Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Menggabungkan File di Word buat Pejuang Skripsi

Pernahkah kamu tiba-tiba bingung mencari cara membuat halaman berbeda di Word ke dalam satu file yang sama? Yap, jangan panik, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Posted: Sunday, Sep 11, 2022

Share:

Cara Menggabungkan File di Word buat Pejuang Skripsi cover

Apakah kamu masih saja menggabungkan dokumen Microsoft Word dengan cara meng-copy paste teks dokumen satu ke dokumen lainnya secara manual?

Pernahkah terpikirkan bahwa sebenarnya ada loh cara cepat untuk melakukannya tanpa perlu bolak-balik dari dokumen satu ke dokumen lainnya?

Setelah berhasil menggabungkan beberapa file ke dalam satu dokumen, kamu kemudian diminta untuk membuat nomor halaman pada dokumen tersebut dengan tipe angka yang berbeda. Bagaimana caranya, ya?

Tenang dan jangan panik! Hal ini memang umum terjadi saat kamu hendak menulis karya tulis ilmiah, proposal bisnis, hingga naskah skripsi yang memiliki aturan penulisan khusus dan sistematika yang terstruktur. Aturan tersebut dibuat dengan tujuan tertentu, yang salah satunya adalah agar mudah dipahami oleh pembacanya.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas cara menggabungkan file di Word dan juga bagaimana cara membuat page number di Word secara singkat dan mudah untuk dipraktikkan. Simak terus sampai akhir, ya!

Baca juga: Apa itu Sertifikasi Microsoft Office Specialist? Kamu Perlu Tahu!

Cara Menggabungkan File di Word

Berikut ini adalah cara untuk menggabungkan file word yang berbeda ke satu dokumen yang sama, yaitu:

  1. Buka dokumen yang hendak digabungkan

  2. Letakkan kursor pada halaman tempat teks yang ingin disalin ditempatkan

  3. Klik Tab Insert > Object > Text From File

  4. Setelah muncul dialog box Insert File, pilih dokumen yang diinginkan

  5. Dan selesai, dokumen telah berhasil disalin!

Menggabungkan Beberapa File Word

Untuk menggabungkan beberapa file berbeda sebenarnya bisa dengan mengulangi langkah-langkah yang sama seperti cara di atas. Hanya ada sedikit perbedaan saat menyeleksi file yang diinginkan. Berikut ini adalah caranya:

  1. Ulangi langkah-langkah pada cara menggabungkan dua dokumen sebelumnya sampai dengan muncul dialog box Insert File

  2. Pilih beberapa file yang ingin digabungkan dengan menekan tombol “Ctrl” pada keyboard, lalu klik Insert

  3. Dan seluruh dokumen yang dipilih selesai digabungkan!

Cara Setting Page Number di Word

Cara membuat page number di Word bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang kalau kamu mengerti caranya dan susah kalau kamu tidak fokus saat melakukan pengaturannya pada dokumen yang kamu pilih. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Klik Tab Insert > Page Number

  2. Pilih posisi nomor halaman sesuai yang diinginkan

  3. Apabila jenis angka yang muncul tidak sesuai, kamu bisa menyuntingnya pada menu Page Number > Format Page Numbers > ubah Number Format

  4. Jika kamu ingin menghilangkan nomor halaman pada halaman sampul, kamu bisa Double Click pada posisi dimana nomor halaman berada, lalu akan muncul Tab Design (Header & Footer Tools) >berikan tanda cek pada menu Different First Page

  5. Selesai

Baca juga: Cara Buat QR Code di Word, Gampang dan Anti-Ribet!

Nah, sekarang sudah tahu cara menggabungkan file di Word, kan? Semoga membantu, ya. Dan jika kamu ingin memperdalam lagi keterampilan kamu dalam mengoperasikan softwares Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan lain sebagainya, kamu bisa mengikuti sertifikasi resmi berstandar Internasional yaitu Microsoft Office Specialist. Sebelum ujian sertifikasi dilaksanakan, kamu juga bisa mendapatkan video materi pembelajaran dengan menambahkan Add-On LearnKey saat melakukan pembelian pada halaman shop MyEduSolve.

Related Tags

Cara Menggabungkan File di Word

25,735

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.