Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Membuat daftar isi akan membuat dokumen jauh lebih rapi dan memudahkan pembaca untuk mencari bagian penting. Simak cara mudah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word melalui artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Nov 01, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word cover

Ketika kamu membuat sebuah karya tulis seperti laporan, makalah, dan skripsi, pasti membuat daftar isi di awal halaman. Tujuan daftar isi ini untuk menandai halaman, sehingga memudahkan pembaca mencari konten bacaan yang diinginkan.

Daftar isi yang dibuat secara manual tentu saja tidak efisien dan boros waktu. Nah, ternyata ada cara membuat daftar isi otomatis secara cepat. Jika kamu penasaran dengan tutorialnya, yuk baca artikel ini sampai selesai, ya!

Fungsi Daftar Isi

Melansir dari laman situs W3.org, secara umum daftar isi memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk memberikan informasi singkat mengenai isi bab dan untuk membantu pembaca mencari bab khusus yang ingin dibaca.

Daftar isi biasanya hanya mencantumkan judul-judul bab dari keseluruhan karya. Namun, pada isi dokumen yang lebih kompleks, daftar isi dibuat lebih detail sehingga judulnya ditulis lengkap dan panjang.

Manfaat Menggunakan Daftar Isi di Karya Tulis

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika penulis menyertakan daftar isi pada karya tulis mereka. Kira-kira apa saja? Simak, yuk.

  1. Memudahkan pembaca mencari bab penting yang ingin dituju di antara puluhan hingga ratusan bab yang ada.

  2. Mendorong penulis membuat format judul dan sub-judul jadi lebih tertata dan mudah dipahami.

  3. Isi karya tulis jadi lebih mudah dibaca dan diakses, karena setiap judul dan sub-judul mengandung kata kunci.

  4. Jika pengaturan format sudah benar, daftar isi dapat membuat tampilan karya tulis jadi rapi dan profesional.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Indesign untuk Pemula! 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word Windows

Untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word tidaklah sulit. Kamu cukup menggunakan fitur bawaan dari Microsoft Word, yaitu Heading Style. Fitur ini tersedia di Microsoft Word versi baru maupun versi lama. Yuk, ikuti tutorial di bawah ini!

  1. Buka software Microsoft Word yang tersedia di perangkat komputer kamu.

  2. Klik File, pilih Open, dan pilih file dokumen yang ingin kamu buat daftar isinya.

  3. Setelah dokumen karya tulis kamu terbuka, arahkan kursor dan klik pada lembar kerja yang ingin kamu tambahkan daftar isi.

  4. Jika sudah, klik tab References.

  5. Cari menu ‘Table of Contents’.

  6. Klik opsi Table of Contents.

  7. Kemudian, akan muncul menu pop-up yang akan menunjukkan pilihan tampilan daftar isi, yaitu otomatis dan manual.

  8. Pilih opsi Automatic Table.

  9. Pilih antara Automatic Table 1 atau Automatic Table 2.

  10. Lalu, format daftar isi akan muncul di lembar kerja.

  11. Selanjutnya, kamu harus menyesuaikan format daftar isi dengan judul dan sub-judul dari keseluruhan isi karya tulis. Untuk mulai menyesuaikan, pertama-tama blok format daftar isi.

  12. Klik lagi pada Table of Contents yang ada di menu ‘Table of Contents’.

  13. Pilih opsi Custom Table of Contents.

  14. Kamu bisa mengatur sendiri tampilan daftar isi sesuai kebutuhan. Mulai dari jumlah heading yang dipakai, menghapus nomor halaman, dan mengubah posisi format tulisan.

  15. Jika sudah selesai mengatur format daftar isi, klik OK.

  16. Namun, apabila kamu masih ingin mengganti huruf, mengubah ukuran huruf, dan memberi warna pada tulisan, kamu bisa mengeditnya di tab Home.

Catatan: Jika kamu menambah atau mengedit konten pada dokumen, kamu juga wajib melakukan pembaruan di daftar isi. Caranya klik tab References, klik opsi Update Table di menu ‘Table of Contents’, pilih opsi Update page number only untuk mengubah nomor halaman tanpa mengubah judul bab atau opsi Update entire table untuk mengubah seluruh daftar isi tak terkecuali nomor halaman dan judul yang baru ditambahkan.

Baca juga: Cara Membuat Halaman di Microsoft Word Agar Skripsi Cepat Selesai

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di OS Mac

Tutorial membuat daftar isi otomatis di Operating System Mac tidak terlalu berbeda dari Windows. Untuk kamu pengguna Mac yang ingin membuat daftar isi otomatis pada karya tulis, yuk ikuti tutorial di bawah ini yang mudah dipraktekkan pemula.

  1. Buka file dokumen yang ingin kamu buat daftar isinya.

  2. Setelah dokumen terbuka, klik tab References.

  3. Klik Update Table.

  4. Klik Update page number only (melakukan pembaruan nomor halaman saja dan tidak mengubah judul bab) atau Update entire table (memperbarui keseluruhan daftar isi termasuk nomor halaman dan judul yang baru kamu tambahkan).

  5. Jika sudah, klik lagi tab References.

  6. Klik opsi Table of Contents.

  7. Pilih Auto Contents untuk membuat daftar isi menyesuaikan sendiri secara otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Web

Kamu bisa menambahkan dan mengedit daftar isi di dokumen Microsoft Word tanpa harus menggunakan software-nya, tapi cukup melalui web dengan mengakses halaman Microsoft 365.

Akses Microsoft via web memungkinkan kamu mengedit dokumen Microsoft Word sama seperti biasanya. Artinya kamu juga bisa membuat daftar isi melalui Microsoft web. Yuk, ikuti tutorial simpel di bawah ini.

  1. Buka file dokumen yang hendak kamu edit.

  2. Lalu klik tab References.

  3. Cari menu ‘Table of Contents’, klik opsi Table of Contents.

  4. Kemudian klik opsi Insert Table of Contents.

  5. Lalu di lembar kerja akan muncul format daftar isi yang memuat nomor halaman dan judul bab. Kamu bisa mengatur ulang lagi tampilan format daftar isi tersebut.

  6. Kalau ingin membuat daftar isi dapat diperbarui secara otomatis, caranya: klik tab References dan klik opsi Update Table of Contents. Setelah itu, daftar isi akan diperbarui secara otomatis setiap kamu melakukan perubahan.

Baca juga: Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word 

Itu dia penjelasan mengenai cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word yang pastinya mudah diikuti oleh pemula. Yuk, tambah kredibilitas kamu dalam mengoperasikan Microsoft Word dengan mengikuti kursus sertifikasi Microsoft Word Associate dari MyEduSolve. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan akses laman MyEduSolve.

Sumber:

CustomguideTable of Contents in Word (Diakses Oktober 2023)

Digitaltrends,  How to build a table of contents in Microsoft Word (Diakses Oktober 2023)

Related Tags

Pengembangan Skill
Microsoft Word

126

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.