5 Tips Lulus Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap

Buat kamu yang baru memasuki dunia kerja, kamu perlu paham dulu apa itu probation sebelum kamu jadi karyawan tetap. Simak tips-nya pada artikel berikut ini!

Posted: Thursday, Nov 17, 2022

Updated: Wednesday, Feb 08, 2023

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Thursday, Nov 17, 2022

Share:

5 Tips Lulus Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap cover

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui sebagai karyawan baru dalam sebuah perusahaan adalah masa percobaan (probation). Pada masa ini, sering kali dijadikan masa perkenalan antara kamu sebagai karyawan dengan lingkungan kerja perusahaan dan perusahaan sebagai yang merekrutmu untuk mengetahui performa kinerjamu sebagai karyawan baru. 

Sebagian orang akan merasa tidak nyaman saat probation. Hal ini dikarenakan banyak faktor misalnya seperti budaya perusahaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi atau beban kerja yang lebih berat dari yang kamu bayangkan. Kamu juga bisa memahami lebih banyak tentang probation dengan membaca buku “Lagi Probation” karya Samuel Ray yang merupakan seorang HR profesional. Kamu juga bisa membaca artikel ini sampai habis untuk tahu tips yang perlu kamu lakukan untuk lulus pada masa probation di tempat kerja.

Baca juga: Apa Itu Offering Letter: Pengertian dan Cara Membalasnya!

Pengertian Masa Probation

Dikutip dari Mindtools, masa probation adalah masa percobaan yang biasanya berlangsung antara satu sampai enam bulan untuk menilai kinerja seorang karyawan sebagai dasar pengambilan keputusan apakah kontrak akan diperbaharui menjadi karyawan tetap atau diberhentikan dari pekerjaan.

Tips Lulus Masa Probation

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Opinion Matters terhadap 2000 karyawan dalam masa probation kerja, ditemukan bahwa 62% penyebab kegagalan karyawan selama masa probation disebabkan oleh performa kerja yang buruk dan 50% diantaranya karena absen. Agar masa percobaanmu mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu harapkan yaitu, menjadi karyawan tetap, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Menunjukkan kesan yang baik dan profesional

Sama halnya seperti saat kamu hendak menyiapkan diri menjalani proses rekrutmen tahap interview, menunjukkan kesan baik dan profesional juga perlu kamu jaga selama masa probation ini. Misalnya sesederhana dengan selalu datang tepat waktu saat rapat atau berbicara dengan sopan dan santun, baik secara verbal maupun non-verbal.

  1. Proaktif dalam bekerja

Jangan semata-mata hanya mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan atasan kepadamu saja. Kalau dalam sebuah rapat yang membutuhkan ide atau gagasan kreatif baru, kamu bisa juga loh untuk membagikan idemu disana. Sikap proaktif menunjukkan bahwa kamu juga ingin berkontribusi dalam memajukan perusahaan.

  1. Menjaga komunikasi dengan rekan kerja

Jika pekerjaanmu dilakukan secara remote bukan berarti kamu tidak perlu berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerjamu. Banyak saluran komunikasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan untuk mengkomunikasikan progress pekerjaanmu. Menjaga komunikasi dengan rekan kerja akan membantu kamu dalam membangun networking dan engagement di tempat kerja.

  1. Terbuka terhadap feedback

Meminta feedback dari atasan atau rekan kerja rutin selama masa probation bisa  membantumu mengetahui hal apa saja yang bisa kamu kembangkan atau kesalahan apa yang perlu kamu perbaiki. Sehingga kamu akan tahu apakah dirimu telah memenuhi ekspektasi perusahaan atau belum untuk menjadi karyawan tetap nanti.

  1. Profesional dalam pekerjaan

Selesaikan pekerjaanmu dengan sungguh-sungguh dengan segenap kemampuan yang kamu miliki. Perusahaan tentu akan merekrut orang-orang dengan kemampuan menyelesaikan pekerjaan pada bidangnya dengan efektif dan menghasilkan output yang baik sesuai kapabilitas mereka masing-masing.

Baca juga: Side Hustle: Pengertian, Contoh, dan Cara Mencari Idenya

Punya pengalaman atau keresahan seputar masa probation kamu di kantor? Bisa banget cerita di #TalktoDIAN. Bagikan pengalaman atau keresahanmu secara anonim yang akan dibimbing oleh pakar HR & Psikolog dari MyEduSolve.

Related Tags

Probation

1,104

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Membaca Buku cover

Posted: 3 months ago

4 Min Read

Kenanga Admin

Apa Itu Gap Year dan Kegiatan yang Bisa Kamu Peroleh cover

Posted: 4 months ago

5 Min Read

Kenanga Admin

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.