Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Virtual Reality: Definisi, Jenis, dan 3 Fungsinya

Penjelasan tentang pengertian virtual reality hingga fungsinya bisa kamu dapatkan melalui artikel ini!

Posted: Monday, Feb 13, 2023

Share:

Virtual Reality: Definisi, Jenis, dan 3 Fungsinya cover

Perkembangan teknologi mungkin sudah kamu rasakan dampaknya hingga kamu sekarang bisa melihat beberapa aplikasi gaming yang menggunakan teknologi dalam permainannya, yaitu virtual reality.


Walaupun virtual reality identik dengan dunia gaming, namun sebenarnya teknologi tersebut memiliki cakupan yang luas, lho!


Ingin tahu penjelasannya? Kali ini MyEduSolve akan menjawab pertanyaanmu dengan memberikan informasi tentang definisi, kelebihan dan kekurangan, hingga fungsi dari virtual reality.


Oleh karena itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Virtual Reality

Menurut TechTarget, virtual reality adalah lingkungan 3D yang disimulasikan untuk user agar bisa menjelajahi serta berinteraksi dengan dunia virtual yang bisa dirasakan hampir nyata.


Untuk bisa mencicipi dunia virtual reality, tentunya user harus memiliki perangkat pendukung agar bisa merasakan dunia yang semu yang sebenarnya merupakan hasil dari simulasi komputer, namun terasa hampir nyata dan dinamis.


Hingga saat ini, perkembangan teknologi virtual reality semakin jauh dengan telah diwujudkan lingkungan virtual yang imersif dan bahkan memberikan keterlibatan sensasi sensoris yang realistis di sejumlah industri tertentu.


Baca juga: Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ?


Jenis Virtual Reality

Teknologi virtual reality memiliki tujuan teknologi yang berbeda di setiap industri, namun setidaknya ada 3 jenis umum yang biasa digunakan, seperti:


  1. Non-immersive

Jenis virtual reality yang satu ini mengacu kepada lingkungan 3D yang bisa digunakan melalui layar komputer.


User bisa mengendalikan lingkungan virtual hanya melalui keyboard, mouse, serta perangkat lain tetapi tidak bisa berinteraksi dengan user lain.


Contoh virtual reality pada jenis ini adalah video game.


  1. Semi-immersive

Jenis berikutnya bisa menawarkan user sebuah pengalaman virtual parsial melalui layar komputer, headset, serta jenis kacamata tertentu.


Pada jenis ini lebih difokuskan kepada aspek visual 3D dari virtual reality namun tidak memasukan elemen gerakan fisik.


Contohnya adalah simulator penerbangan untuk dipakai oleh pilot dan militer.


  1. Fully immersive

Jenis yang terakhir ini memungkinkan user untuk benar-benar terjun ke dalam dunia virtual 3D yang disimulasikan.


User dapat melihat, mendengarkan suara, sentuhan, dan bahkan mencium bau dari dunia virtual reality tersebut dengan memakai berbagai alat pendukung.


Teknologi dalam jenis fully immersive masih dalam masa pertumbuhan, akan tetapi di berbagai industri gaming dan kesehatan sudah menaruh minat pada teknologi ini.


Fungsi Virtual Reality

Menggunakan virtual reality tidak hanya sebatas untuk bermain game, tetapi beragam fungsi bisa kamu menikmatinya, yaitu:


  1. Menggelar rapat

Beberapa perusahaan teknologi atau startup sudah melakukan rapat dengan menggunakan virtual reality.


Hal ini memudahkan pekerja untuk melakukan rapat dimanapun dan kapanpun serta memiliki avatar yang bisa menampilkan raut muka individu.


  1. Menghemat pengeluaran perusahaan

Walaupun modal awal untuk membeli peralatan virtual reality itu mahal, namun untuk jangka panjang bisa menjadi investasi dan bahkan bisa menghemat biaya operasional perusahaan.


Perusahaan tidak perlu menyewa kantor untuk bekerja, sehingga pekerja bisa bekerja dari rumah dan melakukan meeting dengan teknologi virtual reality.


  1. Pelatihan untuk pekerjaan

Berbagai pekerjaan tertentu menggunakan teknologi virtual reality agar bisa melatih kemampuan para pekerja.


Misalkan, seorang dokter serta pilot perlu latihan simulasi pekerjaannya agar dapat merasakan melakukan pekerjaannya secara hampir nyata.


Baca juga: Inilah Pentingnya Memiliki Sertifikasi Unity di Indonesia Sebagai Game Developer


Demikian penjelasannya, MESFriend! Setelah membaca artikel ini, kamu ingin tahu cara membuat aplikasi virtual reality? Segera daftar dan ikut sertifikasi Unity Certified User dari MyEduSolve!


Mulai dari harga 1 Jutaan, kamu bisa belajar teknis pengembangan virtual reality hingga mendapatkan sertifikasi Unity Certified User yang telah diakui secara internasional, lho!


Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan skill kamu, yuk!

Related Tags

Virtual Reality

4,233

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.