Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah dan Cepat

Penting untuk kamu menguasai penggunaan Microsoft Word seperti cara menggabungkan file Word. Mari simak cara dan penjelasannya pada artikel ini!

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah dan Cepat cover

Pada masa yang sudah berkembang seperti sekarang ini, penting untuk kamu menguasai penggunaan Microsoft Word seperti cara menggabungkan file Word. Mengapa? Hampir semua dokumen yang diperlukan pada hampir setiap pekerjaan sekarang sudah harus diakses melalui program seperti Microsoft Word.

Microsoft Word sendiri merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft dengan tujuan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan pengolahan kata, termasuk membuat, mengedit, dan memformat suatu dokumen. Hingga saat ini, Microsoft Word masih sangat populer digunakan, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia profesional.

Penggunaan Microsoft Word yang mudah, cepat, dan praktis menjadi faktor seseorang memilih perangkat lunak ini untuk mengolah dokumen yang berupa teks. Selain itu, Microsoft Word juga memuat banyak fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk mempermudah pekerjaan pengolah kata, salah satunya adalah fitur penggabungan file.

Lantas, bagaimana sih cara menggabungkan file Word tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah

Cara menggabungkan file Word menjadi satu sebenarnya dapat cukup mudah kamu lakukan. Kamu tidak perlu melakukan copy dan paste teks dari setiap dokumen secara satu per satu. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang dapat kamu ikuti untuk menggabungkan file Word:

  • Buka dokumen Microsoft Word pertama yang ingin kamu gabungkan.

  • Tambahkan halaman baru di bagian paling bawah dari dokumen tersebut.

  • Tempatkan kursor pada halaman baru.

  • Pada bagian menu, pilih tab Insert > Object > Text from File.

  • Selanjutnya akan muncul dialog box atau kotak yang bertuliskan Insert File.

  • Pilih file kedua yang ingin kamu gabungkan.

  • Klik Insert.

  • Sekarang seharusnya dokumen kedua sudah berhasil digabungkan dengan dokumen pertama.

Jika kamu ingin menggabungkan lebih dari dua file Word menjadi satu, kamu masih dapat mengikuti cara di atas untuk menggabungkan beberapa file Word sekaligus menjadi satu. Cukup ikuti cara di atas sampai bagian dialog box Insert File muncul, setelah itu pilih beberapa dokumen yang ingin digabungkan secara sekaligus. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:

  • Pilih dokumen yang diinginkan dengan menahan tombol "Ctrl" pada keyboard dan mengetuk semua file yang ingin digabungkan.

  • Setelah semua file dipilih untuk digabungkan, klik Insert.

  • Sekarang, beberapa dokumen sebelumnya telah digabungkan pada dokumen pertama.

Mudah bukan? Jika kamu mengikuti semua langkah-langkah di atas dengan benar, seharusnya kamu tidak akan menemui masalah dalam melakukan hal ini.

Baca Juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Cara Membandingkan Dua File Word

Terkadang kita perlu membandingkan sebuah file Word dari versi sebelumnya untuk mengetahui revisi apa yang sudah dibuat. Nah, untuk melakukan hal tersebut, Microsoft Word juga memiliki fitur untuk membandingkan dua versi dari sebuah dokumen. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Buka salah satu dari dua versi dokumen yang ingin kamu bandingkan.

  • Pada menu Tools, arahkan ke Track Changes, lalu klik Compare Documents.

    • Catatan: Jika opsi Compare Documents tidak tersedia, dokumen tersebut mungkin diproteksi. Untuk membuka proteksi dari dokumen tersebut, pada menu Tools, klik Unprotect Document.

  • Pada menu pop-up Original document, pilih dokumen yang asli.

  • Pada menu pop-up Revised document, telusuri ke versi dokumen yang berbeda, lalu klik OK.

Perubahan dari salinan yang direvisi digabungkan menjadi salinan baru yang didasarkan pada salinan dokumen yang asli. Sedangkan salinan yang asli tidak tersentuh. Tanda revisi menunjukkan perbedaan yang diperkenalkan oleh salinan dokumen yang direvisi.

Baca Juga: Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Di Word Dengan Mudah

Demikian adalah cara menggabungkan file Word yang dapat kami sampaikan. Jika kamu ingin meningkatkan sekaligus validasi skill Microsoft Word yang kamu miliki, kamu bisa mengambil ujian sertifikasi resmi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve. Terdapat dua level sertifikasi word yang tersedia yaitu Associate dan Expert. Kamu bisa belajar terlebih dahulu melalui LearnKey, CertPREP, dan retake voucher supaya bantu lulus ujian. Semoga penjelasan cara menggabungkan file Word ini dapat membantu kamu, ya!

Article Tag:

cara menggabungkan file wordmicrosoft wordword

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah dan Cepat

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

cara menggabungkan file wordmicrosoft wordword

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.