Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Berangkat ke Amerika Lewat Microsoft & Adobe National Championship!

Microsoft & Adobe National Championship merupakan kejuaraan nasional yang diadakan tiap tahun dan menjadi salah satu ajang untuk memilih anak-anak muda yang akan menjadi calon perwakilan Indonesia pada Microsoft & Adobe World Championship. Cek informasi selengkapnya di bawah!

Posted: Thursday, Dec 30, 2021

Share:

Berangkat ke Amerika Lewat Microsoft & Adobe National Championship! cover

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan software Microsoft dan Adobe yang sering digunakan dalam dunia kerja. Saking banyaknya perusahaan yang menggunakan program ini, sertifikasi pun dibuat untuk membantu calon pekerja agar bisa memaksimalkan dan memvalidasi kemampuan mereka dalam mengoperasikan software Microsoft atau Adobe.

Tapi, tahukah kamu bahwa melalui sertifikasi Microsoft dan Adobe, kamu juga bisa mengikuti kejuaraan nasional untuk Microsoft dan Adobe yang dilaksanakan tiap tahunnya? Kejuaraan ini dikenal sebagai Microsoft & Adobe National Championship.

Apa Itu Microsoft & Adobe National Championship?

Microsoft & Adobe National Championship adalah kejuaraan nasional Microsoft dan Adobe yang dilaksanakan tiap tahun untuk meningkatkan kemampuan anak muda dalam bidang teknologi. Di Indonesia sendiri, Microsoft & Adobe National Championship diselenggarakan oleh MyEduSolve.

Perlombaan nasional Microsoft dan Adobe diadakan secara terpisah dengan tata cara pelaksanaan dan penilaian yang berbeda.

Pada Microsoft Office Specialist National Championship, akan ada tiga kategori kejuaraan, yaitu Microsoft Excel 2019, Microsoft PowerPoint 2019, dan Microsoft Word 2019. Seluruh peserta wajib mengambil ujian Microsoft Office Specialist selama periode MOS Exam.

Sementara untuk Adobe Certified Professional National Championship, kamu wajib memiliki sertifikasi Adobe Certified Associate/Adobe Certified Professional untuk Adobe Photoshop, Adobe InDesign atau Adobe Illustrator.

Dari segi penilaian, pemenang tiga besar Microsoft Office Specialist National Championship di tiap kategori akan ditentukan dengan melalui nilai sertifikasi serta durasi pengerjaan ujian sertifikasi. Partisipan dengan nilai ujian sertifikasi tertinggi dan durasi pengerjaan tercepat akan menjadi juara 1.

Sedangkan untuk Adobe Certified Professional National Championship, para peserta akan diminta untuk membuat suatu karya dengan design brief yang sudah ditentukan. Nantinya, karya-karya mereka akan dinilai dan diseleksi oleh panel juri profesional.

Para juri akan memilih 30 karya terbaik dan mempersilakan para peserta untuk memberikan presentasi mengenai hasil karya yang dibuat. Dari presentasi tersebut, para juri akan menentukan pemenang tiga besarnya.


Sebelumnya, Microsoft & Adobe National Championship sudah diselenggarakan di tahun 2019 dan 2021. Di tahun 2021, terdapat 498 peserta yang mengikuti kejuaraan Microsoft Office Specialist dan 159 partisipan yang menjalani kejuaraan Adobe Certified Professional.

Tiga pemenang kejuaraan Microsoft dan tiga pemenang kejuaraan Adobe dipilih sebagai perwakilan untuk Microsoft & Adobe World Championship 2021.

Ketiga perwakilan Indonesia pada Microsoft Office Specialist World Championship 2021 berhasil masuk ke 10 besar dan salah satu perwakilan dari Indonesia pada Adobe Certified Professional National Championship berhasil meraih juara 3 dunia.

Baca juga: Indonesia Menempati 10 Besar di 3 Kategori MOS World Championship

Microsoft & Adobe National Championship kembali diadakan di tahun 2022 oleh MyEduSolve, di Indonesia secara virtual pada tanggal 25-27 Maret 2022.

Tiket Menuju World Championship 2022 di California

Selain menjadi wadah bagi para generasi muda untuk berkompetisi dan mengasah kemampuan digital mereka, Microsoft & Adobe National Championship 2022 juga merupakan tiket bagi anak muda Indonesia untuk unjuk gigi secara internasional melalui Microsoft & Adobe World Championship 2022.

Para pemenang juara 1 di masing-masing kategori Microsoft Office Specialist National Championship dan pemenang juara 1 di Adobe Certified Professional National Championship akan ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam Adobe World Championship yang akan diadakan di Anaheim, California pada tanggal 24-27 Juli 2022.

