7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

Kursus online semakin menjamur di kala pandemi. Tapi tahukah kamu kalau kursus online tidak hanya bisa menambah wawasan, tapi juga meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan? Telusuri lebih lanjut melalui artikel ini!

Posted: Monday, Oct 25, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Monday, Oct 25, 2021

Share:

7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu! cover

Siapa bilang untuk dapat kerja kamu wajib memiliki pendidikan formal? Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peluangmu meraih pekerjaan impian! Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online bersertifikat.

Melalui kursus online, kamu tidak hanya menambah ilmu, tapi juga mendapatkan sertifikat online yang diakui secara nasional ataupun internasional untuk kamu masukkan ke dalam CV dan resume. Penasaran dengan manfaat kursus online untuk membangun kariermu? Langsung telusuri artikel di bawah!

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Bootcamp dengan Workshop? Berikut Penjelasannya

Kenapa Harus Ikut Kursus Online Bersertifikat?

Kursus online tidak hanya berguna untuk orang-orang yang sedang melamar kerja, tapi juga bagi para pekerja! Dari hari ke hari, zaman makin berubah dan pengetahuan-pengetahuan baru akan terus bermunculan. Oleh karena itu, penting untuk bisa terus mengasah kemampuan melalui kursus online agar tidak ketinggalan.

Menambah wawasan dan memiliki sertifikat untuk memvalidasi kemampuanmu bukanlah satu-satunya manfaat dari mengikuti kursus online. Masih ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus online!

1. Memperbesar Peluang Kerja

Sekarang ini, banyak perusahaan yang mencari orang-orang dengan sertifikasi, khususnya dalam bidang teknologi. Nah, biasanya, setelah menjalani kursus online, kamu akan diberikan sertifikat yang bisa kamu cantumkan di CV dan resume.

Dengan adanya sertifikat resmi, kamu bisa bersaing dan jadi lebih menonjol dari pelamar lainnya. Peluang kerjamu juga akan meningkat jika kursus online yang kamu ambil menawarkan sertifikat online yang diakui secara internasional.

Baca juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

2. Menambah Koneksi

Seperti namanya, kursus online berlangsung secara daring dan dapat menghubungan berbagai orang di belahan dunia. Tak jarang kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang memiliki budaya, latar belakang, serta negara yang berbeda-beda. Dari sana, kamu bisa menambah koneksi yang suatu saat bisa berguna untuk membangun karier di masa depan.

Baca juga: 5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

3. Lebih Praktis

Saat sedang pandemi, sebagian besar aktivitas yang manusia lakukan berlangsung secara daring, termasuk pembelajaran. Inilah yang membuat kursus online lebih diminati daripada kursus konvensional yang on site.

Selain itu, kursus online biasanya tidak terpatok dengan jadwal yang kaku. Kamu bisa mempelajari materinya serta mengikuti ujiannya kapanpun dan dimanapun.

Seperti peribahasa 'sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui', kamu tidak perlu pusing menyeimbangkan kerjaanmu atau kuliahmu dengan jadwal kursus online. Kamu masih bisa belajar sambil bekerja ataupun menimba ilmu di perkuliahan.

4. Terbiasa dengan Teknologi

Persaingan kerja yang makin ketat membuat perusahaan makin jeli dalam mencari bibit-bibit unggul. Salah satu kemampuan yang bisa membuatmu lebih terlihat adalah pemahaman mengenai teknologi. Mengikuti kursus online membuatmu makin terbiasa dan terekspos dengan teknologi digital yang marak digunakan sekarang ini.

Baca juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

5. Memupuk Kebiasaan untuk Disiplin

Berbeda dengan kursus biasanya, tidak ada orang yang akan memantau dan mengingatkanmu untuk mengikuti kursus online. Kamu harus memotivasi dan mengatur dirimu agar tetap disiplin untuk menyelesaikan kursus tersebut.

Secara tidak langsung, kamu juga melatih dirimu untuk menjadi pribadi yang disiplin dan teguh. Kualitas ini sering dicari oleh perusahaan dan dapat menambah nilai plusmu saat wawancara kerja nanti.

