Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tips dan Contoh Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Diri Anda

Pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" seringkali menghasilkan kebingungan, lantaran sifat pertanyaannya yang sangat umum dan memerlukan keahlian berkomunikasi yang jelas dan efektif. Simak tips menjawab pertanyaan tersebut di artikel ini!

Posted: Thursday, Nov 09, 2023

Share:

Tips dan Contoh Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Diri Anda cover

Pada proses seleksi wawancara kerja, ada cukup banyak pertanyaan yang diajukan tim recruiter pada pelamar. Pertanyaan ‘ceritakan tentang diri Anda’ sering kali ditanyakan oleh tim recruiter agar bisa mengetahui lebih dalam mengenai kualifikasi kandidat. 

Biasanya tim recruiter menanyakan pertanyaan tersebut supaya bisa mengetahui karakter seorang kandidat dan nilai tambah yang dimiliki kandidat. Meskipun pertanyaan ini terkesan sederhana dan mudah dijawab, tapi lebih baik kamu menjawabnya dengan strategi. Yuk, cari tahu tips-tips wawancara dan cara menjawabnya hanya di artikel ini.

Tips Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan tentang Diri Anda’

Biasanya pertanyaan ‘ceritakan tentang diri Anda’ akan ditanyakan oleh tim recruiter di sesi awal wawancara. Ketika kamu diminta untuk menjawab, kamu harus menjawabnya dengan jujur dan lugas.

Jika kamu berhasil menjawab pertanyaan ini dengan percaya diri, biasanya proses interview akan berjalan lancar sampai akhir. Maka dari itu, penting untuk berlatih wawancara. Kamu bisa ikuti tips-tips di bawah ini supaya seleksi wawancaramu lancar. Simak, yuk!

  1. Lihat Kualifikasi Pekerjaan dan Sebutkan Pengalaman yang Relevan

Sebelum wawancara, pastikan kamu sudah membaca semua kualifikasi yang diminta perusahaan dan juga cakupan pekerjaan dari jabatan yang kamu lamar.

Kemudian, ketika interview dan kamu diminta menceritakan diri kamu, jawablah dengan cerita pengalaman yang relevan dengan kualifikasi dan job desk pekerjaan yang mau kamu tuju.

Pengalaman yang diceritakan bisa berupa pengalaman kerja, pengalaman magang, pengalaman sebagai sukarelawan, dan pengalaman organisasi. Lalu, supaya ceritamu menarik, kamu bisa menerapkan metode STAR untuk dipraktekkan pada saat sesi wawancara.

Baca juga: Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya) 

  1. Fokus Membahas Kelebihan dan Keterampilan

Saat menceritakan tentang diri kamu di interview kerja, jangan lupa sebutkan kelebihan dan keterampilan yang kamu miliki.

Misalnya, kamu memiliki kemampuan persuasif yang baik karena sudah pernah bekerja sebagai sales selama satu tahun.

Untuk memberikan nilai tambah di depan tim recruiter, ceritakan juga contoh konkritnya. Sebagai contoh, dari kemampuan persuasif yang kamu miliki itu, kamu berhasil menaikkan angka penjualan hingga 30% dan mempertahankan 25% retensi pelanggan.

  1. Tonjolkan Karakter

Ketika ditanya tentang deskripsi diri sendiri, kamu diperbolehkan untuk menceritakan tentang karaktermu pada tim recruiter. Jelaskan jika kamu memiliki karakter yang positif dan produktif. Kamu bisa menerangkan karakter kamu dengan mendiskusikan soal hobi, minat, dan pencapaian.

Misalnya, kamu selalu tertarik untuk belajar hal baru dan kamu tertantang untuk mempelajarinya, hingga akhirnya kamu berhasil mendapatkan uang tambahan setelah menekuni hal tersebut.

  1. Atur Respon

Tujuan tim recruiter menanyakan ‘ceritakan tentang diri Anda’ adalah untuk mengetahui karakter kamu. Selain itu, tim recruiter juga ingin mengetahui kelebihanmu dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Maka dari itu, jawablah pertanyaan ini dengan jujur, hati-hati, dan percaya diri. Jawablah dengan nada yang tegas, percaya diri, tapi tidak memberi kesan arogan.

  1. Jawab Pertanyaan secara Runtut

Sewaktu interview kerja, jawablah pertanyaan tim recruiter dengan lancar dan tidak bertele-tele. Usahakan jawab setiap pertanyaan dengan runtut tanpa terbata-bata.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan latihan interview di rumah. Kamu bisa ikuti pola berikut untuk menjawab pertanyaan interview kerja dengan baik.

  • Masa sekarang, masa lalu, dan masa depan.

Formula pertama lebih cocok jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, tetapi memenuhi kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan. 

