Yuk Cari Tahu Apa Itu Programmer dan Beragam Kompetensi yang Dibutuhkan

Programmer adalah profesi pekerjaan yang sedang hits saat ini. “Keren” dan “Gaji besar” adalah kata-kata yang selalu mengiringinya. Namun, apa itu programmer?

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Share:

Yuk Cari Tahu Apa Itu Programmer dan Beragam Kompetensi yang Dibutuhkan cover

Perkembangan teknologi dapat membuka lapangan kerja bagi seseorang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Banyak startup membutuhkan pekerjaan untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi. Salah satunya adalah profesi programmer. Namun, apa itu programmer?

Programmer adalah profesi yang diminati oleh banyak anak muda saat ini. Selain itu, profesi ini dinilai memiliki prospek karier yang baik. Kata-kata seperti "keren" dan "gaji besar" sering dilontarkan di sekitar orang yang memiliki profesi ini.

Jika kamu tertarik, yuk simak penjelasan mengenai programmer di bawah ini!

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah profesi yang ditekuni oleh orang-orang yang membuat program berdasarkan lembar spesifikasi rekayasa perangkat lunak. Dalam membuat suatu program, terdapat sebuah flowchart yang harus diperhatikan dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa komputer dengan menggunakan kode-kode tertentu sehingga menjadi perintah kepada komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Bahasa pemrograman, seperti CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, Python, dan lain sebagainya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi seorang programmer. Jika program telah selesai dibuat, programmer harus memastikan bahwa program tersebut dapat beroperasi dengan baik dan benar.

Programmer biasanya akan melakukan berbagai pengujian dengan memperkirakan setiap kasus yang akan terjadi karena program yang dibuat tidak akan dapat beroperasi dengan baik ketika terjadi kesalahan. Oleh karena itu, programmer akan bersahabat dengan uji coba dan kesalahan, karena setiap kali membuat program, akan selalu ada trial and error.

Baca Juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Peran dan Tanggung Jawab Programmer

Seorang programmer biasanya dapat bekerja dalam beberapa proyek yang berbeda. Namun, berikut ini adalah peran dan tanggung jawab sehari-hari dari seorang programmer:

1. Menulis dan Menguji Kode untuk Program Baru

Programmer biasanya bekerja sama dengan pengembang web dan perangkat lunak untuk menulis kode untuk aplikasi seluler atau program komputer baru. Dalam beberapa kasus, programmer mungkin memiliki peran yang mirip dengan perancang web, yaitu menciptakan tampilan, nuansa, dan fungsionalitas program perangkat lunak baru.

Menulis kode baru seringkali melibatkan banyak trial and error. Namun, programmer biasanya dan harus memiliki pemikiran kritis yang kuat dan keterampilan memecahkan masalah, dan senang menggunakan logika untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Baca Juga: Microsoft Azure Adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing

2. Memperbarui Program yang Ada

Programmer juga membuat dan menginstal pembaruan untuk program perangkat lunak yang ada. Pembaruan mungkin mencakup perbaikan bug, atau fungsionalitas yang ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Bergantung pada kerumitan pembaruan, tugas ini dapat memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

3. Mengidentifikasi dan Memperbaiki Kesalahan Pengkodean

Setiap hari, programmer dapat membantu memecahkan masalah bagian situs web atau program komputer yang tidak berfungsi dengan benar. Seringkali, masalah yang terjadi adalah akibat dari kesalahan dalam kode, dan seorang programmer dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dengan cepat.

Baca Juga: Apa Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist?

4. Menulis Ulang Program Untuk Sistem Operasi yang Berbeda

Seringkali, programmer harus menulis ulang kode dalam bahasa yang berbeda, sehingga program dan aplikasi dapat kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda. Misalnya, program Windows dan Mac OS X harus dikodekan secara berbeda. Beberapa programmer dilatih untuk menulis aplikasi baru dalam kode SaaS, yang bekerja di kedua sistem operasi.

5. Mengamankan Program dari Ancaman Keamanan Siber

Banyak programmer bekerja di bidang keamanan siber, membantu mengidentifikasi perangkat lunak berbahaya dan memperbaiki perangkat lunak yang rentan terhadap potensi peretasan. Selain itu, programmer harus dapat menulis kode yang mencegah pelanggaran keamanan dan kebocoran data.

Seiring dengan meningkatnya jumlah dan tingkat keparahan serangan siber, permintaan akan pakar keamanan informasi terus meningkat. Faktanya, Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat memperkirakan bahwa pekerjaan untuk analis keamanan informasi akan meningkat sebesar 28% hingga 2026, menambahkan sekitar 28.500 pekerjaan baru.

JIka kamu tertarik untuk mempelajari mengenai programmer secara lebih lanjut, kamu bisa mengikuti program Certified IT Specialist dari MyEduSolve. Jika kamu berhasil mendapatkan sertifikasi IT Specialist tersebut, maka kamu bisa menambah value dan kredibilitas diri untuk bisa bersaing di industri IT yang lebih kompetitif. Tak hanya di skala nasional saja, namun juga di skala internasional karena sertifikasi tersebut berlaku secara internasional.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk dari MyEduSolve, kamu bisa klik di sini. Setelah mempelajari apa itu programmer pada artikel ini, semoga rasa penasaran kamu terhadap profesi atau bidang pekerjaan ini dapat terjawab.

Article Tag:

Apa itu Programmer?,programmer

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Yuk Cari Tahu Apa Itu Programmer dan Beragam Kompetensi yang Dibutuhkan

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Apa itu Programmer?,programmer

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,130

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.