Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pentingnya Mempelajari Growth Mindset untuk Jadi Pribadi Tangguh

Ketahui pentingnya Growth Mindset untuk sukses! Pelajari bagaimana pola pikir ini membuka peluang & mendorong pencapaian pribadi dan profesional.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 12, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pentingnya Mempelajari Growth Mindset untuk Jadi Pribadi Tangguh cover

Dalam ilmu proses pengembangan diri, terdapat sebuah istilah growth mindset. Growth mindset adalah upaya atau usaha seseorang dalam meningkatkan kapasitas dirinya dengan harapan kemampuan dan pola pikirnya akan terus berkembang.

Nah, kira-kira apa yang dimaksud dengan growth mindset? Apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika menerapkan growth mindset? Berikut ini penjelasan lengkapnya, simak sampai akhir, ya!

Definisi Growth Mindset

Mengutip dari laman WGU Edu, growth mindset merupakan sebuah pola pikir yang beranggapan jika tantangan dan kegagalan dalam hidup bukanlah penghalang, melainkan sebagai batu loncatan agar mereka bisa terus bergerak, bertumbuh, dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi seiring waktu.

Orang yang memiliki growth mindset menilai jika kualitas dan kemampuan setiap orang pasti akan berkembang jika terus berusaha dan tekun.

Selain itu, orang dengan pemikiran growth mindset juga memiliki prinsip jika dirinya bisa semakin berkembang apabila bisa menyelesaikan masalah, menghadapi tantangan, mengevaluasi diri, dan terus memotivasi diri melalui kisah inspiratif dari orang lain yang lebih berpengalaman.

Konsep growth mindset ini awalnya dikenalkan oleh seorang psikolog dari Stanford University bernama Carol Dweck. Ia mempercayai jika kemampuan dan bakat seseorang dapat berkembang seiring waktu.

Pola pikir growth mindset sangat dibutuhkan oleh orang yang ingin terus berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Sebab, dengan menerapkan pola pikir ini, kamu jadi lebih terbuka dengan kritik dan bisa meningkatkan kualitas diri yang berdampak positif pada kehidupan personal maupun profesional.

Berkebalikan dengan growth mindset, fixed mindset merupakan pola pikir yang menganggap kepintaran, kesuksesan, atau kemampuan seseorang tidak bisa diraih dari usaha. Kebanyakan orang yang memiliki fixed mindset sering berpikir jika mereka tidak bisa belajar hal baru dan selalu berpikir mereka akan gagal.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset, Harus Tahu!

Manfaat Memiliki Growth Mindset

Mengapa sebaiknya memiliki growth mindset? Jika menerapkan pola pikir ini dapat memberikan banyak dampak positif dalam hidupmu. Yuk, ketahui apa saja manfaat jika kamu memiliki growth mindset.

  1. Semakin Percaya Diri

Manfaat menerapkan konsep growth mindset dalam diri sendiri adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, growth mindset ini mengajarkan kamu untuk menilai kemampuan diri secara realistis.

Apabila kamu merasa masih banyak kemampuan yang perlu ditingkatkan, prinsip growth mindset ini akan mendorong kamu untuk mengatasinya dengan mengembangkan diri sehingga kemampuanmu meningkat. Seiring dengan kemampuan yang meningkat, maka rasa percaya diri pun otomatis ikut bertambah.

  1. Melatih Ketahanan Diri

Salah satu kunci sukses adalah memiliki tingkat ketahanan diri (resilience) yang baik. Cara untuk mendapatkan ketahanan diri adalah dengan menerapkan growth mindset.

Orang yang menerapkan pola pikir growth mindset biasanya cenderung lebih tangguh ketika dihadapkan dengan tantangan dan masalah. Alih-alih melarikan diri dari masalah, mereka akan menghadapinya dan menganggap masalah sebagai sebuah peluang untuk belajar dan evaluasi.

  1. Suka pada Tantangan

Ciri khas orang yang sudah menerapkan pola pikir growth mindset adalah mereka cenderung menyukai tantangan. Melalui tantangan yang dihadapi, mereka dapat belajar dan semakin berkembang.

Tantangan tidak dianggap sebagai penghalang kesuksesan, melainkan sebagai momen untuk belajar, menambah pengalaman, serta memperkaya wawasan.

  1. Memicu Pemikiran Kreatif

Orang yang punya pola pikir growth mindset punya kecenderungan untuk berpikiran terbuka dan fleksibel. Jadi, mereka yang punya growth mindset selalu membuka kesempatan pada ide-ide baru yang unik.

