Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Gap Year dan Kegiatan yang Bisa Kamu Peroleh

Kamu ingin mengambil jeda setelah mengikuti program studi? Yuk kita ketahui arti gap year dan kegiatan apa saja yang bisa kamu ikuti!

Posted: Friday, Oct 14, 2022

Share:

Apa Itu Gap Year dan Kegiatan yang Bisa Kamu Peroleh cover

Setelah lulus kuliah, biasanya para fresh graduate berkeinginan untuk langsung mempersiapkan diri dengan mempersiapkan CV terbaru, memperbagus profil LinkedIn, dan melamar ke berbagai perusahaan impian. Namun, ada juga fresh graduate untuk mengambil jeda setahun untuk istirahat dan tidak mempersiapkan keperluan bekerja. Apakah kamu salah satu orang yang seperti itu? Jika iya, kamu sedang melakukan yang namanya gap year. Mari ketahui apa itu gap year dan apa saja kegiatan yang bisa kamu manfaatkan!


Apa Itu Gap Year

Menurut QS Top Universities, gap year adalah mengambil jeda di tengah atau setelah studi pendidikan formal selama kurang lebih 12 bulan atau lebih untuk mengejar minat lain. Ada berbagai alasan dan motivasi gap year yang biasa orang jadi pertimbangan untuk melakukannya, alasannya meliputi:


  1. Ingin memperluas pandangan tentang dunia

  2. Mendapatkan pengalaman dan keterampilan kerja yang relevan

  3. Meningkatkan life-skills yang baru

  4. Kesehatan mental

  5. Mempersiapkan dan melanjutkan studi di luar negeri


Baca juga: Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya?


Manfaat dan Kegiatan yang Bisa Diperoleh

Gap year bukanlah hal yang buruk, MESFriend! Bahkan, banyak manfaat dan kegiatan yang bisa kamu peroleh jika memutuskan untuk gap year, diantaranya:


  1. Punya Banyak Waktu untuk Tentukan Pilihan

Saat kamu menentukan untuk gap year, kamu akan mempunyai banyak waktu untuk menentukan pilihan yang berguna kedepannya. Dengan ini, kamu dapat mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri, sehingga bisa menentukan arah tujuanmu lebih baik.


Kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan diri mulai dari mencari tahu hobi dan passion, yang kedepannya bisa kamu tingkatkan lebih lanjut.


  1. Belajar Mandiri dan Lebih Dewasa

Dengan melakukan gap year, kamu secara tidak langsung akan diajarkan untuk lebih mandiri dan dewasa. Kegiatan seperti ikut volunteer, freelance, atau part-time sangat berguna untuk keluar dari zona nyaman dan meningkatkan problem solving skill.


Jadi jangan malu jika melakukan gap year ya, MESFriend! Karena banyak manfaat dan kegiatan yang bisa kamu lakukan.


Baca juga: Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya


  1. Jadi Lebih Happy!

Melakukan gap year akan berdampak positif terhadap kesehatan mental. Kamu bisa melakukan kegiatan travelling dan bertemu orang baru yang mempunyai perspektif berbeda sehingga menambah wawasan tentang dunia. Kegiatan tersebut akan membuang perasaan iri serta malu terhadap pencapaian orang lain, lho!


Itu dia pengertian dan kegiatan yang bisa diperoleh jika melakukan gap year. Jika kamu punya pertanyaan dan keresahan seputar karier dan kesehatan mental, kamu bisa bertanya ke #TalkToDIAN saja ya, MESFriend!

Related Tags

Gap Year

3,311

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.