Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!

Pernahkah kamu terpikir bagaimana cara pembuatan animasi? Ternyata, animasi bisa dibuat menggunakan software Adobe Animate. Temukan penjelasan lengkapnya di artikel ini, ya!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Thursday, Sep 08, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui! cover

Seiring dengan meningkatnya konsumsi konten digital, semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan beragam konten menarik, termasuk dengan menggunakan animasi. Hal ini menjadi latar belakang mengapa akhirnya banyak software yang bermunculan untuk membuat animasi. Salah satu yang paling populer adalah Adobe Animate.


Dengan Adobe Animate, kamu bisa mengolah ilustrasi yang telah dibuat melalui Adobe Illustrator menjadi animasi bergerak yang lebih menarik.


Software ini awalnya dikenal sebagai Macromedia, kemudian berubah menjadi Adobe Flash. Namun saat ini pengembangan Adobe Flash telah dihentikan, dan berganti nama menjadi Adobe Animate. Animate menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih baik dari Adobe Flash, sehingga menjadikannya software yang paling populer dikalangan animator 2D.


Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Adobe Animate? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Adobe Animate?

Adobe Animate adalah software yang digunakan untuk membuat animasi, terutama yang berbasis grafik vektor. Dengan Adobe Animate, kamu bisa membuat animasi menarik dan interaktif untuk berbagai platform. 


Dirancang sebagai bagian dari paket Adobe Creative Cloud, Adobe Animate ini resmi dirilis pada bulan Desember 2020. Software ini memudahkan kamu untuk mengubah ilustrasi menjadi gambar bergerak yang dinamis secara mudah dan cepat.


Animasi yang dibuat dapat diakses melalui perangkat seluler maupun desktop, dan kompatibel dengan format Flash/AIR, HTML5 Canvas, dan WebGL. Selain itu, Adobe Animate juga mendukung embedding audio dan video, grafik raster, teks, dan ActionScript.


Baca juga: Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate untuk Pemula


Fitur dan Tools Adobe Animate

Adobe Animate memiliki sejumlah fitur dasar yang membedakannya dari program Adobe lainnya. Beberapa fitur tersebut diantaranya:

  • Assets Panel

Fitur panel ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat dalam mengelola, mengatur, dan menemukan dokumen dari proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan sebelumnya. Tak hanya dokumen lama, kamu juga bisa memulai proyek yang baru dengan Assets Panel ini. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyusun semua aset yang digunakan dalam animasi, seperti gambar, suara, video, dan simbol, serta dengan mudah menambahkan aset baru ke dalam dokumen yang kamu kerjakan.

  • Advanced rigging

Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan bagian-bagian tubuh karakter animasi yang telah kamu buat dengan cepat dan efektif. Advanced rigging membantu kamu dalam mengendalikan gerakan animasi secara lebih efisien, seperti melakukan gerakan realistis tanpa harus membuat setiap frame secara manual.

  • Bone Tool Enhancements

Fitur selanjutnya adalah Bone Tool Enhancements. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengatur pergerakan objek menggunakan tab Object di panel properti. Bone Tool Enhancements juga berperan untuk membagi dan menggabungkan rentang armature saat karakter yang dibuat memiliki jumlah node yang sama.

  • Quick Publish

Sesuai dengan namanya, fitur ini memberikanmu kemudahan untuk mempublikasi animasi yang telah kamu buat ke dalam format video, animasi GIF atau kanvas HTML5. Kamu bisa mengakses fitur ini melalui menu File > Export.

  • Timeline & Symbol Enhancements

Fitur ini menyediakan berbagai alat yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan dan mengelola timeline secara lebih efisien. Pada Timeline & Symbol Enhancements, tersedia beberapa pilihan tools yang memiliki spesifikasi fungsi berbeda-beda. Beberapa tools tersebut adalah Customize Timeline Tools, Break Apart Symbol to Layers, Copy paste Tween Settings, Reverse play and loop support for Graphic Symbols. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat lebih mudah dan fleksibel dalam membuat dan mengedit animasi di Adobe Animate.

  • Adobe Animate Camera

Adobe Animate juga dilengkapi dengan fitur kamera. Kamu dapat menciptakan efek kamera realistis dalam animasi yang kamu buat, seperti memperbesar atau memperkecil objek dan menerapkan efek warna atau filter. Fungsi kamera pada Adobe Animate adalah mengatur stimulasi gerakan kamera yang dapat meningkatkan visual animasi. Fitur kamera ini tersedia untuk semua jenis dokumen di Animate, termasuk HTML Canvas, WebGL, dan Actionscript. 

  • Transformation anchor

Transformasi anchor adalah fitur yang digunakan untuk mengubah skala, rotasi, atau kemiringan objek yang akan kamu pilih yang dapat disesuaikan dengan keinginanmu. Fitur ini akan mempengaruhi cara objek berubah ketika kamu mengubah ukurannya atau memutarnya.


Baca juga: Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula

Apa Kelebihan Aplikasi Adobe Animate?

  • Terintegrasi penuh dengan Creative Cloud

  • Mendukung untuk beragam format, termasuk HTML5, WebGL, SVG animasi, Sprite Sheets, Flash Player (SWF), dan Adobe AIR.

  • Mendukung berbagai platform, seperti desktop, tablet, dan juga mobile.

  • Adanya dukungan ActionScript

  • Mendukung untuk ditampilkan ke berbagai media mulai dari DVD, CD-ROM, Web, hingga televisi

  • Mudah digunakan oleh pemula dan profesional, serta memiliki fitur lengkap

Apa Kekurangan Aplikasi Adobe Animate?

  • Terbatasnya template siap pakai yang disediakan

  • Tidak terlalu mendukung untuk pembuatan animasi 3D, lebih cocok untuk animasi 2D

  • Adanya beberapa menu yang tidak user-friendly

  • Adobe Animate memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan produk sejenis


Baca juga: Shortcut Dasar yang Penting Pada Adobe Illustrator


Setelah mempelajari Adobe Animate, saatnya untuk memvalidasi kemampuanmu dalam mengoperasikan software ini. Kamu bisa melakukan ujian sertifikasi dengan layanan Adobe Certified Professional - Adobe Animate dari MyEduSolve yang bisa dilaksanakan secara online dengan jadwal yang fleksibel. 


Sebelum mengikuti ujian, kamu juga bisa melakukan pre-test gratis terlebih dahulu, lho! Yuk, cek website MyEduSolve sekarang!


Referensi

Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate untuk Pemula, https://myedusolve.com/id/blog/belajar-cara-menggunakan-adobe-animate-untuk-pemula (Diakses 27 Februari 2024)


Adobe Animate User Guide, https://helpx.adobe.com/animate/user-guide.html (Diakses 27 Februari 2024)


Pengertian Adobe Animate, https://www.yamalube-promo.com/pengertian-adobe-animate (Diakses 27 Februari 2024)


Articles Info

author:MyEduSolve Update
MyEduSolve Update

Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!

Posted: Thursday, Sep 08, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Pengertian Adobe
Adobe Animate

12,707

Recommended Articles

Relevant Certifications

Multiplatform Animation using Adobe Animate Certification

Rp 0