Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

20 Fitur Microsoft Word yang Penting Bagi Pemula!

Microsoft Word banyak digunakan untuk kebutuhan administrasi dan pembuatan dokumen. Ketahui apa saja 20 tools di Word yang akan sangat membantu kamu di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

20 Fitur Microsoft Word yang Penting Bagi Pemula! cover

Microsoft Word menjadi salah satu software yang wajib dikuasai di dunia kerja. Terlebih jika kamu bekerja di industri penerbitan, administrasi, dan media yang sering berkutat dengan dokumen-dokumen berbentuk teks.

Dalam Microsoft Word, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. Yuk, ketahui dua puluh fitur Microsoft Word dan fungsinya yang paling sering digunakan pada artikel berikut. Simak baik-baik sampai akhir, ya.

Apa Itu Software Microsoft Word?

Microsoft Word adalah software yang dibuat oleh Microsoft Corp untuk mengolah data dalam format teks. Jenis dokumen yang bisa diolah dengan Microsoft Word adalah surat, laporan, buku, skrip, dan masih banyak lagi.

Semua orang wajib menguasai software ini karena Microsoft Word adalah software yang selalu dipakai di perusahaan.

Alasan banyak perusahaan memakai Microsoft Word karena cara penggunaannya mudah serta dilengkapi dengan bermacam-macam fitur yang memudahkan penggunanya.

Meskipun Microsoft Word fungsi utamanya sebagai software pengolah kata, tetapi perangkat lunak ini juga dilengkapi menu-menu yang memungkinkan pengguna membuat ilustrasi sederhana. Contohnya bagan, tabel, flow chart, grafik, hingga mind map.

Berikut ini penjelasan menu-menu di Microsoft Word yang wajib dikuasai lengkap dengan fungsinya.

  1. Insert

Fitur Insert di Microsoft Word memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menambahkan ilustrasi pada dokumen untuk memperjelas isi teks.

Bentuk ilustrasi yang ditambahkan bisa bermacam-macam, yaitu grafik, foto, tabel, ikon, bangun datar, animasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word Dalam Dunia Kerja

  1. Design

Design adalah fitur untuk mempercantik tampilan dokumen. Microsoft Word menyediakan sejumlah template desain yang bisa digunakan.

  1. Page Layout

Page layout berfungsi untuk mengatur format dokumen. Elemen format yang bisa diatur meliputi ukuran margin, jumlah kolom, jumlah baris, orientasi, spasi, paragraf, dan masih banyak lagi.

  1. Reference

Reference mungkin menjadi fitur yang paling banyak digunakan dalam pembuatan dokumen seperti tesis, laporan, dan skripsi. Dengan fitur reference ini kamu dapat memasukkan fitur sitasi, footnote, daftar pustaka (bibliography), daftar isi, dan lain-lain.

  1. Review

Fitur review berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengedit teks, karena terdapat menu Thesaurus (kamus), translation (penerjemahan), word count (menghitung jumlah kata), comments (fitur yang bisa menambahkan komentar biasanya digunakan oleh editor), proofing (memeriksa kata dan ejaan), autocorrect (perbaikan typo dan kesalahan eja), dan sebagainya.

  1. Home

Home adalah fitur utama pada Microsoft Word. Dengan fitur ini kamu dapat mengatur jenis huruf, ukuran huruf, jarak spasi, format huruf, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding, Dijamin Langsung Berhasil

Fitur Microsoft Word dan Fungsinya

Setelan penjelasan mengenai menu yang tersedia di Microsoft Word, berikut ini penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang ditawarkan Microsoft Word untuk menunjang pengolah dokumen.

  1. Fast Typing

Microsoft Word dilengkapi dengan fitur fast typing yang memungkinkan pengguna mengetik dengan cepat sehingga dapat memangkas waktu.

  1. Editing

Fitur edit berfungsi untuk memperbaiki kesalahan ketik dengan menghapus, mengubah, dan menyisipkan.

  1. Saving

Saving adalah fitur untuk menyimpan dokumen yang telah dikerjakan ke memori komputer, sehingga pengguna dapat mengaksesnya kembali.

