Tips dan Cara Membuat CV di Word dengan Mudah

Membuat CV dengan baik sangat penting saat akan melamar pekerjaan. Jika kamu bingung membuatnya, artikel ini akan menjelaskan cara membuat CV di Word dengan mudah.

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

Cara Membuat CV di Word

| Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Share:

Tips dan Cara Membuat CV di Word dengan Mudah cover

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu syarat penting yang dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin melamar pekerjaan. CV membuat recruiter bisa mengenali kepribadian seseorang dengan lebih mudah. Ini karena CV memuat seluruh informasi penting mengenai kandidat, di mana informasi tersebut adalah penentu pertama apakah kandidat tersebut adalah kandidat yang dibutuhkan atau tidak. 

Bagi kamu yang masih bingung bikin Curriculum Vitae yang bagus untuk melamar pekerjaan, kamu bisa membuatnya di mana saja kok, termasuk di Word. Kali ini MyEduSolve akan mengajak kamu mengetahui tips dan cara membuat CV di Word dengan mudah. 

Tips dan Cara Membuat CV di Word

Microsoft Word memang lebih dikenal sebagai tempat untuk mengerjakan seluruh tugas dan pekerjaan yang berkaitan dengan essay, paper, skripsi, jurnal, sampai membuat perjanjian. Namun sebenarnya Microsoft Word memiliki fitur lain yang lebih banyak daripada sekedar mengetik tugas atau pekerjaan kita. Kalau kamu melihat bagian “File” saat membuka Word, kamu akan menemukan banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk membuat CV. Jadi bagaimana cara membuat CV di Word? Perhatikan langkah-langkah berikut ini, ya! 

Baca juga: Skill yang Harus Ada di CV untuk Peluang Karier yang Lebih Baik
  1. Buka aplikasi Ms.Word yang kamu punya.
  2. Pilih “Dokumen Kosong” kemudian pilih bagian “File” yang berada di atas kiri. 
  3. Klik “Baru” yang berada di bawah pilihan “Beranda”. 
  4. Dari sini kamu akan melihat berbagai template yang disediakan Ms.Word, yang bisa kamu gunakan dengan sangat mudah. Kamu tinggal menggulir ke bawah dan mencari template resume atau CV yang kamu inginkan. Klik template CV yang kamu pilih dan klik “Buat”. Selanjutnya Ms.Word akan mengunduh template tersebut agar bisa kamu gunakan. 
  5. Saat template sudah terbuka, kamu perlu memasukkan informasi yang sudah tersedia. Kamu hanya perlu mengganti kata-kata yang berada di dalam kurung seperti pendidikan, pengalaman kerja dan rangkuman profil. Pastikan bahwa semua informasi penting yang tercantum di template kamu isi dengan baik dan benar. 
  6. Untuk bagian profil, masukkan seluruh informasi penting seperti alamat lengkap, nomor HP dan alamat e-mail aktif, serta foto terbaru dengan kualitas yang bagus. Ceritakan secara singkat mengenai kepribadianmu, skill apa yang kamu punya dan ketertarikan kamu dalam posisi yang ingin dilamar. Kamu juga bisa memasukkan hobi dan prinsip hidup yang kamu rasa sejalan dengan posisi tersebut. 
Baca juga: Informasi yang Wajib Ada dalam CV Menarik Fresh Graduate

Untuk bagian pendidikan, kamu tidak perlu menulis keseluruhan riwayat dari TK, sepertinya CV tidak akan muat jika kamu melakukannya. Cantumkanlah dua pendidikan terakhir, misalnya dari sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi (kuliah). Di sini kamu dianjurkan untuk memberitahu recruiter mengenai penghargaan apa saja yang kamu dapatkan, pengalaman berorganisasi dan nilai akhir dari setiap periode pendidikan. 

Untuk bagian pengalaman kerja, kamu bisa memasukkan informasi saat kamu magang atau saat menjadi part timer. Kamu tidak perlu minder jika belum memiliki pengalaman kerja secara profesional. Masukkan saja pengalaman magang dan pengalaman lain yang pernah kamu kerjakan. Jangan lupa untuk memasukkan pekerjaan yang sejalan dengan posisi yang kamu lamar, agar recruiter yakin terhadap kemampuan yang kamu punya. 

Jika sudah selesai mengisi semua informasi yang ada, periksa ulang apakah ada tulisan yang tidak benar. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang termuat di dalamnya adalah informasi yang tepat dan benar. Kesalahan dalam penulisan CV bisa mengurangi nilai kamu sebagai kandidat di mata recruiter. Setelah memastikan semuanya benar, maka CV kamu sudah selesai dan siap untuk digunakan. 

Baca juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Cara membuat CV di Word seperti penjelasan di atas tidak rumit untuk dilakukan, karena sudah ada template yang bisa digunakan. Kamu hanya perlu memastikan bahwa informasi yang diberikan sudah benar. Selain itu tidak perlu bertele-tele, singkat saja yang penting seluruh informasi dilampirkan dengan lengkap dan jelas. 

Jika kamu masih khawatir mengenai skill yang bisa kamu cantumkan untuk menarik perhatian recruiter, kamu bisa mulai dengan mengikuti berbagai sertifikasi yang disediakan oleh MyEduSolve.  Dari desain, teknologi informasi sampai mengoperasikan seluruh aplikasi Ms.Office. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi dari Microsoft, Adobe, Project Management Institute hingga Pearson VUE. Kunjungi website kami untuk mendapatkan seluruh sertifikasi yang kamu butuhkan!

Article Tag:

Cara Membuat CV di Word

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

Cara Membuat CV di Word

Articles Info

author:MyEduSolve

Cara Membuat CV di Word

Tips dan Cara Membuat CV di Word dengan Mudah

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Cara Membuat CV di Word

Category:

Pengembangan Skill

Share:

618

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.