Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya

Metaverse diprediksi akan menjadi teknologi canggih dan terbaik di masa depan! Namun, apakah kamu sudah mengetahui arti dan juga konsep yang diusung oleh teknologi terbaru ini? Yuk telusuri selengkapnya!

Posted: Wednesday, Jan 26, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Wednesday, Jan 26, 2022

Share:

Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya cover

Metaverse telah menjadi topik pembicaraan hangat baru-baru ini. Namanya semakin dikenal setelah Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa nama perusahaan teknologi Facebook, menjadi Meta yang mendapat inspirasi dari nama dunia virtual tersebut.

Lantas, apa itu metaverse? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan artikel di bawah ini!

Asal Mula Istilah Metaverse

Dilansir dari USA Today, istilah metaverse sendiri sudah muncul sejak tahun 1992 berkat ide dan juga konsep dalam novel Sci-Fi yang ditulis oleh Neal Stephenson dengan judul “Snow Crash”. Dalam novel fiktif ini, diceritakan bahwa di dalam dunia virtual 3D akan dihuni oleh para avatar yang dapat dipilih dari masyarakat itu sendiri.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia virtual sudah menyentuh hampir seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat. Contohnya seperti dunia virtual online yang menggabungkan teknologi canggih bernama Virtual Reality, Augmented Reality, avatar holografik 3D, dan lain sebagainya.

Apa Arti Metaverse

Kata “metaverse” berasal dari “meta” yang memiliki arti melampaui dan “verse” yang merupakan kata lain dari “universe”. Istilah ini pada umumnya digunakan untuk menggambarkan konsep masa depan versi digital yang menggunakan berbagai teknologi yang canggih yang dapat mempengaruhi masyarakat dalam berbagai aspek, baik itu interaksi sosial maupun di bidang perekonomian.

Metaverse juga dapat dialami secara serentak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas. Metaverse dalam arti yang lebih luas, ternyata tidak hanya merujuk pada dunia virtual saja, namun juga berupa internettermasuk segala jenis teknologi masa kini yang bernama Augmented Reality (AR).

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Melalui Metaverse?

Metaverse melalui Game Online

Melalui Metaverse, kamu bisa melakukan berbagai macam hal seperti melihat atau membuat karya seni secara online, pergi ke konser secara virtual, mencoba pakaian secara digital, melakukan perjalanan secara online dan berbagai pengalaman interaksi dan aktivitas lainnya di dunia nyata secara digital.

Metaverse juga bisa menjadi sebuah inovasi yang baru di tengah kondisi pandemi COVID-19 dalam sistem shift bekerja dari rumah atau yang biasanya dikenal dengan istilah work from home. Alih-alih hanya melihat rekan kerja melalui platform video conference saja, namun karyawan juga akan bisa bergabung bersama rekan kerja lainnya di kantor secara virtual.

Sejauh ini sudah ada dua konsep dari Metaverse yang telah dikembangkan yaitu Cryptocurrency dan juga NFT. Kemudian Metaverse juga sudah hadir dalam perkembangan industri gaming seperti Fortnite, Roblox, dan Animal Crossing: New Horizon.

Contoh Penerapan Metaverse

Di tahun 2022 ini, ternyata perusahaan Apple juga akan berfokus menciptakan produk metaverse mereka yang bernama Apple MR Headset yang digadang akan ditampilkan pada tahun ini dan mulai dijual pada akhir tahun 2022. Apple diprediksi akan menjadi pemain utama dari Metaverse, sehingga akan mendongkrak harga sahamnya naik dengan signifikan.

Tak mau kalah, Microsoft yang merupakan perusahaan perangkat lunak raksasa itu, saat ini sedang mengembangkan aplikasi yang dikenal sebagai Mixed and Extended Reality (XR) menggunakan platform Microsoft Mesh-nya, yang menggabungkan antara dunia nyata dengan Augmented Reality beserta Virtual Reality.

Baca juga: Artificial Intelligence adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan 

Siap Berkarier dalam Era Metaverse!

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, tentunya dalam dunia Metaverse akan membutuhkan talenta-talenta atau tenaga kerja yang melek akan teknologi di masa depan.

Oleh karena itu, kamu sudah harus mempersiapkan dan juga memvalidasi skill-mu di bidang teknologi mulai dari sekarang!

Salah satu cara yang paling mudah yakni kamu mulailah untuk mengikuti program sertifikasi yang bernama IT Specialist oleh Pearson Vue di MyEduSolve. Melalui sertifikasi ini, kamu bisa memvalidasi skill dan juga kompetensimu, seperti coding, database administration, mobility and device management, networking and security, serta software development.

Baca juga: Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist 

Itulah beberapa penjelasan seputar Metaverse. Teknologi ini digadang akan bisa menjadi sebuah langkah awal dalam mewujudkan dunia digital. Jadi, sudah siapkah kamu hidup berdampingan dengan dunia virtual?


Referensi:
What is The Metaverse?. Diakses pada 10 Januari 2022.
Metaverse explained: What is it, and when will it get here?. Diakses pada 10 Januari 2022.

Article Tag:

Metaverse,IT Specialist

Category:

Teknologi

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya

Posted: Wednesday, Jan 26, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Metaverse,IT Specialist

Category:

Teknologi

Share:

1,169

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.