Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Sekarang sudah waktunya say goodbye untuk “cara membuat daftar pustaka di word manual”. Kalau ada cara cepat, kenapa tidak?

Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Share:

Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word cover

Salah satu masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa pejuang skripsian adalah membuat daftar pustaka yang rapi dan anti-revisi. Banyaknya format penulisan daftar pustaka tak jarang membuat kamu bingung. Hal itu karena penulisan format daftar pustaka dibedakan berdasarkan dari mana sumber informasi itu didapat. Apakah dari internet atau buku? Atau yang lainnya?

Sekarang kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kita semakin dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi. Kamu bisa menulis daftar pustaka yang auto rapi dengan Microsoft Word. Namun, cara cepat membuat daftar pustaka yang auto rapi di Word ini belum banyak yang tahu. Jadi, tetap simak sampai akhir, ya!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed?

Bagaimana cara membuat daftar pustaka yang rapi dan benar?

Menulis daftar pustaka memang tidak mudah dan tidak boleh sembarangan karena daftar pustaka merupakan struktur penting dalam menulis karya tulis ilmiah. Pada halaman daftar pustaka ini akan memuat informasi terkait sumber referensi yang menguatkan validitas dan rujukan tambahan yang kamu gunakan dalam menyusun tugas akhir maupun skripsi yang dapat dipertanggungjawabkan pernyataannya. Daftar pustaka yang rapi dan benar adalah yang sesuai dengan style penulisannya dan juga ditulis sesuai urutan huruf abjadnya.

Langkah-langkah Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

  1. Buka dokumen yang akan kamu beri daftar pustaka

  2. Pastikan bahwa dalam dokumen telah memuat body note yang telah di-input dengan tool Insert Citation

  3. Scrolling down ke halaman terakhir dokumen tersebut

  4. Klik Tab Reference > Bibliography

  5. Pilih References

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan selanjutnya, Microsoft Word secara otomatis akan meng-update daftar pustaka dengan tambahan atau perubahan-perubahan yang sudah kamu buat. Hal ini berlaku untuk penambahan sitasi lain dalam dokumen yang sama, ya.

Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Jadi, itulah dia cara cepat membuat daftar pustaka yang bisa kamu lakukan. Menulis daftar pustaka memang tidak sesederhana seperti kelihatannya karena membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam menyusunnya dengan format yang sesuai. Jika kamu ingin mengoperasikan software Microsoft Office dengan cara-cara yang lebih advanced, kamu bisa banget mendaftar sertifikasi Microsoft Office Specialist berstandar internasional pada halaman program MyEduSolve.


Article Tag:

Microsoft Word

Category:

Literasi Digital

Written By

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Articles Info

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Microsoft Word

Category:

Literasi Digital

Share:

251

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.