After Effects Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tools Unggulannya

Kamu tertarik di bidang animasi? Yuk kenalan dengan After Effects dan segudang tools unggulannya!

Posted: Friday, Sep 30, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Friday, Sep 30, 2022

Share:

After Effects Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tools Unggulannya cover

Pekerja kreatif sekarang mempunyai banyak software yang membantu pekerjaannya jadi lebih mudah. Contohnya seperti seorang animator, dahulu bekerja sebagai animator perlu melewati proses kreatif yang sangat panjang hingga akhirnya sebuah karya lahir. Namun proses kreatif tersebut akhirnya bisa terbantu berkat salah satu software dari Adobe yang bernama After Effects. Penasaran dengan software ini? Mari kita simak penjelasannya!


Apa itu After Effects?

Dikutip dari Design Shack, After Effects adalah sebuah software animasi yang digunakan untuk membuat dan menambahkan efek visual, animasi, hingga motion ke dalam sebuah video. 


After Effects biasanya digunakan dalam post-production, sebuah proses di saat proses pengambilan sebuah gambar telah selesai dan dikembangkan lebih lanjut untuk finalisasi sebuah proyek video atau film. Untuk After Effects sendiri, penambahan elemen efek visual dan animasi biasanya digunakan pada proses ini.


Baca juga: Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!


Apa saja fungsinya?

Software After Effects didesain untuk kemampuan membuat dan merangkai sebuah motion graphic seperti menambahkan footage secara 2 dimensi hingga layer 3 dimensi. Salah satu fungsinya After Effects adalah:


  1. Membuat sequence title untuk video dan film

  2. Menambahkan elemen 3 dimensi pada footage

  3. Membuat animasi atau kartun 2 dimensi 


Intinya After Effects dapat menambahkan elemen-elemen visual yang mendukung tujuan kreatif dari sang kreatornya. Misalkan penambahan efek api di karakter superhero, menambahkan efek salju padahal aslinya tidak ada, dan lain-lain.


Apa saja tools unggulannya?

Saat menggunakan After Effects, kamu akan disuguhi dengan tools yang beragam sesuai dengan kebutuhan proyekmu. Berikut adalah tools-nya:


  1. Text Animation

After Effects dapat mengubah sebuah tulisan menjadi gerak dengan kinetic typography. Kamu juga bisa membuat animasi logo, menambahkan tulisan bergerak secara 3 dimensi, hingga masih banyak lagi.


  1. Efek Visual/VFX

Penambahan efek visual terasa lebih mudah dengan menggunakan After Effects. Beberapa fitur seperti efek penambahan cuaca, Warp Stabilizer VFX untuk menstabilkan footage yang goyang, dan Cinema 4D renderer untuk mengubah sebuah tulisan apapun menjadi 3 dimensi.


  1. Motion Graphics

Menggunakan After Effects untuk keperluan motion graphics terasa lebih mudah karena dapat menganimasikan karakter atau background ke bentuk apapun, kemudian mengubah dari grafis 2 dimensi ke 3 dimensi, bahkan membuat animasi logo yang asetnya dari Adobe Premiere Pro atau Adobe Illustrator pun bisa!


  1. Rotoscoping

Rotoscoping adalah teknik animasi dimana kamu mengarsir ulang sebuah objek atau video dari sebuah footage. Teknik ini dapat kamu lakukan di software After Effects dengan bisa menghapus elemen dari video untuk digunakan ke tempat lain.


  1. Motion Tracking

Dengan tools ini, kamu dapat membuat tulisan atau grafis apapun tiba-tiba muncul dan juga membuatnya menetap di satu tempat secara realistis. Motion tracking juga dapat melacak pergerakan objek di dalam video.


Baca juga: 5 Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran yang Menarik


Itu dia software After Effects, MESFriend! Kamu bisa juga lho jadi jago menggunakan software After Effects. Caranya adalah dengan ikut sertifikasi Adobe Certified Professional yang ASLI dari Adobe serta sudah diakui secara internasional!

Article Tag:

Adobe After EffectsAfter Effects

Category:

Teknologi

Written By

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Articles Info

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

After Effects Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tools Unggulannya

Posted: Friday, Sep 30, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Adobe After EffectsAfter Effects

Category:

Teknologi

Share:

874

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.