Baca juga: Sempat Gagal, Gina Berhasil Raih Juara 3 ACA World Championship 2021

Hadiah untuk Para Pemenang Microsoft & Adobe National Championship 2022

Sama seperti tahun sebelumnya, para pemenang Microsoft & Adobe National Championship 2022 akan mendapatkan hadiah uang tunai, sertifikat, dan medali. Berikut adalah detail hadiah yang akan didapatkan oleh pemenang tiga besar kejuaraan nasional Microsoft & Adobe 2022:

Hadiah Microsoft Office Specialist National Championship 2022 untuk semua kategori

Juara 1: Rp5.000.000 + sertifikat + medali + tiket ke California

Juara 2: Rp3.000.000 + sertifikat + medali

Juara 3: Rp1.500.000 + sertifikat + medali

Hadiah Adobe Certified Professional National Championship 2022

Juara 1: Rp. 5.000.000 + sertifikat + medali + tiket ke California

Juara 2: Rp. 3.000.000 + sertifikat + medali

Juara 3: Rp. 1.000.000 + sertifikat + medali

Cara Mengikuti Microsoft & Adobe National Championship 2022


Ada beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi sebelum mendaftarkan diri dalam Microsoft & Adobe National Championship 2022, yaitu:

  • Peserta kejuaraan nasional Microsoft & Adobe harus berusia 13-22 tahun (sebelum 15 Juni 2022)
  • Peserta wajib mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist pada periode 3 Januari-19 Maret 2022 untuk berpartisipasi dalam Microsoft Office Specialist National Championship 2022
  • Peserta wajib memiliki sertifikasi Adobe Certified Professional yang masih berlaku, seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, atau Adobe Illustrator. Jika belum, peserta dapat mengambil ujian sebelum tanggal 18 Maret 2022, untuk berpartisipasi dalam Adobe Certified Professional National Championship 2022
  • Peserta yang sudah pernah mengikuti Microsoft Office Specialist National Championship tahun sebelumnya bisa berpartisipasi kembali pada kategori yang berbeda
  • Peserta yang sudah pernah mengikuti Adobe Certified Professional National Championship tahun sebelumnya bisa berpartisipasi kembali

Kalau kamu sudah memenuhi semua syarat yang dicantumkan, kamu tinggal melakukan registrasi diri. Cara registrasi Microsoft & Adobe National Championship 2022 cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui tautan di bawah ini.

Microsoft Office Specialist bit.ly/MOSChampionship2022

Adobe Certified Professional bit.ly/ACPChampionship2022

Registrasi dibuka dari tanggal 3 Januari-18 Maret 2022.

Baca juga: Didukung oleh Kemendagri RI, MyEduSolve Gelar Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2021

Apakah Ada Biaya Pendaftaran untuk Microsoft & Adobe National Championship 2022?

Kejuaraan nasional Microsoft & Adobe 2022 tidak memungut biaya pendaftaran, tapi kamu wajib mengikuti ujian sertifikasi Microsoft untuk berpartisipasi dalam Microsoft Office Specialist National Championship atau memiliki sertifikasi Adobe Certified Professional untuk masuk ke dalam Adobe Certified Professional National Championship.

Oleh karena itu, kamu hanya perlu mengeluarkan dana untuk pengambilan sertifikasi saja. Terdapat 2 jenis paket harga sertifikasi yang bisa kamu ambil, yaitu paket individu dan paket kelompok.

Untuk paket kelompok, kamu bisa mendapatkan potongan diskon sebanyak 20% dengan mendaftarkan diri secara berkelompok, minimal tiga orang. Berikut adalah daftar paket harga sertifikasinya:


Detail SertifikasiPaket IndividuPaket Kelompok (minimal 3 orang)
Exam voucherRp. 300.000Rp. 240.000
Exam voucher + retakeRp. 350.000Rp. 280.000
Exam voucher + retake + CertPREP (simulasi ujian)Rp. 500.000Rp. 400.000

Daftarkan Dirimu!

Tertarik mengikuti Microsoft & Adobe National Championship 2022 dan mewakili Indonesia di kancah internasional? Langsung daftarkan dirimu di tautan yang tertera di atas!

Baca juga: Cerita Perjalanan Adjie Dzikry, Juara 3 MOS National Championship 2021

Related Tags

Microsoft & Adobe National Championship
Microsoft & Adobe National Championship 2022
Microsoft Office Specialist National Championship
Adobe Certified Professional National Championship
kejuaraan nasional Microsoft & Adobe
Microsoft & Adobe World Cha

3,787

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.