Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tutorial Cek Typo di Microsoft Word untuk Pemula

Salah ketik atau typo bisa saja terjadi saat sedang mengerjakan sebuah dokumen. Namun, ada cara mudah untuk menemukan typo dengan cepat. Simak tutorial lengkapnya di artikel inI!

Posted: Monday, Aug 28, 2023

Share:

Tutorial Cek Typo di Microsoft Word untuk Pemula cover

Ketika sebuah dokumen di Microsoft Word, seringkali kita salah dalam penulisan ejaannya atau yang sering dikenal dengan istilah typo. Adanya kesalahan dalam penulisan tersebut bisa mengubah arti dari pesan yang ingin disampaikan sehingga menimbulkan salah paham.

Pasalnya, user kerap tidak sadar ada typo saat mengetik. Lalu bagaimana cara cek typo di Word? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Fitur Spelling and Grammar di Microsoft Word

Terjadi kesalahan dalam mengetik dokumen di Microsoft Word merupakan hal lumrah yang kerap terjadi. Akan tetapi, kesalahan pengetikan bisa berimbas buruk jika terjadi saat menyusun dokumen penting, seperti perizinan, surat dinas, skripsi, atau laporan.

Untuk menghindari hal tersebut, user bisa memanfaatkan fitur bawaan dari Microsoft Word.

Di dalam software Microsoft Word terdapat fitur bernama spelling and grammar. Fitur tersebut bisa memeriksa kesalahan ketik dan pengejaan untuk semua dokumen yang ditulis oleh user dari kata perkata. Nah, bagaimana cara mengaktifkan fitur spelling and grammar di Microsoft Word? Ikuti caranya di bawah ini.

  1. Buka file yang ingin kamu edit dan periksa ejaannya.

  2. Klik tab Review di taskbar bagian atas.

  3. Klik Proofing.

  4. Pilih Spelling & Grammar.

  5. Kemudian pilih Spelling.

  6. Nanti akan muncul menu editorial untuk memeriksa setiap kata di dokumen yang sudah kamu kerjakan. Apabila terdapat kata yang typo, sistem akan menandai kata tersebut dengan warna merah. Kemudian, sistem akan memberikan beberapa kata yang disarankan.

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word Dalam Dunia Kerja 

Selain bisa mengecek typo di dokumen Microsoft Word, fitur spelling and grammar secara otomatis dapat mengecek kesalahan ejaan yang ditandai dengan garis biru atau hijau. Berikut ini tutorial memakai fitur spelling and grammar untuk mengecek kesalahan ejaan.

  1. Klik tab Review di taskbar bagian atas.

  2. Klik Proofing.

  3. Pilih Spelling & Grammar.

  4. Pilih Spelling.

  5. Sistem akan menandai kata-kata yang salah ejaan dengan warna merah, kemudian klik salah satu kata yang disarankan jika memang terjadi salah ejaan. Namun, jika tidak klik Ignore Once, Ignore All, atau Add to Dictionary.

  6. Apabila kamu membuka Microsoft Word melalui tab atau ponsel, kata-kata yang disarankan oleh sistem akan ditunjukkan melalui menu pop-up.

Cara Mengecek Typo di Microsoft Word

Tutorial sebelumnya menjelaskan cara memeriksa kesalahan ketik dan ejaan dari kata perkata menggunakan fitur spelling and grammar di menu Review. Namun, fitur ini cukup memakan waktu karena harus memeriksa dokumen kata perkata.

Nah, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk mengedit kata-kata yang typo di dokumen, tutorial berikut akan menjelaskan cara mengecek kata yang typo saja dalam sebuah dokumen.

  1. Buka dokumen yang akan kamu edit.

  2. Jika kamu perhatikan, kata-kata yang typo akan diberi tanda berupa garis bawah seperti huruf ‘W’ oleh sistem. Sedangkan, untuk kata-kata yang salah ejaan akan diberi tanda garis bawah berwarna biru atau hijau.

