Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Saja Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris?

Apakah kamu seorang fresh graduate dan baru memulai kariermu di kantor? MyEduSolve siap membantumu memahami berbagai istilah dan singkatan yang sering digunakan dalam dunia kerja. Ayo simak artikel berikut ini!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Thursday, Mar 14, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa Saja Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris? cover

Ketika memasuki dunia kerja, kamu akan menemukan banyak istilah baru seperti FU, OT, FGD, dan lainnya. Penggunaan istilah dan singkatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi antar rekan kerja, klien, atau atasan.


Meskipun pada awalnya mungkin kamu merasa bingung, namun seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin terbiasa. Jadi, tak perlu khawatir, MESFriend! Untuk membiasakan diri, setidaknya kenali dulu apa saja istilah tersebut.


Dalam artikel ini, MyEduSolve akan menjelaskan beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Yuk, langsung baca dan pahami!


Baca juga: Harus Tahu! 6 Cara Ini Bisa Meningkatkan Kredibilitas Kerja Kamu 

Istilah dalam Dunia Kerja


  1. Follow Up (FU)

FU dalam dunia kerja adalah singkatan dari "Follow Up” yang artinya menindaklanjuti. Istilah ini sering digunakan saat mengerjakan suatu proyek atau tugas, yang harus ditindaklanjuti.

  1. Overtime (OT)

Overtime biasanya dilakukan ketika seseorang memerlukan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Atau dalam bahasa Indonesia, kita lebih sering mendengarnya dengan sebutan “lembur”.

  1. Focus Group Discussion (FGD)

Dalam FGD, para karyawan dituntut untuk berbagi pendapat, serta mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan proyek atau tugas yang sedang dikerjakan di kantor.

  1. FYA & FYI

  • Selanjutnya adalah FYA, singkatan dari "For Your Action". Istilah ini digunakan untuk mengingatkan seseorang agar melakukan tindakan atau melakukan sesuatu yang telah disepakati dalam email atau obrolan.

  • Selain itu, ada juga FYI, singkatan dari "For Your Information". Istilah ini digunakan untuk memberikan informasi kepada seseorang yang berhubungan dengan pekerjaan atau sebuah proyek.

  1. Cut Off

Secara umum, dalam lingkungan kerja, istilah "cut off" diartikan sebagai batas waktu atau periode tertentu yang digunakan untuk dasar perhitungan gaji atau penilaian kinerja selama suatu periode tertentu. Cut off juga dapat diartikan sebagai proses tutup buku yang membantu mengevaluasi kinerja sebuah perusahaan.


Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja


  1. Leave

Istilah leave berarti "cuti" atau hari di mana seorang pekerja diberi izin untuk tidak bekerja namun tetap menerima gaji. Leave juga bermacam-macam jenisnya, ada annual leave (cuti tahunan), sick leave (cuti sakit), maternity leave (cuti haid), dan masih banyak lagi.

  1. Payroll

Payroll adalah sistem yang digunakan untuk menghitung dan menyalurkan pembayaran gaji kepada karyawan dalam jangka waktu tertentu, seperti bulanan atau dua mingguan, sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

  1. Turnover

Turnover merupakan proses pergantian karyawan yang biasanya terjadi karena berbagai faktor seperti resign, pensiun, atau pemecatan.

  1. Resign

Ketika seseorang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan, tindakan ini disebut sebagai resign yang berarti berhenti atau mengundurkan diri.

  1. Key Performance Indicator (KPI)

KPI adalah metrik pengukuran atas kinerja karyawan yang membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya, serta untuk mengoptimalkan tujuan perusahaan.

  1. HO / HQ / HC

  • Head Office (HO):  lokasi utama perusahaan, di mana pusat kepemilikan dan pengelolaan berada.

  • Headquarters (HQ): pusat administratif atau operasional utama dari perusahaan di suatu wilayah atau negara.

  • Home Country (HC): negara asal dari perusahaan, tempat perusahaan tersebut didirikan atau kantor pusat.

  1. Standard Operational Procedures (SOP)

SOP adalah singkatan dari "Standard Operating Procedure" atau Prosedur Operasional Standar yang merupakan beberapa panduan tertulis untuk menjalankan tugas atau suatu proses di tempat kerja.

  1. WFH - WFO - WFC - WFA

  • Work From Home (WFH): Melakukan pekerjaan dari rumah.

  • Work From Office (WFO): Melakukan pekerjaan di kantor, bekerja secara langsung dengan rekan kerja.

  • Work From Cafe (WFC): Melakukan pekerjaan dari cafe atau tempat umum lainnya dengan akses internet, tetapi di luar lingkungan kantor.