Meraih kursus online bersertifikat

Sumber: StockSnap di Pixabay

6. Lebih Terfokus

Saat menjalani kursus online, biasanya jumlah pesertanya lebih sedikit daripada kursus yang biasanya diadakan di kelas on-site. Bahkan, terkadang kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan pengajarnya dan tidak perlu merasa malu untuk bertanya. Kamu akan bisa lebih fokus belajar untuk menyelesaikan kursus online bersertifikat tersebut.

7. Mengasah Skill di bidang Teknologi

Secara tidak langsung, kamu harus mempelajari dasar-dasar teknologi, seperti mengoperasikan surat elektronik dan konferensi video untuk bisa mengakses platform kursus online bersertifikat yang kamu pilih. Kamu juga akan bisa meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan software tertentu dan cara berkomunikasi secara efektif di dunia nyata.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Jenis Sertifikat Kursus Online

Sertifikat online yang diakui dan ditawarkan tergantung dari platform kursus online dan tujuan dari kursus online tersebut. Biasanya, kamu bisa mendapatkan salah satu dari tiga jenis sertifikat ini:

Certificates of Completion

Jenis sertifikat yang paling umum ditemukan adalah tipe certificates of completion. Sertifikat ini adalah tanda kalau kamu sudah menyelesaikan kursus online.

Social Certificates

Biasanya sertifikat jenis social certificates diberikan saat kamu menjalani kursus online khusus, seperti pemahaman mengenai penggunaan teknologi tertentu atau berhasil menyelesaikan kursus online dari perusahaan terkenal. Sertifikat ini yang dapat diperlihatkan ke rekruter untuk menambah nilai jualmu.

Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Verified Certificates

Sertifikasi ini hanya bisa didapatkan kalau kamu mengikuti kursus online dan lulus ujian formalnya. Ujiannya biasanya dilangsungkan oleh organisasi atau perusahaan tertentu, misalnya Microsoft dan Adobe.

Kursus online dengan sertifikat jenis verified certificates menawarkan keahlian khususnya, seperti pemahaman soal teknologi atau software tertentu.

CV dan resume yang kamu miliki sudah pasti akan lebih menonjol di mata rekruter saat kamu mencantumkan jenis sertifikat online yang sudah diakui ini.

Semua kursus online dengan berbagai jenis sertifikat bisa kamu dapatkan di platform kursus online, seperti MyEduSolve.

Apakah Ada Platform Kursus Online Bersertifikat?

Kamu tidak perlu repot mencari platform kursus online bersertifikat karena MyEduSolveX menyediakan kelas-kelas dengan sertifikat online yang sudah diakui!


Kursus-kursusnya akan dibawakan oleh instruktur-instruktur yang sudah ahli di bidangnya dan pastinya bisa kamu akses kapan dan di mana saja. Tidak hanya materi, kamu juga akan diberikan modul pelatihan. Terdapat lima kategori kursus online yang bisa kamu pilih di platform kursus online MyEduSolveX, seperti pengembangan diri, kreatif, bisnis, teknologi, dan entreprenurship.


Di zaman online ini, personal branding dan pengembangan diri merupakan hal yang penting untuk menambah nilai jualmu. Oleh karena itu, MyEduSolve menghadirkan dua kursus online baru yang bisa kamu ikuti, yaitu Personal Branding for Career Development dan Growth Mindset for Professional.


Kedua kursus online ini akan dipandu oleh Pak Jawwadurrohman Abdul Jabbar yang sudah berkecimpung dalam bidang pengembangan SDM dan kepemimpinan selama lebih dari 5 tahun.


Tunggu apalagi, langsung daftarkan dirimu di MyEduSolveX dan raih sertifikat online yang sudah diakui untuk CV serta resume-mu!


Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Referensi

Broderick, T. 7 Advantages to Taking Online Classes. OEDB. Diakses pada 23 November 2021.

Lin, S. (2015). 3 Types of Online Course Certificates. eLearning Industry. Diakses pada 23 November 2021.

Montgomery College. Advantages and Disadvantages of Online Courses. Diakses pada 23 November 2021. 

Article Tag:

Kursus online,kursus online bersertifikat,platform kursus online,sertifikat online yang diakui

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

Posted: Monday, Oct 25, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Kursus online,kursus online bersertifikat,platform kursus online,sertifikat online yang diakui

Category:

Pencarian Kerja

Share:

670

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.