Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja!

Mencari pekerjaan tidak semudah membalikan telapak tangan. Terkadang alasan kamu belum dapat kerja bukan karena kurang usaha tapi karena faktor lain. Cek alasannya di bawah!

Posted: Friday, Oct 15, 2021

Updated: Sunday, Jan 23, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Friday, Oct 15, 2021

Share:

Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja! cover

Awalnya, kamu bersemangat untuk memulai kariermu sehabis kuliah dan bergegas untuk melamar di berbagai perusahaan. Tapi, seiring berjalannya waktu, kamu mulai menyadari kalau tidak ada satupun yang memberikan balasan terkait CV dan resume yang kamu kirimkan. Pada akhirnya, kamu belum dapat kerja dan merasa sulit untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Kalau kamu sedang mengalami ini, kamu tidak sendirian! Mencari pekerjaan yang cocok merupakan sesuatu yang bisa menimbulkan rasa stres dan gelisah, khususnya untuk para freshgraduateFenomena kesulitan dapat kerja ini pastinya membuatmu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih alasan tidak diterima kerja? Untuk tahu penyebabnya, kamu bisa langsung menelusuri artikel di bawah ini!

Apa Saja Alasan Tidak Diterima Kerja?

Terkadang bukan usahanya yang kurang, tapi ada faktor-faktor lain yang membuatmu belum dapat kerja atau tidak dipanggil untuk interview kedua. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kamu tidak diterima kerja atau merasa sulit dapat kerja:

1. Pengalaman atau Skill yang Tidak Nyambung

Sebelum membuat lowongan kerja, perusahaan sudah membuat perincian dari pekerjaan yang akan dicari secara spesifik. Wajar kalau misalnya kamu tidak diterima kerja karena pengalaman, pendidikan, atau skill-mu tidak cocok dengan apa yang perusahaan inginkan.

Contohnya, kamu belum dapat kerja dan mau melamar di bidang human resource tapi semua pengalaman, skill, dan pendidikanmu berpusat pada ilmu teknologi. Sudah pasti rekruter tidak akan meloloskanmu ke tahap interview

Sebaiknya, pilih lowongan kerja yang sesuai dengan pengalaman, skill, dan pendidikanmu, minimal masih nyambung dengan latar belakangmu. Kamu akan merasa sulit dapat kerja jika melamar ke profesi yang tidak sesuai dengan CV dan resume.

2. Tidak Memperhatikan Cover Letter

Saat belum dapat kerjaan, kadang kamu terlalu fokus dengan CV dan resume sampai lupa dengan keberadaan cover letter, padahal cover letter juga sama pentingnya! Malahan, bisa jadi salah satu faktor yang membuatmu merasa sulit dapat kerja adalah karena cover letter yang tidak menarik.

Menulis cover letter sama dengan membuat surat cinta, kamu harus bisa mempersuasi rekruter agar tertarik dengan dirimu. Cover letter adalah salah satu cara untuk menjelaskan kapabilitasmu dan apa yang bisa kamu kontribusikan untuk perusahaan. Oleh karena itu, cover letter yang menarik akan mengurangi peluangmu tidak diterima kerja.

Baca juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

3. Tidak Memahami Perusahaan

Sama seperti PDKT, kamu harus paham dulu seperti apa perusahaan yang kamu lamar sebelum memasukkan CV dan resume. Jangan sampai perusahaan itu tidak cocok dengan visi dan misimu atau lebih parahnya kamu tidak bisa menjawab rekruter saat ditanya soal apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan. Pada akhirnya, kamu jadi tidak diterima kerja.

4. Kurang Pengalaman atau Skill

Beberapa lowongan pekerjaan membutuhkan skill khusus atau pengalaman yang banyak. Jika kamu masih freshgraduate yang belum dapat banyak pengalaman kerja, cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan banyaknya pengalaman dan kemampuanmu. Jangan langsung melamar ke posisi yang membutuhkan banyak pengalaman, seperti manajer atau kepala divisi. Kamu sudah pasti akan merasa sulit mendapatkan pekerjaan jika melamar di posisi yang terlalu tinggi.

Kamu bisa mulai dari lowongan yang entry-level dan pelan-pelan mengembangkan skill serta menambah pengalamanmu. Kalau kamu memiliki kesulitan untuk mendapat pekerjaan, kamu bisa mencari lowongan lain yang membutuhkan pengalaman lebih sedikit atau hanya memerlukan skill umum.


Baca juga: Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

5. Ada Perubahan dalam Perusahaan

Ada kalanya kamu tidak diterima kerja bukan karena kurangnya skill atau pengalamanmu, tapi karena ada perubahan dalam perusahaannya, misalnya pergantian posisi orang penting atau perubahan anggota tim divisi.

Biasanya perusahaan akan menunda proses rekrutmen sampai masalah atau perubahan yang terjadi sudah selesai. Kalau belum dapat kerjaan tersebut, kamu bisa coba melakukan follow up ke perusahaan untuk mengetahui status CV dan resume yang kamu berikan.

6. Overqualified untuk Lowongan

Belum dapat kerja tapi tetap mencoba

Sumber: StartupStockPhotos di Pixabay

Pengalaman atau skill yang terlalu banyak terkadang membuatmu sulit dapat kerja, terutama jika kamu melamar ke posisi yang hanya memerlukan sedikit pengalaman. Hal ini dikenal sebagai overqualified.