  • Work From Anywhere (WFA): Melakukan pekerjaan dari lokasi mana pun yang memiliki koneksi internet, termasuk rumah, kantor, cafe, atau lokasi lain yang diinginkan.

  1. Hybrid

Sistem kerja yang menggabungkan kerja dari rumah (WFH)  dan dari kantor (WFO).

  1. Remote

Mirip dengan WFA, remote merupakan sistem kerja yang memungkinkan kamu bekerja dari lokasi diluar kantormu. Biasanya para pekerja remote sering kali bekerja dari rumah atau lokasi lain yang lebih nyaman atau dapat diakses dengan lebih mudah.

  1. Workflow

Workflow merupakan serangkaian langkah atau proses yang terstruktur untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu dalam suatu pekerjaan atau proyek. 

  1. Minutes of Meeting (MoM)

MoM adalah catatan tertulis yang berisi ringkasan atau poin-poin penting dari pembahasan, keputusan, atau tindakan yang diambil dalam suatu rapat. Biasanya dicatat oleh sekretaris atau orang yang bertugas melakukan notulensi saat rapat. 

  1. To Be Confirmed (TBC)

TBC digunakan ketika informasi atau keputusan belum dipastikan oleh pihak yang berwenang.

  1. B2B -  B2C

  • B2B adalah singkatan dari "Business to Business", istilah kerja ini sering digunakan dalam usaha bisnis yang artinya transaksi atau hubungan bisnis antara dua perusahaan. 

  • Sedangkan B2C merupakan singkatan dari "Business to Consumer", yang berarti transaksi atau hubungan bisnis antara sebuah perusahaan dan konsumennya.

  1. Probation

Probation merupakan periode atau masa percobaan bagi seorang karyawan yang baru diuji kinerjanya sebelum statusnya ditetapkan sebagai karyawan tetap. 


Baca juga: Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi


  1. Joint Venture

Kesepakatan bisnis antara dua perusahaan atau lebih untuk bekerja sama dalam proyek atau usaha tertentu, biasanya untuk mencapai keuntungan bersama.

  1. Scope Of Work (SOW)

Dokumen yang menjelaskan ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan oleh para pekerja, seperti batasan dan tanggung jawab terkait proyek atau kontrak tertentu.

  1. Letter of Acceptance

Surat resmi yang menyatakan penerimaan atau persetujuan atas suatu tawaran, proposal, atau penawaran pekerjaan.

  1. PIC

PIC adalah singkatan dari "Person In Charge" atau "Person In Control". Seorang PIC memiliki tanggung jawab penuh atas pengendalian suatu kegiatan atau proyek tertentu.

  1. MOU

Singkatan dari "Memorandum of Understanding", yaitu istilah yang biasanya digunakan dalam kerjasama bisnis. MOU merupakan dokumen resmi yang berisi persetujuan atau kesepakatan bersama antara dua pihak atau lebih tentang kerjasama atau hubungan bisnis tertentu.

  1. Onboarding -  Offboarding

  • Onboarding merupakan proses penerimaan dan penyambutan karyawan baru ke dalam perusahaan. Biasanya pada sesi onboarding, karyawan baru akan diberi pemahaman dasar dari suatu perusahaan.

  • Offboarding merupakan proses ketika seorang karyawan meninggalkan atau diberhentikan dari perusahaan.

  1. Brainstorming

Brainstorming merupakan kegiatan bertukar ide atau pikiran antar rekan kerja.  Tujuannya adalah untuk mengumpulkan gagasan kreatif sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu masalah atau proyek tertentu.

  1. Pitching

Pitching adalah proses menjelaskan ide, proyek, atau produk kepada orang lain dengan tujuan untuk meyakinkan atau mendapatkan dukungan atau investasi melalui kegiatan presentasi. 

  1. Benchmarking

Benchmarking adalah proses membandingkan kinerja perusahaan kita dengan perusahaan lain atau standar industri untuk mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan demi meningkatkan kualitas perusahaan.

  1. Monthly Report

Monthly report adalah laporan yang akan disampaikan setiap bulan untuk memberikan gambaran tentang kinerja, pencapaian, dan perkembangan yang terjadi dalam satu bulan.


Itulah istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja. Sebagai fresh graduate atau pendatang baru di dunia kerja, memahami beberapa istilah tersebut sangatlah penting.


Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar karier dan bingung harus bertanya kepada siapa, kamu dapat berbagi ceritamu secara anonim dengan HR Professional di MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya! DIAN siap mendengarkan dan membantu berbagai masalahmu di dunia kerja.


Yuk, segera konsultasikan masalahmu dan lihat penawaran menarik lainnya seputar dunia kerja di halaman web MyEduSolve.

Related Tags

istilah dunia kerja
istilah dalam bahasa inggris

457

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.