Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Grit Adalah: Pengertian dan Mengapa Penting

Ingin jadi kandidat impian perusahaan? Kuasai skill yang bernama Grit ini!

Posted: Friday, Oct 28, 2022

Share:

Grit Adalah: Pengertian dan Mengapa Penting cover

Untuk mendapat pekerjaan impian, yang kamu butuhkan bukan cuma kepintaran saja, melainkan kamu harus punya skill Grit. Mungkin kamu baru pertama kali mendengar konsep Grit ini, maka dari itu MyEduSolve akan membantumu menjelaskan apa itu Grit dan kenapa penting untuk kariermu!


Apa Itu Grit

Scoro menjelaskan bahwa Grit adalah ketekunan dan semangat untuk tujuan jangka panjang. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog bernama Angela Duckworth dalam bukunya, Grit: The Power of Passion and Perseverance, yang menjadi best seller.


Menurut Angela Duckworth, bekerja keras sama pentingnya dengan bakat alami. Seseorang yang memiliki Grit yang tinggi akan mempertahankan motivasi dan tekadnya dalam waktu jangka panjang, meskipun mengalami kegagalan serta kesultan.


Alhasil, Grit dapat memberikan energi untuk maju untuk mencapai tujuan jangka panjang seseorang.


Baca juga: Mengenal Produktivitas Kerja dan Cara Meningkatkannya


Mengapa Grit Penting untuk Karier?

Sebelumnya sudah dibahas bahwa bekerja keras itu sama pentingnya dengan bakat alami, sehingga hal tersebut juga penting untuk diaplikasikan di dunia kerja. Berikut adalah alasannya:


  1. Bakat tidak menjamin kesuksesan

Mengutip dari Ladders, bahwa sebenarnya bakat atau talenta itu tidak menjamin kesuksesan dalam hidup. Jika kamu punya bakatnya tapi tidak ada usaha serta semangat, maka untuk mencapai yang diinginkan pun akan sangat sulit.


  1. Memberikan tujuan yang bermakna

Saat bekerja, usahakan untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh, bukan karena hanya kewajiban semata. Untuk mengetahui bagaimana caranya mengetahui tujuan yang bermakna, kamu bisa mulai dari memahami nilai-nilai dalam diri.


  1. Growth mindset

Saat kamu melakukan pola pikir Grit, yang ada di pikiranmu adalah berusaha jadi yang terbaik. Selain itu, orang-orang dengan pola pikir ini selalu ingin berkembang serta punya growth mindset, sehingga kegagalan merupakan hal yang wajar dan menjadi punya kesempatan untuk berkembang.


Baca juga: Self Acceptance Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya


Demikian penjelasannya tentang Grit! Jika kamu punya keresahan yang belum terselesaikan tentang karier dan kesehatan mental, bisa kamu ceritakan melalui #TalkToDIAN, ya!


Related Tags

Grit

4,792

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.