Di samping itu, dengan pola pikir growth mindset, juga tidak berkutat hanya pada masalah. Dengan pemikiran kreatifnya, mereka akan mencari solusi dan memikirkan berbagai cara pendekatan untuk mengatasi suatu masalah.

  1. Tidak Anti Kritik

Mungkin tidak semua orang tahan terhadap kritikan yang diterima. Namun, jika seseorang sudah menerapkan growth mindset, mereka tidak akan mudah ‘baper’ saat menerima kritikan.

Justru kritikan tersebut dianggap sebagai masukan untuk evaluasi demi mengembangkan diri jadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan lebih berbesar hati untuk menerima kritikan dan saran, seseorang akan belajar mengatasi kekurangan dalam diri mereka.

  1. Tergerak untuk Terus Belajar

Konsep growth mindset menganggap jika kemampuan diri dapat ditingkatkan dengan usaha secara konsisten. Artinya, pola pikir ini mendorong kamu agar terus membuka kesempatan belajar tentang hal baru, lebih adaptif, dan berpikiran terbuka.

Jika kamu berhasil menerapkan pola pikir ini, kamu akan lebih ulet lagi dan tidak mudah goyah ketika berhadapan dengan suatu masalah.

Baca juga: Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya)

Tips Menerapkan Growth Mindset

Pola pikir growth mindset tidak bisa diterapkan dalam satu malam. Untuk mempraktekkannya butuh pembiasaan dan latihan. Lalu, kamu juga perlu memahami untuk belajar growth mindset diawali dengan perubahan dalam memandang suatu hal, misalnya tentang masalah, tantangan, kritik, dan usaha.

Nah, kalau kamu masih kesulitan menerapkan growth mindset dan ingin meningkatkan kapasitas diri dengan growth mindset, yuk ikuti tips-tips di bawah ini yang bisa membantu kamu belajar tentang growth mindset.

  1. Berdamai dengan Diri Sendiri

Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Oleh sebab itu, kamu harus paham jika dirimu pasti memiliki kekurangan. Meski begitu, kamu jangan berlarut-larut menyalahkan diri sendiri atau keadaan karena kekurangan tersebut.

Anggaplah kekurangan dalam dirimu sebagai motivasi untuk berubah menjadi pribadi yang baru. Terus perbaiki diri jadi lebih baik, sehingga kamu bisa berdamai dan akhirnya mencintai diri sendiri.

  1. Mencoba Mengubah Sudut Pandang

Tidak sedikit orang yang mudah terbawa perasaan ketika sedang diberi kritik atau tertimpa masalah. Jika kamu mengalaminya, kamu tidak perlu memikirkannya terlalu dalam.

Cobalah untuk mengubah sudut pandang dengan menganggap kritikan dan masalah tersebut sebagai kesempatan untuk belajar. Pahami jika di balik setiap masalah selalu ada hikmah yang bisa diambil dan dipelajari untuk bahan evaluasi.

  1. Menghargai Proses

Banyak orang menyalahkan diri sendiri karena tidak berhasil mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Apabila kamu pernah mengalami momen ini, selalu ingatkan dirimu bahwa setiap usaha tidak ada yang sia-sia terlepas dari hasil yang diraih.

Selalu hargai setiap proses yang kamu lalui. Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai usaha dan dirimu sendiri. Kamu pun akan lebih cepat bangkit dari keterpurukan dan kembali berusaha lagi.

  1. Belajar Menghadapi Tantangan

Tantangan ada bukan untuk dihindari melainkan untuk dihadapi. Jadikan tantangan sebagai kesempatan untuk belajar dan menambah pengalaman. Meski awalnya terasa kurang nyaman, tapi jika kamu sudah berhasil melalui momen ini kamu dapat mengambil pelajaran berharga.

Baca juga: Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya?

Itu dia penjelasan tentang konsep growth mindset yang penting untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami pola pikir growth mindset, kamu akan jadi pribadi yang lebih tangguh dan ulet.

Apabila kamu sedang menghadapi masalah terkait karir, kuliah, atau kehidupan personal, kamu bisa bercerita dengan profesional di #TalkToDIAN secara anonim.

Sumber:

Growth Mindset https://www.psychologytoday.com/us/basics/growth-mindset  (Diakses Januari 2024)

What Is A Growth Mindset? 8 Steps To Develop One.https://www.wgu.edu/blog/what-is-growth-mindset-8-steps-develop-one1904.html  (Diakses Januari 2024)



Related Tags

growth mindset
pengembangan diri

99

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.