Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi

Kamu karyawan baru? ini dia tips cepat beradaptasi di hari pertama kamu masuk kantor

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Updated: Wednesday, Jun 15, 2022

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

| Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Share:

Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi cover

Mendapatkan kabar diterima pekerjaan memang sangat menyenangkan, merupakan hal yang biasa ketika kamu merasa grogi atau nervous saat bekerja di hari pertama. Hal yang paling umum adalah adaptasi dengan lingkungan kerja, rekan kerja, dan pekerjaan itu sendiri.

Namun, untuk yang baru pertama kali masuk dalam dunia kerja, tentunya hal itu tidak mudah. Sering sekali menimbulkan kecemasan dan perasaan tidak layak. Tapi, jangan putus asa dulu. Yuk, simak apa aja sih yang harus kamu lakukan di bulan pertama jadi karyawan baru.

Datang tepat waktu

Usahakan datang sebelum bos dan rekan kerja lainnya datang. Agar kamu dapat mempersiapkan sesuatu tentang pekerjaan yang dikerjakan. Hal itu bisa memberikan kesan yang baik dari bos atau rekan kerja lainnya.

Bersikap ramah dan sopan

Sebagai anak baru kamu akan menjadi perhatian karyawan lain ketika datang ke kantor. Perhatian tersebut bisa berupa pertanyaan atau sapaan. Kamu harus membalasnya dengan ramah dan sopan walau banyak pertanyaan yang berulang-ulang.

Menunjukan inisiatif yang baik

Kerjakan setiap pekerjaan dan jangan menunda pekerjaan, sekecil apapun pekerjaanmu. Karena lebih cepat lebih baik, dan selalu minta feedback dari atasanmu. Dengan begitu kamu bisa dipercaya untuk melakukan pekerjaan penting lainnya. 

Bersosialisasi dengan rekan kerja

Berinteraksi lah dengan rekan kerja. Ketika sedang bekerja jangan ragu untuk bertanya, jam makan siang dan sebelum bekerja juga bisa kamu manfaatkan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja. Dengan memiliki banyak teman di lingkungan kerja membuat kamu lebih nyaman. Rekan-rekan kamu dengan senang hati membantumu ketika dibutuhkan.

Jangan takut buat kesalahan

Meskipun wajar ketika karyawan baru melakukan kesalahan, tetapi itu bisa membuatmu belajar. Dengan membuat kesalahan, kamu bisa belajar bagaimana solusi yang tepat ke depannya saat menghadapi masalah yang sama. Ubahlah pola pikir kamu terkait membuat kesalahan di tempat kerja. Semakin baik kamu menerima kesalahan, maka akan semakin mudah kamu beradaptasi di lingkungan baru.

Jangan berekspektasi tinggi

Pastikan kamu memiliki dan menguasai keahlian sesuai dengan bidang pekerjaanmu dan juga usahakan memiliki keahlian di luar pekerjaan. Berusaha penuhi apa yang orang lain harapkan dari dirimu. Karena bisa saja apa yang mereka harapkan itu tidak realistis dan tidak sesuai ekspektasimu atau tidak berhubungan dengan arahan dari atasanmu. Jadi kamu dituntut untuk terus belajar menguasai hal baru, meskipun itu bukan bidang dan minatmu.

Selalu berpikir positif

Ketika bekerja, pekerjaan tidak selalu berjalan dengan mulus. Jika hal itu terjadi, kamu bisa fokus pada sisi positifnya. Jadi kamu tidak perlu gusar, anggap saja ini merupakan pelajaran baru untukmu.

Belajar dari rekan kerja

Belajar dari rekan kerja adalah cara terbaik lainnya untuk bisa cepat beradaptasi di tempat kerja. Dengan memperhatikan bagaimana rekan kerja kamu melakukan sesuatu. Perhatikanlah bagaimana mereka menunjukkan fleksibilitasnya di situasi tertentu dan bagaimana kamu bisa menirunya jika menghadapi situasi serupa.

Baca juga: Profesi Primadona di Bidang Data: Data Analyst dan Data Scientist

Sebagai ‘Karyawan Baru’ ada beberapa hal yang perlu kamu dihindari

Datang terlambat

Hal pertama yang harus dihindari di hari pertama kerja adalah datang terlambat. Jika hari pertama saja sudah datang terlambat, pasti seterusnya akan sering datang terlambat. Hal itulah yang akan dipikirkan oleh atasan dan rekan kerja, jika hari pertama kerja kamu sudah datang terlambat. 

