Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Teknologi Augmented Reality dan Apa Saja Contohnya?

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real time. Simak teknologi dan contohnya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Jan 04, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa Itu Teknologi Augmented Reality dan Apa Saja Contohnya? cover

Apakah kamu pernah mendengar sebuah teknologi bernama augmented reality? Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan istilah ini. Akan tetapi, tanpa disadari kamu juga memakai teknologi augmented reality dalam keseharian. Jika kamu penasaran apa itu augmented reality dan ingin tahu contohnya, yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut. Baca sampai akhir, ya!

Pengertian Augmented Reality

Augmented reality atau yang sering disebut AR adalah bentuk penggabungan informasi digital dengan dunia nyata secara realtime.

Cara kerja augmented reality ini sangat unik karena mengintegrasikan komponen digital, visual tiga dimensi, audio, dan sensorik sekaligus. Hasil integrasi teknologi tersebut membuat pemakainya akan merasakan persepsi baru di dunia nyata.

Teknologi augmented reality ini dipakai dengan cara mengubah visualisasi lingkungan alam dengan cara tertentu, sehingga penggunanya dapat merasakan sensasi dan pengalaman baru.

Berbeda dengan virtual reality (VR) yang menciptakan dunia buatan secara menyeluruh, AR memberikan pengalaman seolah-olah pengguna memasuki dunia baru tapi masih dalam lingkup dunia nyata.

Kecanggihan dari teknologi AR ini mendorong banyak industri memanfaatkannya untuk berbagai tujuan. Akhir-akhir ini AR digunakan untuk materi iklan, display produk pada konsumen, media sosial, dan bermain game.

Sekarang teknologi AR juga mulai digunakan untuk metode pembelajaran dan kepentingan medis. Case Western Reserve University di Amerika Serikat memanfaatkan teknologi AR agar mempermudah siswa mempelajari anatomi tubuh manusia.

Baca juga: Jenis-jenis Pengembangan Aplikasi yang Sedang Tren di 2023

Bagaimana Cara Kerja Augmented Reality?

Mungkin kamu belum menyadari jika teknologi augmented reality mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi AR dapat ditemukan di smartphone, tablet, hingga kacamata (AR Glasses). Bahkan, saat ini teknologi AR sedang dikembangkan untuk dipasang pada lensa kontak.

Untuk membuat teknologi augmented reality, tool yang digunakan cukup beragam. Contohnya sensor, kamera, akselerometer, GPS (Global Positioning System), prosesor, layar, dan alat input.

Berbagai perangkat tersebut umumnya sudah digabungkan menjadi satu dalam smartphone. Dengan begitu dapat memudahkan akses pengguna pada teknologi AR untuk digunakan sehari-hari.

Tipe-Tipe Augmented Reality

Teknologi augmented reality terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan metode penerapannya. Di bawah ini akan dijabarkan lebih lengkap tentang tipe-tipe augmented reality.

  1. Marker Based Augmented Reality

Marker based augmented reality umumnya juga dikenal dengan istilah image recognition adalah tipe teknologi AR yang bisa memindai objek visual tertentu melalui sensor pada kamera.

Objek visual dapat berupa wajah manusia, simbol khusus, atau kode QR. Untuk menggunakan marker based augmented reality, pengguna harus memposisikan kamera dengan jarak yang tepat agar sensor kamera bisa memindai objek dengan baik.

  1. Markerless Augmented Reality

Kemudian, terdapat tipe markerless augmented reality yang memanfaatkan GPS, kompas, dan akselerometer pada perangkat smartphone maupun tablet. Markerless augmented reality seringnya dipakai untuk pemetaan arah dan pendeteksian lokasi.

  1. Projection Based Augmented Reality

Tipe selanjutnya adalah projection based augmented reality. Cara kerjanya dengan memantulkan cahaya buatan ke atas permukaan objek nyata.

Jika kamu bayangkan, projection based augmented reality ini berbentuk seperti hologram dan mampu mendeteksi interaksi pengguna serta memproyeksikan perubahan reaksi pengguna terhadap objek.

  1. Superimposition Based Augmented Reality

Superimposition based augmented reality adalah tipe teknologi AR yang bisa mengubah tampilan objek nyata menjadi visual buatan khas teknologi AR secara menyeluruh atau sebagian. Untuk menggunakan superimposition based augmented reality ini, perangkat harus memiliki sensor kamera yang baik.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Contoh Augmented Reality

Augmented reality sebenarnya sudah sering kamu jumpai dan juga biasa kamu gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Nah, supaya lebih jelas lagi, berikut ini akan disebutkan contoh-contoh teknologi augmented reality yang kerap digunakan orang-orang. Yuk, simak apa saja!

  1. Apple Measure App

Aplikasi Apple Measure buatan iOS menerapkan teknologi augmented reality yang memungkinkan penggunanya untuk mengukur jarak.

  1. Snapchat

Siapa yang tidak tahu aplikasi sosial media satu ini yang sedang digandrungi anak-anak muda karena menawarkan beragam filter lucu dan unik.

Ternyata filter-filter dalam Snapchat menggunakan teknologi augmented reality. Ketika kamera diarahkan ke wajah pengguna, sensor akan mendeteksi wajah dan muncul semacam animasi yang menutupi wajah.

  1. Pokemon Go

Salah satu game di smartphone yang sempat viral beberapa tahun silam, yakni Pokemon Go juga menggunakan teknologi AR. Aplikasi game Pokemon Go bekerja dengan cara menggunakan GPS pada smartphone pengguna.

Jadi, pengguna harus mengaktifkan GPS di handphone mereka untuk bisa mendeteksi dan menangkap karakter pokemon di lingkungan sekitar mereka.

Baca juga: Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya

Penerapan Teknologi Augmented Reality di Berbagai Industri

Semenjak kehadiran teknologi augmented reality yang memadukan visual, suara, sensor, dan kamera yang terus berkembang, teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman interaktif pengguna.

Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi AR untuk broadcasting pemasaran dengan cara unik dan menyenangkan. Harapannya agar dapat meningkatkan brand awareness sehingga meningkatkan angka penjualan.

Di samping itu, augmented reality pun awam difungsikan untuk navigasi, bermain game, alat ukur, pemodelan arsitektur, display barang di toko-toko retail, dan merekonstruksi objek untuk kebutuhan arkeologi.

Menariknya lagi teknologi augmented reality juga sering digunakan untuk kepentingan militer. Augmented reality bisa dimanfaatkan untuk mengukur jarak, menjadi panduan arah, memperkirakan cuaca, dan memperkirakan kondisi jalan.

Itu dia penjelasan lengkap teknologi augmented reality yang sedang dikembangkan beberapa tahun terakhir. Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaanmu tentang apa itu augmented reality dan contohnya. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang teknologi, kamu bisa mendaftar kelas sertifikasi resmi Unity Certified Programmer dari MyEduSolve. Cari program sertifikasi internasional MyEduSolve lainnya dengan mengakses laman MyEduSolve.

Sumber:

augmented reality (AR) https://www.techtarget.com/whatis/definition/augmented-reality-AR (diakses Desember 2023) 

Augmented Reality (AR) Defined, With Examples and Uses https://www.investopedia.com/terms/a/augmented-reality.asp (diakses Desember 2023)

Related Tags

teknologi
augmented reality

574

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.