapa hal yang bisa membedakan antara CV dan juga resume. Untuk di Indonesia sendiri, penggunaan keduanya akan sangat bergantung pada permintaan perusahaan yang kamu lamar. Nah, pastikan kamu bisa membuat keduanya, jangan lupa juga untuk memperbanyak kompetensi dan sertifikasi kamu yang nantinya bisa dimasukan kedalam CV ataupun resume

Baca juga: Macam-Macam Skill dalam CV yang Wajib Kamu Pahami

MyEduSolve menyediakan berbagai macam sertifikasi bertaraf internasional seperti Adobe, Microsoft, Project Management Institute, dan IT Specialist yang dapat menunjang perjalanan kamu untuk menggapai karier impian. Yuk, segera cek website kami untuk melihat pilihan sertifikasi yang kamu butuhkan!

Article Tag:

perbedaan resume dan CV

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pelajari Perbedaan Resume dan CV Supaya Tidak Bingung Lagi

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

perbedaan resume dan CV

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.