Menggunakan pakaian yang tidak sesuai

Beberapa kantor memiliki kebijakan yang berbeda terkait pakaian yang digunakan sehari-hari saat bekerja. Sebelum masuk kerja di hari pertama, pastikan kamu bertanya ke pihak rekruter terkait kebijakan berpakaian perusahaan. Jangan sampai saat hari pertama kamu masuk kerja, kamu justru menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan kebijakan kantor. Untuk para wanita khususnya, hindari menggunakan rok yang terlalu pendek dan atasan yang terlalu ketat. Dan untuk pria, jangan menggunakan kemeja yang kusut dan lusuh.

Tidak Teliti

Saat diberikan pekerjaan, jangan mengerjakan secara terburu-buru. Meskipun menyelesaikan pekerjaan dengan cepat akan memberikan kesan positif, namun hal itu percuma jika ternyata pekerjaan yang kamu kerjakan memiliki banyak kesalahan.

Posisi kamu sebagai karyawan baru dan fresh graduate, akan membuat atasan lebih sering mengecek pekerjaanmu. Jadi pastikan, untuk mengerjakan pekerjaan dengan teliti dan ada baiknya kamu melakukan pengecekan ulang sebelum menyerahkan pekerjaan tersebut ke atasan.

Tidak mendengarkan arahan

Pada hari pertama kerja biasanya kamu akan diberikan arahan seputar kebiasaan yang dilakukan di kantor, arahan tersebut bisa berupa tugas yang akan kamu lakukan selama di kantor. Pastikan kamu memperhatikan dan mendengar arahan yang diberikan oleh atasan. Jika tidak, kamu akan mendapatkan masalah karena tidak mengetahui kewajiban kamu pada saat di kantor karena tidak mendengarkan arahan yang diberikan oleh pimpinan.

Takut untuk berbicara

Pada saat hari pertama kerja biasanya kamu belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate akan cenderung lebih banyak diam dan bertindak pasif karena belum terbiasa dengan lingkungan kantor dan orang-orang baru. 

Tentu saja hal ini tidak boleh terjadi. Cobalah untuk menampilkan kepercayaan diri dan sifat yang baik serta ramah kepada setiap rekan kerja yang baru kamu kenal. Dengan melakukan hal tersebut pastinya akan membuat kesan yang baik di dalam tempat kerja. Orang yang mudah berkomunikasi dengan orang lain biasanya akan lebih banyak mendapatkan teman di lingkungan baru ketimbang orang yang pendiam.

Baca juga: Business Analyst: Pengertian dan Tanggung Jawab Pekerjaan

Tidak bersosialisasi dengan rekan kerja

Saat hari pertama bekerja, usahakan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya. Jika kamu diajak makan siang bersama, maka terima tawaran nya. Itu merupakan salah satu cara agar kamu bisa lebih dekat dan memiliki teman di kantor.

Dengan memiliki teman di kantor, maka kamu akan lebih menikmati pekerjaan. Tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan bantuan mengenai pekerjaan di kemudian hari.

Terlalu banyak mengeluh

Biasanya saat hari pertama masuk kerja, atasan akan memberikan banyak pekerjaan yang selama ini terbengkalai. Meskipun pekerjaan yang diberikan diluar ekspektasi kamu, namun usahakan untuk menerimanya dan mengerjakannya sedikit demi sedikit.

Jangan mengeluh selama pekerjaan yang diberikan memang sesuai dengan posisi kamu. Karena jika kamu terlalu banyak mengeluh, maka orang lain akan menganggap kamu tidak bertanggung jawab dan tidak profesional.

Itu dia tips yang perlu kamu ketahui ketika menjadi karyawan baru dan cepat beradaptasi terhadap lingkungan di kantor. Ingatlah hari pertama kerja adalah hari yang krusial yang perlu dipersiapkan karena akan mempengaruhi kesan orang terhadapmu.

Mau dapat banyak tips lain soal karier dari para profesional? Kamu bisa konsultasikan pengalaman atau keresahan dalam bekerja secara anonim di fitur MyEduSolve Talk to DIAN.


Article Tag:

Tips karyawan baru

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Content Writer

Articles Info

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Updated: Wednesday, Jun 15, 2022

Article Tag:

Tips karyawan baru

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.