  3. Klik salah satu kata yang typo, kemudian sistem akan menampilkan beberapa kata yang disarankan.

  4. Jika kamu ingin mengganti kata yang typo dengan salah satu kata yang disarankan, kamu tinggal klik kata tersebut.

  5. Kalau kamu ingin mengabaikan kata yang disarankan oleh sistem, klik ikon lingkaran di bagian kiri bawah menu.

  6. Namun bila kamu ingin menambahkan kosa kata baru di kamus, klik ikon buku pada menu.

Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Jago Microsoft Word 

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa di Microsoft Word

User sering mengalami kendala pada pengaturan bahasa di Microsoft Word. Sebab, setelan pabrik Microsoft Word menggunakan Bahasa Inggris, sehingga fitur spelling and grammar hanya bisa mendeteksinya ke dalam Bahasa Inggris.

Supaya fitur spelling and grammar bisa mendeteksi kesalahan ketik di dokumen Bahasa Indonesia, kamu harus mengatur ulang setelannya supaya fitur ini bisa mendeteksi typo secara akurat.

Lantas bagaimana cara mengubah pengaturan bahasa Microsoft Word dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia? Yuk, ikuti cara berikut.

  1. Dalam fitur spelling and grammar, terdapat pilihan bahasa yang bisa kamu lihat di bawah menu Add to Dictionary.

  2. Kemudian, cari dan pilih Bahasa Indonesia.

  3. Klik OK.

  4. Sistem akan meminta kamu untuk menambahkan Bahasa Indonesia ke Microsoft Word.

  5. Klik Download untuk memasukkan kamus Bahasa Indonesia ke sistem Microsoft Word.

  6. Aplikasi peramban yang kamu gunakan akan langsung membuka laman Microsoft Support.

  7. Jika halaman sudah terbuka, klik Download lagi untuk mengunduh programnya dan tunggu sampai selesai.

  8. Ketika proses unduh sudah selesai, klik dokumen OfficeSetup.exe.

  9. Tekan Install untuk memulai proses instalasi kamus Bahasa Indonesia.

  10. Jika proses instalasi telah rampung, buka kembali dokumen Microsoft Word yang hendak kamu periksa dan ulangi tutorial yang sudah dijelaskan di atas.

Baca juga: Cara Membuat Logo di Microsoft Word untuk Pemula 

Cara Memperbaiki Typo di Microsoft Word dari Hp

Kalau kamu hanya punya waktu yang sedikit untuk memperbaiki typo di dokumen yang sudah kamu kerjakan, kamu bisa mengeditnya dari HP. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Install aplikasi Microsoft Word di HP.

  2. Buka aplikasi dan buka dokumen yang ingin kamu edit.

  3. Biasanya aplikasi Microsoft Word secara otomatis langsung mengaktifkan fitur spelling check. Namun jika aplikasi belum mengaktifkannya, kamu harus klik ikon pensil di taskbar atas, klik Home, klik Review, klik Spelling.

  4. Kata-kata yang typo akan ditandai dengan garis bawah berbentuk seperti huruf W. Lalu, pilih kata yang typo untuk diedit.

  5. Pilih salah satu kata dari beberapa kata yang disarankan di menu pop-up. Tapi jika kamu ingin menambah kosa katanya, klik Learn. Kamu juga bisa klik Cut atau Delete untuk menghapus kata tersebut.

Itu dia cara cek typo di Word. Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Kamu bisa melatih kemahiran dalam mengoperasikan Microsoft Word dengan bergabung di program sertifikasi internasional Microsoft Word Associate dari MyEduSolve yang sudah diakui langsung oleh Microsoft. Informasi lebih lanjut langsung akses laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

www.wikihow.com

Related Tags

cek typo
pengembangan skill

1,749

Recommended Articles

5 Rekomendasi Framework Python Terbaik Saat Ini cover

Posted: 3 months ago

14 Min Read

Cara Mempertajam Foto di Photoshop, Cuma 2 Tahap! cover

Posted: 5 months ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.