Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Adobe After Effects Untuk Apa?

Ternyata, salah satu software yang sering digunakan dalam proses produksi film adalah Adobe After Effects. Tahukah kamu apa itu Adobe After Effects? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Sep 30, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Adobe After Effects Untuk Apa? cover

Dahulu seorang animator harus melalui proses yang panjang untuk menghasilkan sebuah karya yang kreatif. Berbeda dengan saat ini, para pekerja kreatif memiliki banyak software yang dapat membantu mereka dalam menjalankan pekerjaannya agar lebih mudah. Proses memproduksi karya tersebut kini dapat dibantu dengan menggunakan salah satu software dari Adobe yang dikenal sebagai After Effects.


Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Adobe After Effects? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu After Effects?

Dikutip dari Design Shack, After Effects adalah sebuah software animasi yang digunakan untuk membuat dan menambahkan efek visual, animasi, hingga motion ke dalam sebuah video. 


Software canggih yang dirancang oleh Adobe Inc ini sering digunakan dalam proses pembuatan video game, produksi televisi dan pembuatan film, terutama dalam tahap post-produksi. 


Baca juga: Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!

Apa saja fungsinya?

Software After Effects didesain untuk menciptakan dan merangkai motion graphics, mulai dari menambahkan footage 2 dimensi hingga layer 3 dimensi. Beberapa fungsi utama Adobe After Effects adalah:


  1. Membuat sequence title untuk video dan film

  2. Menambahkan elemen 3 dimensi pada footage

  3. Membuat animasi atau kartun 2 dimensi 


Intinya After Effects dapat menambahkan elemen-elemen visual yang mendukung tujuan kreatif dari sang kreatornya. Berdasarkan fungsinya tersebut, After effects memainkan peran penting dalam dunia film, lho! Yuk, kita pelajari!

Adobe After Effects dalam Dunia Film

Adobe After Effects memiliki peran yang penting dalam dunia film, televisi, dan produksi video untuk menciptakan karya-karya visual yang menarik dan berkualitas tinggi. Saat menggunakan After Effects, kamu akan disuguhi dengan beragam fitur yang sesuai dengan kebutuhan proyekmu. Berikut fitur-fitur Adobe After Effects yang digunakan dalam industri film:

  1. Efek Visual / VFX

Menciptakan efek visual seperti api, salju, hujan, dan elemen lainnya untuk meningkatkan efek realistis dalam sebuah film.

  1. Compositing

Menggabungkan berbagai elemen visual, seperti gambar, video, dan grafis, menjadi satu scene yang menarik.

  1. Animasi

Membuat karakter animasi dengan mudah, baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Kamu dapat mengatur gerakan, ekspresi, dan interaksi antar karakter dalam sebuah adegan.

  1. Rotoscoping

Menghapus elemen dari video atau mengarsir ulang objek dalam sebuah footage.

  1. Motion Tracking

Melacak pergerakan objek dalam video dan menempelkan elemen visual pada objek tersebut. Dengan tools ini, kamu dapat membuat teks atau grafik muncul secara tiba-tiba dan membuatnya tampak menempel pada objek dengan realistis.

  1. Motion Graphics

Membuat logo, teks, atau grafis bergerak dengan kualitas tinggi. Kamu juga bisa membuat animasi logo yang asetnya dari Adobe Premiere Pro atau Adobe Illustrator!

  1. Keying

Menyisipkan objek ke dalam latar belakang transparan (green screen) dan mengganti latar belakang dengan gambar atau elemen yang lain.

  1. Particle Effects

Menciptakan dan mengontrol efek partikel yang digunakan dalam pembuatan grafik gerak, efek khusus, dan animasi.

  1. Text Animation

Mengubah tulisan menjadi bergerak dengan kinetic typography. Kamu juga bisa membuat animasi logo, menambahkan tulisan bergerak secara 3 dimensi, dan masih banyak lagi.


Adobe After Effects seringkali dibandingkan dengan Adobe Premiere karena keduanya merupakan software editing yang populer dan banyak digunakan. Meskipun sama-sama menawarkan berbagai fitur yang canggih, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, mari kita cari tahu penjelasannya berikut ini!


Baca juga: 5 Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran yang Menarik

Adobe After Effects VS Adobe Premiere

After Effects terkenal dapat menangani segala hal yang berhubungan dengan grafis, namun perlu dicatat bahwa aplikasi ini berbeda dengan software pengeditan video pada umumnya. Perbedaan antara Adobe Premiere dan Adobe After Effects adalah sebagai berikut: 

  • Adobe After Effects:

  • Digunakan untuk membuat animasi, efek visual (VFX), dan pengkomposisian gambar bergerak.

  • Sering digunakan untuk mengolah animasi, efek khusus, dan penggabungan beberapa layer video menjadi satu komposisi visual.

  • Tidak fokus pada pengeditan video konvensional, namun lebih fokus pada efek visual dan animasi.

  • Memiliki fitur animasi yang lebih halus dan kontrol yang lebih baik daripada Premiere.


  • Adobe Premiere:

  • Digunakan untuk pengeditan video profesional, klipping, dan penambahan subtitle/judul.

  • Lebih cocok untuk mengedit video dengan audio track dan video track secara bersamaan.

  • Ideal untuk pemula karena lebih mudah dipahami.

  • Fokus pada pengeditan video konvensional.

Apakah Bisa Edit Video di After Effects?

Meskipun Adobe After Effects lebih dikenal sebagai aplikasi untuk menciptakan efek visual digital, motion graphics, dan compositing, tetapi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan editing video. Kamu dapat melakukan editing video dasar seperti memotong klip, menyesuaikan durasi, menambahkan efek visual, teks animasi, dan bahkan melakukan koreksi warna. 


Namun, untuk pengeditan video yang lebih kompleks, biasanya kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Adobe Premiere. Meskipun After Effects dapat digunakan untuk editing video, keunggulannya tetap lebih terfokus pada kemampuannya dalam menciptakan efek visual. 

Baca juga: 


Nah, Itu dia penjelasan mengenai software After Effects. Kamu juga bisa lho jadi jago menggunakan software After Effects. Caranya adalah dengan ikut sertifikasi Adobe Certified Professional yang ASLI dari Adobe dan sudah diakui secara internasional!


Yuk, cek website MyEduSolve sekarang


Referensi:

What Is Adobe After Effects (And What Is It Used For?), https://designshack.net/articles/software/what-is-adobe-after-effects/ (Diakses 29 Februari 2024)


ADOBE AFTER EFFECTS VS PREMIERE PRO: WHICH SOFTWARE IS BEST FOR YOU?, https://blog.fmctraining.com/blog/adobe-after-effects-vs-premiere-pro (Diakses 29 Februari 2024)


What is Adobe After Effects?, https://www.schoolofmotion.com/blog/what-is-adobe-after-effects (Diakses 29 Februari 2024)

Related Tags

Adobe After Effects
After Effects

18,262

Recommended Articles

5 Cara Menghadapi Stres untuk Pekerja cover

Posted: a year ago

6 Min Read

Database, Ini Manfaat Serta Jenis-Jenisnya! cover

Posted: 4 months ago

14 Min Read

Catat Ini! Berikut 7 Manfaat Jalan Pagi Untuk Pekerja cover

Posted: a year ago

7 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.