7 Cara Membuat Slide Presentasi yang Efektif dan Menarik

Salah satu kunci penting dari presentasi yang optimal terletak pada alat bantu yang kita gunakan, yaitu slide presentasi itu sendiri. 7 tips berikut bisa menjadi ide baru yang mungkin belum pernah kamu coba terapkan sebelumnya!

Posted: Tuesday, May 10, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Tuesday, May 10, 2022

Share:

7 Cara Membuat Slide Presentasi yang Efektif dan Menarik cover

Saat mempelajari cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik, sangat penting bagi kita untuk memposisikan diri sebagai audiens yang mendengarkan sebuah presentasi. Kita pasti sudah terlalu bosan melihat slide presentasi yang itu-itu saja disertai dengan tampilan seperti buku, penuh dengan tulisan.

Maka dari itu, artikel ini akan membantumu dalam menyusun sebuah slide yang dapat mendorongmu juga untuk menyajikan sebuah presentasi yang tak hanya efektif tetapi juga menarik untuk diikuti.

Berikut 7 cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik selengkapnya!

1. Buat Slide Presentasi Seperti Sequence Film

Kenapa presentasi sebaiknya dibuat menjadi format yang mirip dengan sequence film?

Kita pasti sering menonton film dengan durasi yang tidak singkat, bukan? 1 jam, 2 jam, bahkan hingga lebih dari itu tanpa merasa bosan. 

Hal ini disebabkan karena mata kita diarahkan untuk mengikuti perpindahan dari satu sequence atau bagian film ke bagian yang lain dalam durasi yang singkat, tentunya dilengkapi dengan plot atau alur yang menarik pula. Kita juga bisa loh menerapkan hal ini di slide presentasi kita!

Buatlah banyak pergantian dari satu slide ke slide lainnya dengan durasi yang cukup singkat, yaitu sekitar 8 detik. Kita bisa lihat di Slide Sorter dan lihat apakah keseluruhan slide presentasi sudah terlihat seperti sequence film atau tidak. Selain durasi, bagaimana cara membuatnya seperti sequence film? Perhatikan color contrast dan layout. Kalau secara keseluruhan masih terlihat statis, berarti kita masih harus lebih kreatif dalam mengatur warna dan tata letak agar lebih terlihat dinamis.

Coba deh perhatikan perbandingannya melalui contoh gambar di bawah ini!

Baca Juga: Adik Bintang Hoshizora Foundation Jadi Finalis Adobe Certified Professional National Championship 2022

2. Gunakan Font yang Lebih Besar

Ukuran gambar dan teks yang lebih besar biasanya bisa menimbulkan kesan impact yang lebih besar pula.

Selain itu, hal ini perlu kita lakukan untuk menghindarislide presentasi yang terlalu text book dan terlalu padat dengan teks.

Maka dari itu, salah satu cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik adalah dengan menuliskan 2-3 frasa saja dalam satu slide dengan ukuran font sekitar 24-30. Hal ini juga dapat mencegah kita dalam melakukan presentation karaoke saat presentasi karena kita bisa mengelaborasikan poin penting tetapi tidak membosankan.

Apa itu presentation karaoke? baca artikel sampai habis, ya!

3. Show, Don't Tell

Jika kita ingin mempresentasikan sesuatu dengan penjelasan yang cukup banyak seperti langkah-langkah atau suatu prosedur tertentu, sebaiknya informasi dalam slide presentasi memuat poin pentingnya saja dan tidak perlu diuraikan secara detail.

Jadi, kita bisa menunjukkan atau mendemonstrasikan kepada audiens dari pada menjelaskan panjang lebar kepada mereka bagaimana prosedur tersebut dapat dilakukan dengan benar.

Selain membantu mereka untuk dapat memahami dengan lebih mudah, tips ini juga tentunya membantu agar tampilan slide kita minim teks dan lebih interaktif.

4. Tambahkan Ambience Music

Ambience music adalah efek suara atau latar belakang musik yang dapat menambah suasana presentasi supaya lebih menarik untuk diikuti.

Salah satu tugas kita sebagai presenter adalah menjaga perhatian audiens agar dapat tetap fokus dan memperhatikan penjelasan kita. Untuk dapat melakukan hal tersebut, terkadang menambahkan foto/gambar ke dalam slide masih belum cukup.

