Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya?

Banyak orang mencari cara menemukan passion di pekerjaannya. Mau tahu bagaimana cara mengetahuinya? Simak di artikel ini!

Posted: Tuesday, Oct 11, 2022

Updated: Wednesday, Feb 08, 2023

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Tuesday, Oct 11, 2022

Share:

Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya? cover

Banyak orang yang berpikir bahwa jika kamu bekerja dengan passion, maka kamu akan lebih puas dan memiliki hasil akhir yang maksimal. Apakah kamu setuju dengan pernyataan itu? Sebenarnya apa itu passion dan bagaimana caranya untuk mengetahui? Kali ini, MyEduSolve akan memberikan penjelasannya lewat artikel di bawah ini.


Apa Itu Passion?

Menurut Psychology Today, passion adalah keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu yang kamu suka atau dianggap sangat penting. Passion juga bisa didefinisikan sebagai perasaan semangat, kemudian antusias, serta keinginan yang kuat.


Lalu, apa yang membedakan passion dengan hobi? Pembeda passion dengan hobi adalah sesuatu hal yang kamu lakukan untuk bersenang-senang di waktu luang. Sedangkan passion merupakan hal yang ingin kamu kerjakan terus dan sangat antusias dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.


Baca juga: Apa itu Personal Branding dan Manfaatnya dalam Dunia Kerja


Cara Menemukan Passion

Saat ini, mungkin kamu sedang mencari arti passion dalam karier, sehingga dapat bekerja dengan hasil yang optimal. Berikut adalah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan passion di kariermu.


  1. Cari Perspektif Baru

Kamu bisa memulai dengan mencari berbagai perspektif baru. Perspektif baru bisa datang dari mana saja, seperti kamu mencoba hal-hal baru atau berdiskusi dengan temanmu merupakan langkah yang bagus. 


Namun, alangkah lebih baik jika kamu mencoba hal-hal baru yang beriringan dengan tujuan kariermu, karena dengan mendapatkan berbagai perspektif yang beriringan dengan karier akan membuat dirimu lebih berpengalaman di bidang tersebut.


  1. Kenali Nilai yang Kamu Pegang

Jika kamu sudah menemukan passion, selanjutnya adalah mempertimbangkan nilai yang kamu anut di tempat kerja impian. Seperti budaya kantor dan orang-orangnya apakah sudah cocok dengan nilai yang kamu yakini atau belum.


Mengapa hal ini sangat penting? Karena jika kamu sudah mengetahui nilai dan prinsip yang dihormati, bekerja akan lebih baik dan juga sehat.


Baca juga: Apa Itu Public Speaking dan Manfaatnya Buat Kita


  1. Kegagalan Adalah Hal Biasa

Kamu sangat antusias di satu hal, namun tidak mau memulainya karena takut gagal? Mungkin kamu harus merubah mindset tersebut, karena menelusuri passion apa pun masih akan bertemu dengan kegagalan dan kekecewaan.


Melihat kemungkinan tersebut, kamu harus tetap menelusuri passion tanpa mempertimbangkannya. Saat kamu berhasil menemukannya, perjalanan karier-mu akan lebih jelas dan terarah kedepannya.


Itu dia penjelasan tentang passion! Jika kamu tertarik dengan artikel seputar karier dan kesehatan mental, bisa langsung saja ke Blog MyEduSolve, ya!

Related Tags

Apa Itu Passion

1,479

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

Apa Itu Portofolio dan Bagaimana Cara Membuatnya? cover

Posted: a year ago

8 Min Read

author:MyEduSolve

MyEduSolve

5 Manfaat Ikut Kursus Bahasa Jepang Bagi Perkembangan Karier cover

Posted: a year ago

10 Min Read

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Mengetahui Apa Itu Java, Kelebihan dan Kekurangan, serta Contohnya cover

Posted: 2 days ago

12 Min Read

Kenanga Admin

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.