Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Begini 5 Cara Membuat Power Point yang Efektif Dan Komunikatif

Kesulitan membuat power point yang efektif dan komunikatif? Cari tahu cara membuat power point tersebut di artikel ini. Baca informasinya hingga akhir, ya!

Posted: Tuesday, Jun 14, 2022

Share:

Begini 5 Cara Membuat Power Point yang Efektif Dan Komunikatif cover

Bingung cara membuat power point yang efektif dan komunikatif? Hal ini sangat wajar terjadi dan kamu bukan satu-satunya yang merasakan hal tersebut. Ada banyak orang yang tidak bisa membuat power point menjadi efektif. Contohnya seperti menaruh terlalu banyak tulisan di dalam satu slide

Ada juga yang tidak bisa membuatnya komunikatif karena terlalu banyak menaruh gambar. Tanpa dua unsur tersebut, presentasi yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia. Itu sebabnya pada artikel ini kamu akan diajak untuk mempelajari bagaimana cara membuat power point menjadi efektif dan komunikatif. Simak baik-baik informasinya di bawah ini. 

Begini Cara Membuat Power Point yang Efektif Dan Komunikatif

Membuat power point yang efektif dan komunikatif sangat penting. Pasalnya ketika power point dibuat sembarangan kemungkinan besar audience tidak akan mengerti apa yang ingin kamu sampaikan. Kalau begitu langsung saja perhatikan cara membuatnya berikut ini. 

1. Hanya Menaruh Ide Pokok Penting

Pernahkah kamu melihat power point yang penuh tulisan? Apakah kamu suka melihatnya? Tentu tidak, bukan? Slides yang dipenuhi tulisan hanya akan membuat mata sakit. 

Tidak ada gunanya juga membuat power point jika kamu menaruh banyak tulisan. Bukankah lebih baik untuk menggunakan Ms.Word? Seperti namanya, power point seharusnya hanya memuat poin-poin penting. 

Bisa dikatakan poin tersebut ialah ide-ide pokok yang ingin kamu sampaikan kepada audience. Penulisan ide-ide pokok ke dalam poin dapat membuat audience memahami sepenuhnya informasi yang kamu sampaikan. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Slide Presentasi yang Efektif dan Menarik

2. Memiliki Visual yang Menarik dan Enak Dilihat

Power point yang efektif tidak sekadar memuat poin-poin penting tetapi juga membutuhkan visual yang menarik. Bayangkan jika kamu melihat power point dengan background putih polos dan font yang biasa saja. Sangat tidak menarik, bukan? 

Desain menarik dengan warna dan font yang tepat akan membantu audience menyerap informasi yang kamu sampaikan. Namun ingat kata kunci lain selain menarik yaitu enak dilihat. Terlalu banyak paduan warna dan font akan membuat power point tidak enak dilihat. 

Terkadang menarik tidak harus menggunakan banyak warna. Satu sampai dua paduan warna sudah cukup untuk membuat power point yang kamu buat enak dilihat serta menarik. 

3. Berikan Ilustrasi yang Tepat

Tambahkan juga ilustrasi untuk mendukung tampilan power point. Ilustrasi yang tepat akan membantu kamu menjelaskan informasi kepada audience sehingga mereka bisa memahaminya secara lebih menyeluruh. 

Kamu bisa memberikan ilustrasi sebagai pengganti kata-kata. Bisa juga menggunakan ilustrasi sebagai contoh kasus supaya audience memahami apa yang kamu sampaikan. 

4. Susun Informasi Secara Terstruktur

Jangan lupa untuk memuat informasi yang kamu siapkan secara terstruktur. Susun informasi dari pembuka, isi, kemudian penutup seperti sedang membuat esai. 

Kamu bisa menulis judul informasi yang akan ingin disampaikan sebagai pembuka. Kemudian diikuti berbagai informasi penting untuk bagian isi. Terakhir ditutup dengan kesimpulan supaya audience kembali mengingat informasi yang kamu sampaikan. 

5. Periksa Ulang Penulisan dan Visual

Periksa ulang power point yang kamu buat. Perhatikan penulisan kata supaya tidak ada kesalahan dalam ejaan dan penggunaannya. Posisikan dirimu sebagai audience yang melihat dan membaca power point tersebut. 

Tanyakan beberapa hal ini pada dirimu sendiri:

  1. Apakah poin-poin informasinya jelas?
  2. Apakah kamu suka dengan visual yang ada?
  3. Apakah terlalu ramai atau sepi? 
  4. Apakah kamu mengerti maksud dari poin yang tertera di power point?
Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Sertifikat Microsoft Office yang Kamu Butuhkan Dalam Dunia Kerja

Demikian cara membuat power point menjadi efektif dan komunikatif. Membuatnya dengan benar sebenarnya tidak susah. Kamu hanya perlu lebih menaruh usaha untuk membuat power point yang luar biasa. 

Namun sebenarnya mengetahui cara membuat power point yang efektif dan menarik belum cukup. Kamu perlu memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai Microsoft PowerPoint itu sendiri. Kamu bisa lebih memahaminya dengan mengambil sertifikasi Microsoft PowerPoint di MyEduSolve. 

Dalam sertifikasi ini kamu akan mendapatkan akses kepada materi pembelajaran dari LearnKey dan ujian latihan CertPREP. Semua akses tersebut diberikan supaya kamu bisa lolos dalam ujian. Namun tidak perlu khawatir jika kamu gagal. Terdapat 1 retake voucher yang bisa digunakan untuk mengulang ujian. 


Dapatkan juga sertifikat dari Microsoft beserta badge digital yang terintegrasi dengan LinkedIn. Jadi tunggu apalagi? Tingkatkan pemahaman dan kemampuan kamu dengan sertifikasi di MyEduSolve sekarang. Semoga informasi tentang cara membuat power point yang efektif dan komunikatif di atas berguna bagi kamu, ya!

Related Tags

cara membuat power point

3,215

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.