Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

9 Tips Belajar Efektif Agar Lolos Ujian Sertifikasi Digital Marketing

Untuk lolos ujian sertifikasi Meta Certified Digital Marketing Associate, Simak 9 tips yang harus kamu perhatikan untuk memperbesar peluangmu lulus dari ujian sertifikasi resmi dari Meta!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Jan 16, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

9 Tips Belajar Efektif Agar Lolos Ujian Sertifikasi Digital Marketing cover

Untuk mendapatkan hasil ujian yang baik, tentu saja kamu harus giat belajar. Akan tetapi, tak jarang konsentrasi mulai terpecah ketika sudah belajar berjam-jam di depan meja. Terlebih jika kamu sedang mempelajari materi yang sama sekali baru dan butuh pemahaman ekstra seperti digital marketing. Tentunya kamu sangat membutuhkan metode pembelajaran yang efisien.

Nah, supaya proses belajarmu semakin signifikan dan hasilnya bisa maksimal, kamu harus bisa mengelola sistem belajar yang efektif. Artikel ini akan membahas tentang tips serta cara sukses persiapan dan lulus ujian sertifikasi digital marketing. Jika ingin tahu jawabannya, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Tips pertama yang efektif untuk meningkatkan kualitas belajar adalah dengan mengatur jadwal harian. Menyusun jadwal aktivitas dalam satu hari merupakan salah satu upaya agar kamu bisa lebih produktif dan disiplin.

Kegiatan dalam satu hari dimulai dari kamu bangun tidur hingga malam hari saat kamu tidur lagi. Dari penyusunan jadwal harian tersebut, kamu bisa menentukan pada jam berapa kamu belajar dan berapa lama durasi belajar yang efektif buatmu. Lakukanlah jadwal aktivitas ini setiap hari supaya lambat laun menjadi kebiasaan.

Belajar yang efektif artinya kamu bisa fokus dan menyerap seluruh materi pelajaran dengan baik. Menurut penelitian di Kansas State University yang dikutip dari laman ruangguru, siswa disarankan menentukan rentang waktu secara spesifik untuk mempelajari suatu mata pelajaran.

Tidak lain tujuannya agar siswa tetap fokus dan memiliki pemahaman yang mendalam pada satu objek pembelajaran. Dalam menentukan durasi belajar yang tepat, sebaiknya pahami dulu kebiasaan belajarmu dengan memperhatikan durasi rata-rata kamu bisa berkonsentrasi belajar.

Baca juga: Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing!

Tips lain yang bisa kamu terapkan agar proses belajar semakin efektif dengan menerapkan skala prioritas. Caranya kamu perlu membuat urutan aktivitas yang harus dikerjakan dalam satu hari.

Tempatkan aktivitas paling penting di urutan pertama, lalu diikuti aktivitas-aktivitas lainnya. Contohnya besok kamu akan menghadapi tes sertifikasi digital marketing. Sebaiknya utamakan belajar digital marketing, barulah setelah selesai belajar kamu bisa melanjutkan aktivitasmu. Penerapan skala prioritas ini bertujuan agar kamu dapat memaksimalkan waktu untuk belajar dan penguasaan materi.

Salah satu cara agar kamu bisa meraih nilai baik di ujian dengan memahami dan menguasai materi. Maka dari itu, kamu harus menyimak dengan seksama ketika mentor sedang menjelaskan materi. Kemudian, catatlah poin-poin penting agar kamu bisa mengingat materi lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk mengulang materi pelajaran yang kamu dapatkan, terutama di materi-materi yang sulit dipahami agar kamu memiliki pemahaman yang kuat sehingga bisa berhasil meraih nilai baik di ujian.

Baca juga: Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Melakukannya

Saat ini program sertifikasi banyak yang menawarkan sistem pembelajaran interaktif antara mentor dan siswa. Jadi, siswa tidak hanya mempelajari materi secara mandiri, tapi juga berkesempatan bertanya dengan mentor jika terdapat materi yang kurang dipahami.

Di samping itu, melalui sistem pembelajaran interaktif ini, siswa bisa mendapatkan umpan balik dari mentor, sehingga bisa mengevaluasi sistem belajar demi mendapatkan hasil ujian sesuai harapan.

Untuk melatih kecepatan dalam mengerjakan soal ujian, tidak ada salahnya untuk memakai pewaktu saat sedang berlatih soal. Tujuannya supaya kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan jangan sampai menghabiskan waktu hanya untuk mengerjakan satu soal yang sulit.

Kamu bisa mencoba berlatih memasang timer setiap kali berlatih soal ujian agar membuat dirimu terbiasa dan bisa mengerjakan soal dengan lancar tanpa takut kehabisan waktu.

Demi sukses ujian dan mendapatkan hasil yang diharapkan, tentu kamu harus belajar dengan giat. Namun, kamu juga tidak boleh lupa meluangkan waktu untuk istirahat di sela-sela kegiatan belajar.

Istirahat berguna untuk melepas stres, menyegarkan pikiran, dan mengembalikan konsentrasi supaya penyerapan materi semakin maksimal. Tidak perlu lama-lama, kamu cukup luangkan 5-10 menit saja. Saat istirahat kamu bisa mengisinya dengan kegiatan ringan seperti mendengarkan musik, baca buku, bermain ponsel, dan kegiatan lainnya yang kamu sukai.

Baca juga: Bisnis Digital Adalah: Jenis, Kelebihan & Peran Transformasi Digital di Dalamnya

Alih-alih menghafal, kunci agar kamu bisa sukses di ujian adalah memahami isi dan konsep materi yang dipelajari. Sebab, hafalan hanya tersimpan sementara di otak, sedangkan pemahaman konsep lebih mudah diingat otak dalam jangka panjang.

Maka dari itu, ketika sedang belajar, usahakan untuk memahami materi meskipun perlu usaha keras daripada sekadar menghafal. Jika kamu mengalami kendala dalam memahami materi, kamu bisa bertanya pada mentor ataupun teman yang lebih mahir.

Sering melakukan simulasi ujian juga bisa meningkatkan keberhasilanmu dalam ujian, karena kamu sudah membentuk pola pengerjaan soal yang efektif. Pola tersebut menjadi strategi kamu untuk meraih keberhasilan dalam ujian.

Salah satu software yang kerap dipakai untuk simulasi ujian sertifikasi adalah CertPREP. Perangkat lunak ini berisi beragam soal-soal yang sengaja dirancang khusus sesuai dengan objective domain ujian sertifikasi sesungguhnya.

Jika kamu bergabung di program sertifikasi MyEduSolve, kamu akan memakai CertPREP untuk simulasi ujian. Penggunaan CertPREP ini sangat membantu siswa. Kamu dapat mempelajari instruksi di tiap latihan soal secara step-by-step, setelah itu langsung diajak mengerjakan latihan soal, karena CertPREP menggunakan kombinasi antara training mode dan testing mode.

Selain itu, kamu juga mendapatkan pembahasan soal yang bisa kamu pelajari dan dijadikan bahan evaluasi. Pada akhir simulasi ujian, siswa akan diberikan perhitungan prediksi skor ujian. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah sistem belajarmu sudah maksimal atau belum melalui hasil skor tersebut.

Demikian pembahasan tentang tips serta cara sukses persiapan dan lulus ujian sertifikasi digital marketing. Jika kamu tertarik terjun ke dunia digital marketing, yuk segera daftarkan dirimu ke program sertifikasi Meta Digital Marketing Associate dari MyEduSolve. Info dan penawaran menarik lainnya bisa diakses di MyEduSolve.



Related Tags

Meta
sertifikasi meta
meta certified
digital marketing

487

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.