Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed?

Cara mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed sebenarnya sangat mudah. Pelajari tips lengkap menghilangkan tanda tersebut di artikel MyEduSolve ini.

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Monday, Feb 14, 2022

Share:

Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed? cover

Pernah melihat title bar Microsoft Office kamu tiba-tiba berwarna merah dan tertulis ‘Product Activation Failed’? Ternyata, tanda tersebut ternyata dapat dihilangkan secara sederhana saja. Bagaimana ya, cara mengatasi Microsoft Word ‘Product Activation Failed’ dengan mudah dan tidak ribet?

Begini Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed

Masalah ini bisa terjadi pada produk Microsoft yang berlisensi atau belum. Kelihatannya sepele karena kamu masih bisa mengoperasikan software tersebut. Masalahnya, beberapa fitur Microsoft Office dinonaktifkan jika muncul tanda ini. Bagi beberapa user expert Microsoft Office, khususnya Excel atau Word, hal ini tentulah tidak nyaman.

Kamu hanya perlu melakukan aktivasi untuk menghilangkan tanda merah ini. Proses aktivasi ini memberikan sinyal kepada developer Microsoft agar tahu berapa komputer yang menggunakan produknya. Aktivasi ini berguna pula agar kamu bisa mendapatkan update tentang software ini, jadi ada fitur baru yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaanmu.

Baca juga: Selalu Merasa Hasil Kerja Jelek? Bisa Jadi Impostor Syndrome!


Lantas, bagaimana cara menghilangkan ‘Product Activation Failed’ di Microsoft Word dan software lainnya. Gunakan beberapa langkah di bawah ini yang efektif untuk semua versi Microsoft.

1. Metode Log In Akun

Metode ini digunakan kalau kamu membeli atau menggunakan Microsoft Office yang resmi dan berlisensi. Caranya cukup sederhana, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Microsoft Word, kemudian klik ‘File’.
  2. Pilih ‘Account’, kemudian klik ‘Sign In’.
  3. Masukkan alamat e-mail dan password yang digunakan ketika membeli produk Microsoft Office. Kalau membeli aplikasi bersamaan dengan laptop atau komputernya, biasanya memiliki akhiran @outlook.co.id.
  4. Apabila muncul notifikasi ‘We couldn’t find any Office products’, artinya kamu memasukkan e-mail yang salah. Cobalah masukkan alamat e-mail lain yang dimiliki.

2. Menggunakan OSPPRearm

Cara ini cukup mudah dan efektif untuk menghilangkan ‘Product Activation Failed’. OSPPRearm merupakan tools bawaan Windows, jadi kamu tidak perlu download aplikasi atau software tambahan untuk mengatasi masalah ini. Tools bawaan ini tersedia di folder Local disk C komputer atau laptopmu. Bagaimana caranya?

  1. Buka ‘File Explorer’, kemudian masuk ke ‘Local Disk (C:)’. Pilih folder ‘Program Files (x86)’.
  2. Buka folder ‘Microsoft Office’. Pilih folder ‘Office16’ atau menyesuaikan versi Office yang kamu punya.
  3. Pilih ‘OSPPRearm’, kemudian double click ikon tersebut.
  4. Tunggu hingga selesai. Restart komputer dan buka kembali Microsoft Office-nya.

Kalau folder Microsoft Office-nya tidak ada di ‘Program Files (x86), jangan panik. Coba periksa di ‘Program Files’, karena masing-masing komputer memiliki lokasi folder ‘Microsoft Office’ yang berbeda.

Baca juga: Digital Literacy, Kemampuan yang Penting Di Era Ini

3. Periksa Zona Waktu di Perangkatmu

Bisa jadi waktu yang tertera di desktop komputer atau laptop kamu tidak sesuai, sehingga aktivasi Microsoft Word mengalami kegagalan. Hal ini lazim terjadi, terutama di komputer publik yang jarang diatur waktunya. Solusinya adalah menyesuaikan zona waktu di perangkatmu.

  1. Pastikan software Microsoft Office yang digunakan sudah ditutup.
  2. Buka menu ‘Setting’, klik ‘Time & Language’.
  3. Pilih ‘Date & Time’ di tab sebelah kiri, kemudian cari ‘Set time zone automatically’. Geser ke kanan untuk mengaktifkannya.
  4. Agar lebih efisien, kamu bisa restart perangkatmu sebelum membuka Microsoft Office kembali.

4. Update Microsoft Office

Cara terakhir adalah memperbarui software Microsoft Office sehingga produknya kembali aktif dan bisa digunakan. Begini tips update-nya:

  1. Buka Microsoft Word, kemudian klik ‘File’ dan pilih ‘Account’.
  2. Di bagian ‘Product Information’, klik ‘Update Options’, kemudian pilih ‘Update Now’. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  3. Agar lebih efisien, kamu bisa restart perangkatmu sebelum membuka Microsoft Office kembali.
Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui


Karena sudah diaktivasi, kamu bisa mengakses semua fitur Microsoft Office untuk menunjang pekerjaanmu. Ikuti program sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve agar kamu mahir menggunakan semua fiturnya. Kamu bisa memilih level sertifikasi Microsoft Word sesuai kemahiranmu, yaitu level associate atau level expert. Tidak rugi, kok, mengikuti program ini, justru berguna supaya kariermu semakin meningkat nantinya. Semoga tips dan cara mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed di atas berhasil kamu praktekkan, ya.

Article Tag:

Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed,Microsoft Word Product Activation Failed

Category:

Literasi Digital

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed?

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed,Microsoft Word Product Activation Failed

Category:

Literasi Digital

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.