Saatnya Mengenal Apa Itu Problem Solving, Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Terkadang kita menghadapi masalah ketika sedang bekerja. Yuk simak penjelasan apa itu problem solving di bawah ini agar kamu siap menghadapi berbagai masalah.

Posted: Friday, Mar 04, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Friday, Mar 04, 2022

Share:

Saatnya Mengenal Apa Itu Problem Solving, Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja cover

Terkadang kita menghadapi beberapa masalah ketika sedang bekerja, entah itu dengan rekan kerja atau bahkan dengan klien. Jika kamu memiliki skill problem solving yang mumpuni, masalah apapun pasti mudah untuk dihadapi. Namun, apa itu problem solving?

Yuk simak penjelasan mengenai problem solving di bawah ini!

Apa Itu Problem Solving?

Dilansir dari ASQ, problem solving adalah tindakan mendefinisikan masalah; menentukan penyebab masalah; mengidentifikasi, memprioritaskan, dan memilih alternatif untuk solusi dari masalah tersebut; dan menerapkan solusi yang telah ditemukan. Secara kolektif, semua langkah tersebut dikenal sebagai proses problem solving.

Semakin baik kamu menguasai skill ini, makan semakin cepat dan efektif pula solusi yang akan kamu hasilkan ketika menghadapi suatu masalah. Namun sayangnya skill ini bukan lah sebuah kemampuan yang bisa diasah hanya dari membaca saja, problem solving adalah skill yang hanya bisa diasah melalui praktik.

Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus membuat masalah jika ingin mengasah kemampuan problem solving milikmu. Kamu bisa mencari suatu contoh masalah melalui internet dan mencoba menyelesaikannya seakan kamu terlibat dalam masalah tersebut.

Baca Juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Gap Year Biar Lebih Produktif

Proses Problem Solving

Untuk mengelola dan menjalankan organisasi yang sukses secara efektif, pemimpin harus membimbing karyawannya dan mengembangkan kemampuan problem solving. Untuk menemukan solusi yang cocok dan efektif untuk suatu masalah dapat dicapai dengan mengikuti proses empat langkah dasar yang diuraikan di bawah ini:

1. Definisikan Masalah

Mendefinisikan masalah berarti kamu mendiagnosis situasi. Ini membantu mengambil langkah lebih lanjut untuk memecahkan masalah. Namun, ini tidak sesederhana sekadar menentukan masalah saja.

Pada proses ini, kamu harus mengambil langkah-langkah yang efektif untuk melacak situasi masalah. Beberapa cara yang paling efektif dan mudah diterapkan untuk mendefinisikan masalah tercantum di bawah ini:

  • Flowchart proses dan masalah di dalamnya.

  • Diagram sebab dan akibat.

Dengan bantuan langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi akar penyebab masalah. Namun, untuk cara mendefinisikan masalah ini, kamu harus melibatkan informasi yang faktual dan kemudian membandingkan harapan dengan kenyataan. Selain itu, kamu juga harus tetap fokus pada akar penyebab masalah karena pemberantasan akar masalahnya akan menjadi tujuan utama di sini.

2. Membuat Solusi

Setelah kamu melalui langkah pertama, langkah selanjutnya adalah menemukan solusi untuk masalah tersebut. Biasanya, ketika sedang mencari solusi, otak kita selalu berpikir bahwa solusi yang muncul pertama kali akan menjadi efektif. Namun pada kenyataannya, hal tersebut jarang sekali terjadi.

Jadi, di sini hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghasilkan lebih banyak solusi sekaligus. Untuk melakukan hal itu, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.

  • Lakukan problem solving bersama orang lain.

  • Jangan berhenti berpikir di ide yang muncul pertama kali.

Ketika kamu memiliki solusi cadangan, kamu akan lebih efisien dalam memecahkan masalah. Ini karena jika satu solusi gagal, kamu dapat menerapkan solusi yang lain dan berlanjut sampai masalah terselesaikan.

Baca Juga: Pengembangan Diri Adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now

3. Evaluasi dan Memilih Solusi yang Paling Tepat

Sekarang kamu sudah menghasilkan lebih dari satu solusi, tetapi bagaimana kamu tahu apakah solusi itu efektif atau tidak. Untuk mengetahui hal ini, kamu dapat mengevaluasi ide-ide yang muncul. Ini akan membantu dalam menyaring ide-ide terbaik dan paling efektif.

Untuk melakukan evaluasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Apakah solusi ini dapat menyelesaikan masalah tanpa menyebabkan masalah lain?

  • Akankah semua orang dan pemangku kepentingan menerima solusi ini?

  • Apakah solusi yang dibuat dapat diterapkan dengan mudah?

Ketika kamu melakukan hal di atas pada semua solusi yang ditemukan dan alternatifnya, kamu akan dengan mudah memilih solusi mana yang paling cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut.

4. Implementasi

Pemimpin dapat dipanggil untuk mengarahkan orang lain untuk mengimplementasikan solusi, "menjual" solusi, atau memfasilitasi implementasi dengan bantuan orang lain. Melibatkan orang lain dalam implementasi adalah cara yang efektif untuk mendapatkan dukungan dan meminimalkan penolakan terhadap perubahan selanjutnya.

Terlepas dari bagaimana solusi diluncurkan, saluran umpan balik harus dibangun ke dalam implementasi. Hal ini memungkinkan pemantauan terus menerus dan pengujian peristiwa aktual terhadap harapan. Pemecahan masalah, dan teknik yang digunakan untuk mendapatkan kejelasan, paling efektif jika solusinya tetap ada dan diperbarui untuk menanggapi perubahan di masa depan.

Baca Juga: 10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

Jika kamu ingin mengembangkan skill ini, atau bahkan mendapatkan skill lainnya, MyEduSolve menyediakan sertifikasi internasional seperti: Microsoft, Adobe, Project Management Institute, hingga IT Specialist, yang dapat memvalidasi berbagai skill-mu kepada rekruter maupun klien. Semoga setelah mengenal apa itu problem solving, kamu bisa lebih meningkatkatkan kemampuan ini.

Article Tag:

problem solvingapa itu problem solvingmanfaat problem solving

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Saatnya Mengenal Apa Itu Problem Solving, Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Posted: Friday, Mar 04, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

problem solvingapa itu problem solvingmanfaat problem solving

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.