5 Cara Membuat Footnote Di Word dengan Mudah

Apa itu footnote dan bagaimana cara membuat footnote di Word? Simak cara membuat footnote dengan mudah melalui artikel dari MyEduSolve berikut ini.

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

5 Cara Membuat Footnote Di Word dengan Mudah cover

Footnote menjadi bagian penting yang harus dimasukkan ke dalam penulisan karya ilmiah. Apa itu footnote dan bagaimana cara membuat footnote di Word?

Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari cara membuat footnote di Microsoft Word dengan mudah. Informasi ini tentu sangat penting untuk kamu ketika mengerjakan tugas makalah, skripsi, dan karya ilmiah lainnya. 

Apa Itu Footnote?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, apakah kamu sudah mengetahui pengertian footnote? Footnote atau yang bisa juga disebut sebagai catatan kaki, merupakan keterangan tambahan yang diletakkan di akhir halaman penulisan.

Sebagai contoh, kamu mungkin pernah membaca sebuah novel lalu ada kata yang diberi tanda bintang atau huruf kecil. Tanda bintang tersebut merujuk pada penjelasan yang berada di bagian bawah halaman.

Selain digunakan untuk menjelaskan istilah, footnote juga berfungsi untuk menjelaskan sumber referensi yang kamu gunakan dalam penulisan tersebut. Fungsi ini yang selalu digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

Baca juga: 3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Bagaimana Cara Membuat Footnote Di Word

Untuk membuat footnote di Microsoft Word, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

1. Memasukkan Tulisan Ke Dalam Microsoft Word

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan tulisan ke dalam Microsoft Word terlebih dahulu. Dokumen apa yang ingin kamu kerjakan saat ini? Apakah kamu ingin menulis dokumen mengenai makalah penelitian, skripsi, atau esai singkat? Apapun dokumennya, kamu bisa langsung memasukkan terlebih dahulu ke dalam halaman Microsoft Word. 

2. Menentukan Bagian yang Ingin Ditambahkan Footnote

Pilih bagian teks yang ingin kamu sertai dengan footnote. Contohnya, kamu sedang membahas mengenai game tembak-tembakkan. Lalu, di dalam pembahasan tersebut kamu menyebutkan istilah FPS. Istilah tersebut jarang diketahui oleh orang awam sehingga kamu perlu menambahkan footnote pada bagian bawah halaman Microsoft Word.

Untuk memilih teks, kamu cukup menambahkan tanda bintang terlebih dahulu di akhir kata yang ingin disertakan dengan footnote. Selanjutnya, silakan masuk ke menu Insert, kemudian cari Footer

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

3. Melakukan Pengaturan Footnote

Setelah masuk ke dalam menu Footer, kamu dapat memilih tipe footnote seperti apa yang dibutuhkan. Kamu juga bisa melakukan pengaturan custom sesuai keperluan.

4. Mengisi Footnote

Footer sudah siap diisi dengan footnote yang ingin kamu tambahkan. Pastikan kamu sudah mengikuti kaidah penulisan dokumen dalam bahasa Indonesia yang tepat. Kamu bisa langsung mengikuti kaidah penulisan skripsi untuk melihat contoh footnote yang tepat.

Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

5. Menggunakan Cara Cepat

Selain keempat langkah di atas, kamu dapat menggunakan cara cepat untuk membuat footnote. Kamu tidak perlu masuk ke dalam menu Insert dan sebagainya. Cukup klik dua kali pada bagian bawah halaman Microsoft Word dan jendela footer akan otomatis muncul. Kamu bisa langsung mengetikkan footnote ke dalamnya.

Membuat footnote merupakan salah satu skill dasar di dalam Microsoft Word yang perlu kamu kuasai. Masih ada banyak skill lainnya yang harus kamu pelajari, tidak hanya untuk Microsoft Word, namun juga seluruh software Microsoft lainnya seperti Excel dan PowerPoint.

Skill penggunaan Microsoft tidak hanya akan berguna selama kuliah saja, tetapi juga sampai kamu memasuki dunia profesional. Oleh karena itu, bekali diri kamu dengan program sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve.

Melalui program sertifikasi ini, kamu akan belajar lebih dalam mengenai penggunaan Microsoft Office untuk kebutuhan profesional. Daftarkan diri kamu sekarang juga di MyEduSolve atau hubungi kami melalui WhatsApp di +6287857067313 untuk informasi lebih lanjut.

Article Tag:

cara membuat footnote di wordfootnoteword

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

5 Cara Membuat Footnote Di Word dengan Mudah

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara membuat footnote di wordfootnoteword

Category:

Pengembangan Skill

Share:

573

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.