Berdasarkan formula tersebut, kamu bisa menceritakan tentang karakter, kelebihan, dan keterampilan yang relevan dengan jabatan pekerjaan kamu. 

Kemudian, jelaskan jika keterampilan yang kamu miliki saat ini didapatkan dari kursus, pengalaman organisasi, dan sebagainya. 

Terakhir, jelaskan jika keterampilan dan kelebihan yang kamu miliki dapat berkontribusi untuk produktivitas perusahaan.

  • Masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

Lalu, formula kedua paling tepat dipakai oleh orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. 

Jadi, apabila kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa ceritakan terlebih dulu mengenai pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya dan jangan lupa ceritakan juga pencapaian-pencapaian yang berhasil kamu raih. 

Selanjutnya, ceritakan tentang perkembangan karakter yang kamu rasakan sekarang setelah mengalami berbagai pengalaman kerja. 

Di bagian akhir, jelaskan tentang tujuan yang ingin kamu capai di masa depan dengan perusahaan.

Beberapa Variasi Pertanyaan ‘Ceritakan tentang Diri Anda’

Pertanyaan ‘ceritakan tentang diri Anda’ ternyata memiliki banyak variasi. Bagi kamu yang masih fresh graduate dan belum memiliki banyak pengalaman wawancara harus tahu variasi pertanyaan ‘ceritakan tentang diri Anda’ agar bisa menjawabnya dengan tepat. Kira-kira apa saja?

  • Saya sudah membaca CV/Resume yang Anda kirim, sekarang ceritakan tentang diri Anda.

  • Saya ingin mendengar pengalaman Anda.

  • Ceritakan saya lebih jauh tentang latar belakang Anda.

  • Tolong deskripsikan diri Anda.

  • Tolong ceritakan diri Anda yang tidak Anda sertakan di CV/Resume.

Contoh Jawaban dari Pertanyaan ‘Ceritakan tentang Diri Anda’

Setelah membaca dan memahami teori di atas, sekarang kamu bisa coba latihan interview dengan mengikuti contoh jawaban di bawah ini. Diharapkan kamu dapat menjawab pertanyaan ‘ceritakan tentang diri Anda’ dengan lancar. Apa saja?

  1. Contoh Jawaban untuk Fresh Graduate

“Saya seorang fresh graduate dari Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi, saya lulus tahun 2023. Sebagai fresh graduate, saya belum memiliki pengalaman kerja, tapi saya memiliki pengalaman organisasi yang melatih keterampilan saya dalam komunikasi interpersonal, public speaking, dan bernegosiasi. Selama menjabat sebagai wakil ketua hima kampus, saya beberapa kali ditunjuk menjadi juru bicara yang mewakili hima ilmu komunikasi UI. 

Terlebih saya memiliki karakter yang tanggap, adaptif, dan senang belajar hal baru. Jadi saya tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan diri di lingkungan kerja dan mempelajari hal baru yang nantinya diajarkan pada saya. Saya selalu siap dengan tantangan dan mengerjakan seluruh tanggung jawab yang diberikan pada saya. Saya berharap bisa semakin berkembang dan berkontribusi untuk perusahaan.”

Baca juga: Product Life Cycle: Penerapan Pada Karier 

  1. Contoh Jawaban untuk yang Sudah Berpengalaman

“Saya lulusan dari Universitas Indonesia tahun 2019 dari jurusan Sastra Inggris. Saya sudah memiliki pengalaman bekerja sebagai editor di perusahaan penerbit Mizan selama dua tahun. Sewaktu bekerja sebagai editor, tugas saya dalam satu hari adalah me-review puluhan naskah dan mengedit ejaan serta penulisannya. Saya selalu bekerja dalam tenggat waktu yang ketat. 

Dari pengalaman kerja tersebut saya memiliki karakter yang disiplin, tepat waktu, tanggap, dan perfeksionis. Saya dapat memberikan kontribusi pada perusahaan perihal editorial di website atau konten sosial media, sehingga isi konten lebih human friendly yang kedepannya diharapkan sosial media dan website perusahaan meraih engagement lebih tinggi.”

Itu dia tips dan contoh jawaban wawancara ceritakan tentang diri Anda yang bisa kamu ikuti dan praktekkan. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang sedang meniti karir. Jika kamu mempunyai kebingungan mengenai jenjang karir atau sedang kesulitan di lingkungan kerja, kamu bisa cerita-cerita secara anonim melalui fitur #TalkToDIAN yang tentunya gratis. Yuk, coba!

Sumber:

Indeed, Interview Question: "Tell Me About Yourself" (With Answers) (Diakses Oktober 2023)

The muse, How to Answer “Tell Me About Yourself” in an Interview (Plus Examples!)  (Diakses Oktober 2023)

Related Tags

interview
pencarian kerja

3,136

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.