Posisi yang overqualified bisa membuat karyawan merasa jenuh dan kurang tertantang. Oleh karena itu, rekruter akan cenderung tidak memilih kandidat dengan kualifikasi yang terlalu tinggi. Untuk mengantisipasinya, Kamu bisa merombak CV serta resume atau mencari lowongan lain yang sesuai dengan skill dan pengalamanmu.

7. Resume dan CV Banyak Typo

Penulisan yang banyak typo atau salah eja malah membuat rekruter ragu dan membuatmu tidak diterima kerja. Cara kamu menulis CV, resume, dan cover letter mencerminkan profesionalitasmu, apalagi kalau kamu belum mendapatkan banyak pengalaman kerja. Oleh karena itu, pastikan kamu menulis dengan rapi dan tepat sebelum mengirimkan dokumenmu ke rekruter. 

8. Ada Gap Waktu yang Besar

Kamu sudah memperjelas semua pengalaman kerjamu tapi masih sulit dapat kerja? Bisa jadi permasalahannya ada pada gap atau kekosongan waktu yang panjang antara satu pekerjaan dengan yang lainnya.

Rekruter akan bimbang untuk melanjutkan CV dan resume kalau kamu tidak menjelaskan kenapa kamu belum dapat kerja dalam jangka waktu yang lama. Untuk mensiasatinya, kamu bisa menjelaskan alasannya di cover letter atau mengikuti pelatihan atau sertifikasi untuk mengisi masa-masa kosong tersebut.

Baca juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV untuk Melamar Kerja

9. Perilaku di Media Sosial

CV, resume, dan cover letter bukanlah satu-satunya hal yang diperiksa oleh rekruter. Tak jarang perusahaan juga mengecek akun media sosialmu! Postingan-postingan yang memperlihatkan perilaku yang tidak pantas akan mengurangi profesionalitasmu dan membuatmu tidak diterima kerja.

Kalau sampai sekarang kamu belum dapat kerja meskipun sudah melamar di banyak tempat, kamu bisa coba memeriksa postingan di media sosialmu dan mulai menyeleksi postingan mana yang berpotensi membuatmu tidak dilirik rekruter. Jangan sampai kamu merasa sulit dapat kerja karena akun media sosialmu yang tidak apik.

10. Persaingan yang Ketat

Lowongan di perusahaan yang ternama tentunya mengundang banyak saingan lainnya. Semakin banyak orang yang melamar lowongan tersebut, semakin kecil pula peluangmu untuk lolos seleksi. Akhirnya kamu jadi merasa sulit untuk dapat kerja.

Saat kamu tidak diterima kerja, jangan langsung patah semangat, coba lamar kerja di perusahaan lain yang jumlah kandidatnya tidak sepadat sebelumnya.

11. Kurang Referensi

Kadang kala perusahaan juga akan meminta referensi atau orang yang bisa dirujuk untuk mendeskripsikan dirimu. Kalau kamu tidak bisa memberikan banyak referensi yang berkualitas, perusahaan akan jadi tidak yakin untuk menerimamu sebagai pekerja mereka, apalagi kalau kamu belum mendapatkan banyak pengalaman kerja.

Baca juga: 5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

12. Tidak Cocok dengan Perusahaan

Alasan lain kamu tidak diterima kerja bisa terkait dengan motivasi dan karaktermu. Motivasi yang tidak jelas akan membuat pihak HR tidak tertarik untuk menerimamu. Mereka membutuhkan calon pekerja yang memiliki motivasi serta semangat kerja yang tinggi. Selain itu, perusahaan juga mencari pekerja yang bisa beradaptasi dan bekerja sama dengan teman satu divisinya. Ada kemungkinan rekruter melihat kalau kamu memiliki kepribadian yang kurang pas dengan pekerja lainnya. 

Solusinya, coba kenali dan refleksikan dirimu. Apakah kamu memang ingin bekerja di perusahaan tersebut atau hanya karena ingin dapat kerjaan saja? Kamu perlu memperjelas tujuanmu mencari kerja dan mulai menyeleksi perusahaan mana yang sesuai dengan karakter, serta visi dan misimu. 

Punya Masalah atau Pertanyaan Seputar Karier dan Pekerjaan?

Selain kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan, kamu juga bisa membagikan pertanyaan atau keluh kesah lain tentang karier dan profesi dengan Dian di website MyEduSolve! Kamu juga dapat meminta saran dengan Dian mengenai masalah yang berkaitan dengan pekerjaanmu, lho!

Tidak perlu takut karena kamu bisa menceritakan keresahanmu secara anonim. Untuk memulai percakapan, kamu bisa langsung meluncur ke situs web MyEduSolve!

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengikuti Virtual Job Fair

Referensi

Demers, J. (2015). 10 Reasons You're Not Getting Hired. INC. Diakses pada 23 November 2021.

Indeed. (2021). 11 Reasons You're Not Getting Hired (and What To Do About It). Diakses pada 23 November 2021.

Michael Page. Six Reasons for Not Getting a Job Offer. Diakses pada 23 November 2021.

Article Tag:

Alasan tidak diterima kerja,sulit dapat kerja,belum dapat kerja

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja!

Posted: Friday, Oct 15, 2021

Updated: Sunday, Jan 23, 2022

Article Tag:

Alasan tidak diterima kerja,sulit dapat kerja,belum dapat kerja

Category:

Pencarian Kerja

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.