Digital Literacy, Kemampuan yang Penting Di Era Ini

Saat ini, di era modern, teknologi dan dunia digital merajalela. Digital literacy adalah kemampuan yang harus dipelajari. Mari kita cari tahu di sini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Digital Literacy, Kemampuan yang Penting Di Era Ini cover

Digital literacy adalah kemampuan untuk memahami teknologi dan dunia digital dengan baik. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri masih belum bisa meraih tingkat literasi digital yang terhitung bagus, Terutama dalam bidang literasi data. Untuk kamu yang berencana menjadi seorang profesional, maka hal ini penting untuk ditingkatkan. 

Baca juga: Mengenal Literasi Digital, Urgensi, dan Contoh

Teknologi dan dunia digital adalah dua hal yang harus dikuasai ketika kamu ingin masuk dalam dunia kerja. Kedua hal tersebut telah terintegrasi dalam berbagai macam hal, mulai dari proses komunikasi, hingga pengambilan keputusan. Jadi akan sangat disayangkan jika kamu tidak memiliki pemahaman akan hal ini. Nah, jika kamu ingin sukses di dunia kerja, ada baiknya memahami hal yang satu ini dengan lebih baik.

Mengenal Digital Literacy yang Sangat Penting

Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menggunakan teknologi dengan baik, kreatif, dan kritis untuk berbagai macam hal adalah kemampuan yang biasa disebut dengan nama digital literacy. Melek akan dunia digital menyiratkan jika kamu memiliki keterampilan dan kemampuan di beberapa hal, beberapa diantaranya adalah:

  • Mampu memahami dan menggunakan alat teknologi

  • Menemukan, menggunakan, dan mengevaluasi informasi secara kritis

  • Mengkurasi sumber data dan media

  • Berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpartisipasi dalam lingkungan online

  • Mengelola identitas online kamu

  • Menjaga keamanan dan privasi pribadi kamu di dunia online

  • Membuat konten online

Jika tingkat kefasihan literasi digital kamu terhadap bidang tertentu bagus, maka hal ini secara tidak langsung juga akan menunjukan kefasihan kamu terhadap dengan bidang tersebut. Tentu saja tingkat digital literacy anak sekolah dasar akan berbeda dengan siswa perguruan tinggi.

Baca juga: Ketahui Dampak Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Siswa

Seorang ahli komputer akan membutuhkan kefasihan tingkat tinggi, sedangkan penggiat digital marketing harus fasih dalam komunikasi dan kolaborasi online dan penggunaan media sosial. Keterampilan dan kemampuan yang dipahami dan digunakan pada dunia pendidikan akan berbeda dengan yang digunakan di dunia kerja nantinya. Tuntutan untuk bisa menguasai berbagai konteks sangat diperlukan demi menghasilkan kinerja terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Selain hal di atas, tentu saja, kamu harus dapat menggunakan, mengevaluasi, dan berkreasi menggunakan semua bentuk teknologi digital, seperti smartphone, laptop, dan juga komputer. Lantas, skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa dikategorikan sebagai seseorang yang “melek digital?”

3 Skill Yang Termasuk ke Dalam Digital Literacy

    1. Berpikir Kritis

    Berpikir kritis dalam bentuk yang paling dasar adalah mengenai kemampuan berpikir untuk diri sendiri, menganalisis dan mengevaluasi informasi serta argumen, mampu melihat pola dan koneksi, dan mengidentifikasi dan membangun informasi yang bermakna. Kemampuan ini akan membantu kamu menentukan mana yang hoax dan mana yang nyata.

      2. Adaptabilitas

      Teknologi akan terus berkembang. Artinya, akan ada banyak perubahan baru dalam jangka waktu yang singkat. Jika tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di dunia teknologi, maka kamu akan kesusahan dalam menjalankan berbagai macam tugas nantinya.

        3. Komunikasi

        Kehadiran dunia digital seakan-akan mempersempit jarak ruang dan waktu. Kamu bisa dengan mudah menghubungi orang yang berada di negara lain tanpa perlu melalui perjalanan yang panjang. Semuanya bisa dilakukan dari genggaman tangan saja. Namun untuk bisa berkomunikasi dengan efektif menggunakan dunia digital bukan lah hal yang mudah. Selain menguasai perangkat, kamu juga harus paham tata krama di dunia online, sehingga percakapan yang terjadi bisa berlangsung dengan efektif.

        Keterampilan dan kemampuan literasi digital kamu haruslah dipelihara agar bisa tumbuh, hal ini haruslah ditingkatkan melalui pembelajaran agar bisa digunakan sesuai dengan tujuannya. Jika kamu ingin lebih "melek" terhadap dunia digital, mungkin caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan kamu dalam sebuah bidang yang erat hubungannya dengan dunia digital. Yuk kunjungi MyEduSolve dan ambil sertifikasi bertaraf internasional seperti Adobe, Microsoft, Project Management Institute maupun IT Specialist agar bisa meningkatkan kemampuan dan memvalidasi skill-mu karena digital literacy adalah kemampuan yang harus kamu miliki untuk siap menghadapi dunia kerja.

        Article Tag:

        digital literacyliterasi digitalkemampuan digital

        Category:

        Literasi Digital

        Written By

        author:MyEduSolve

        MyEduSolve

        Articles Info

        author:MyEduSolve

        MyEduSolve

        Digital Literacy, Kemampuan yang Penting Di Era Ini

        Posted: Thursday, Jan 27, 2022

        Updated: Monday, Sep 26, 2022

        Article Tag:

        digital literacyliterasi digitalkemampuan digital

        Category:

        Literasi Digital

        Share:

        995

        Recommended Articles

        Suggest a Topic

        What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.