  1. Format

Fitur format digunakan untuk mengatur format penulisan pada dokumen, seperti underline (garis bawah), italic (miring), bold (cetak tebal). Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengubah jenis huruf, ukuran huruf, dan masih banyak lagi.

  1. Media (OLE – Object Linking and Embedding)

Fitur satu ini berfungsi untuk menambahkan media sebagai ilustrasi tambahan untuk memperjelas konteks pada dokumen. Ilustrasi dapat berbentuk audio, video, grafik, foto, simbol, dan lainnya.

  1. Table

Microsoft Word juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan tabel ke dalam dokumen.

  1. Chart

Fitur grafik dapat digunakan jika pengguna ingin menambahkan grafik ke dokumen. Microsoft Word sudah menyediakan berbagai macam template grafik yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

  1. Spelling and Grammar

Spelling and Grammar adalah fitur untuk membantu pengguna dalam menyunting ejaan dan tata bahasa pada teks. Biasanya sistem akan memberikan tanda pada ejaan dan tata bahasa yang masih kurang tepat.

Baca juga: 4 Tips Merapikan Format Tulisan Microsoft Word yang Berantakan dengan Cepat

  1. Line and Spacing

Fitur satu ini dapat digunakan pengguna jika ingin mengatur kerapatan spasi sesuai kebutuhan penulisan.

  1. Delete Error

Microsoft Word mempunyai fitur yang bisa dipakai pengguna jika ingin menghapus kesalahan ketik, baris, dan paragraf.

  1. Alignment

Fitur alignment memungkinkan kamu menentukan model paragraf yang diinginkan, yakni rata kiri, rata kanan, rata tengah, dan rata kanan-kiri.

  1. Move-In Cursor

Move-in cursor adalah fitur yang dipakai untuk memindahkan posisi kursor dari kata ke kata lain atau dari paragraf ke paragraf lain.

  1. Naming Document

Naming document adalah fitur yang digunakan untuk memberi nama dokumen sehingga pengguna jadi lebih mudah jika ingin mengaksesnya lagi.

  1. Page Break

Page break berfungsi untuk memisahkan teks antara satu halaman dengan halaman lain. Biasanya pengguna memakai fitur ini untuk penomoran halaman atau memudahkan ketika mencetak dokumen.

  1. Header and Footer

Header and footer adalah fitur yang memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk memberi catatan kaki, penomoran halaman, tanggal, hingga logo di sudut atas atau bawah halaman.

  1. Thesaurus

Thesaurus merupakan fitur kamus yang ditawarkan Microsoft Word, sehingga pengguna dapat melacak sinonim dan antonim pada setiap kata yang tertulis di dokumen.

  1. Page Orientation

Page orientation adalah fitur untuk mengubah tampilan halaman menjadi horizontal (landscape) atau vertikal (portrait).

  1. Autocorrect

Fitur autocorrect dapat berfungsi sebagai penyunting teks kemudian memperbaiki kesalahan kata dan memberi rekomendasi kata yang benar.

  1. Mail Merge

Mail merge adalah fitur dari Microsoft Word yang bisa dipakai untuk menulis surat dengan jumlah yang banyak. Untuk memudahkan pengguna, Microsoft Word sudah menyiapkan template-nya, sehingga pengguna tinggal mengedit dan mengirimnya secara kolektif.

  1. Search and Replace

Search and replace merupakan fitur untuk mencari suatu kata tertentu yang ingin diperbaiki dan menggantinya dengan kata lain.

Itu dia rangkuman artikel mengenai dua puluh fitur Microsoft Word yang wajib diketahui dan dikuasai. Kamu bisa memvalidasi kemampuanmu dalam mengoperasikan Microsoft Word dengan mengikuti program sertifikasi Microsoft Word Expert Certification dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa dilihat di MyEduSolve.

Sumber:

Important Features of Microsoft Word https://www.geeksforgeeks.org/important-features-of-microsoft-word/ (Diakses Maret 2024) 

An Introduction to MS Word https://byjus.com/govt-exams/microsoft-word/ (Diakses Maret 2024)

Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

20 Fitur Microsoft Word yang Penting Bagi Pemula!

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Fitur Microsoft Word
Microsoft Word

104

Recommended Articles

Relevant Certifications

Word Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0