Adanya tambahan musik atau efek suara dapat membantu kita untuk menarik perhatian mereka agar dapat mengikuti penjelasan dari satu slide ke slide selanjutnya.

Selain musik atau efek suara, hal sesederhana kualitas microphone juga dapat mempengaruhi fokus audiens dalam mendengarkan presentasi. Jadi, pastikan kita menggunakan sumber suara yang lebih jernih, jelas, bebas noise agar nyaman didengar.

5. Manfaatkan Template Gratis

Jika kamu masih pemula dalam menggunakan Microsoft PowerPoint atau Google Slides, kamu tetap bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk membantumu dalam mengaplikasikan cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik dari artikel ini.

Template slide presentasi gratis terkadang bisa membantu kita untuk mencari referensi layout, warna, serta shape menarik yang dapat kita tambahkan ke dalam slide.

Kamu tetap bisa memodifikasi isi slide sesuai dengan tips yang telah dijelaskan di atas supaya presentasimu lebih menarik dan optimal.

Website yang menyediakan template gratis di antaranya adalah slidescarnival.com, slidesgo.com, dan presentationgo.com. Jangan lupa untuk menyesuaikan tema slide dengan topik presentasimu, ya!

6. Setelah Slide Tersusun Baik, Delivery Tak Kalah Penting!

Apalah artinya slide yang bagus, menarik dan efektif tetapi jika kita masih kesulitan untuk menjelaskan atau mempresentasikannya dengan baik?

Maka dari itu, ini dia tips penting saat proses presentasi yang bisa mengubah presentasimu secara keseluruhan: Engage!

Selalu coba untuk engage atau bangun interaksi yang baik dengan audiens. Ajak mereka untuk menjadi bagian dari presentasimu apabila memang memungkinkan dan cocok dengan acara/agenda terkait. Bagaimana caranya?

- Ask to all: Lempar pertanyaan kepada seluruh audiens dan biarkan beberapa dari mereka merespon pertanyaan dari kita. Jangan lupa juga setelah itu kita beri tanggapan terhadap respon mereka.

- Ask to some: Beri pertanyaan kepada beberapa audiens tertentu yang kita sudah tahu nama mereka sebelumnya. "Bagaimana menurut Mas Adi, Mbak Kenanga dan Mbak Lisa?"

- Ask to a person: Tanya tanggapan hanya kepada satu orang audiens yang kita sudah tahu namanya juga. 

7. Hindari Presentation Karaoke

Di awal pembahasan cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik kita sudah menyinggung mengenai presentation karaoke, seperti namanya, istilah ini mengacu pada cara presenter dalam membaca satu per satu kata yang terdapat pada slide presentasi. 

Kita pasti sering menemui hal ini saat melakukan presentasi di dalam kelas, ya :D mulai sekarang, yuk hindari presentation karaoke!

Kita tetap bisa membaca teks yang ada di slide, tetapi yang perlu kita lakukan adalah menambahkan elaborasi atau konteks yang interaktif supaya kita tidak hanya tok membaca kalimat yang ada di dalam slide.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat slide presentasi yang efektif dan menarik. Semoga kamu bisa menerapkannya dengan baik di sesi presentasimu yang akan datang! Jika kamu ingin mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, silakan kunjungi kanal Youtube MyEduSolve Indonesia dan saksikan rekaman Masterclass "Effective Presentation" yang disampaikan oleh Fendy Alwi, Director T&DON untuk mendapatkan insights selengkapnya! Melatih skill presentasi merupakan hal yang esensial hampir untuk seluruh jenis pekerjaan. Maka dari itu, penting juga bagi kita untuk mengasah dan validasi skill Microsoft PowerPoint melalui sertifikasi Microsoft Office Specialist. Pelajari selengkapnya hanya di MyEduSolve!

Article Tag:

cara membuat slide presentasi yang efektif,Microsoft PowerPoint,Microsoft Office Specialist

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

7 Cara Membuat Slide Presentasi yang Efektif dan Menarik

Posted: Tuesday, May 10, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

Article Tag:

cara membuat slide presentasi yang efektif,Microsoft PowerPoint,Microsoft Office Specialist

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.