Tips dan Trik di Dunia Komunikasi dalam Bisnis yang Penting Buat Kamu Memulai Karier

Cara meningkatkan skill komunikasi dalam bisnis secara baik bisa kamu temukan dengan membaca artikel ini!

Posted: Monday, Apr 10, 2023

Updated: Friday, Sep 22, 2023

Share:

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Graduate of psychology with an interest in planning, creating, and implementing content strategies.

Tips dan Trik di Dunia Komunikasi dalam Bisnis yang Penting Buat Kamu Memulai Karier cover

Meningkatkan skill komunikasi dalam bisnis agar menjadi lebih efektif adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pekerja.


Mengapa demikian? Melatih skill komunikasi yang baik adalah senjata utama dalam melakukan aktivitas seperti bekerja, sehingga kemampuan tersebut sangat dipakai dan krusial dalam berbagai bidang pekerjaan.


Maka dari itu, jika kamu seorang fresh graduate dan ingin mengetahui bagaimana caranya meningkatkan skill komunikasi, membaca 5 tips dan trik melalui artikel ini bisa membantumu untuk mengembangkan kemampuan tersebut.


Maka dari itu, simak penjelasan lengkap berikut ini, ya!


Baca juga: 4 Tipe Komunikasi yang Bisa Bantu Kamu Tingkatkan Karier


Apa Itu Skill Komunikasi

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai tips dan trik tentang skill komunikasi dalam bisnis, penting untuk mengetahui pengertian dari skill komunikasi itu tersendiri.


Menurut Indeed, skill komunikasi adalah sebuah kemampuan seseorang saat memberi dan menerima informasi.


Kamu bisa mengimplementasikan skill komunikasi seperti melalui mengkomunikasikan ide, mengemukakan perasaan, atau menjelaskan informasi terbaru tentang proyek yang sedang berjalan.


Skill komunikasi melibatkan keterampilan untuk mendengarkan, berbicara, mengamati, hingga berempati.


Selain itu, skill komunikasi juga bermanfaat untuk memahami perbedaan dalam cara berkomunikasi dengan interaksi tatap muka, percakapan telepon, serta komunikasi digital seperti melalui email atau media sosial.


5 Tips dan Trik Skill Komunikasi

Dengan kamu sekarang sudah mengetahui pengertian dari skill komunikasi itu tersendiri, selanjutnya mari ketahui apa saja tips dan trik skill komunikasi dalam bisnis, yaitu:


  1. Jadikan skill komunikasi sebagai prioritas

Agar kamu bisa melakukan skill komunikasi dalam bisnis dengan baik, kamu perlu tanamkan mindset bahwa kemampuan tersebut sangat penting untuk dilakukan.


Saat kamu memiliki mindset seperti itu, kamu akan terdorong untuk tidak malas melakukan pembicaraan serta mencari cara agar bisa melakukan komunikasi dalam bisnis dengan baik ke lawan bicara.


Untuk melakukannya, kamu bisa memulainya dengan melatih melakukan pembicaraan dengan rekan kerja melalui email atau dengan kerja sama melalui proyek kerja.


Alhasil, kamu akan terasah dalam melakukan komunikasi dalam bisnis.


  1. Belajar memperhatikan dan mendengar

Tips dan trik berikutnya adalah, usahakan belajar untuk memperhatikan dan mendengarkan lawan bicara agar skill komunikasi kamu bisa dilakukan dengan baik.


Biasakan untuk melihat lawan bicara saat berkomunikasi, karena perhatian yang kamu berikan saat memperhatikan dan mendengarkan nantinya bisa tersampaikan dengan baik oleh lawan bicaramu.


Saat mendengarkan lawan bicara bukan berarti kamu hanya diam saja, tapi tetap usahakan memahami apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara.


  1. Tidak mendikte

Salah satu aspek yang membuat skill komunikasi dalam bisnis semakin efektif adalah dengan tidak mendikter kepada bawahan tentang pekerjaan.


Walaupun kamu memiliki jabatan sebagai Senior, kamu tidak perlu menggurui perihal pekerjaan kepada rekan kerja atau bawahan kamu.


Kamu bisa menggunakan bahasa yang sederhana serta bisa dimengerti oleh kedua belah pihak, sehingga informasi yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara.


  1. Meminta dan memberi feedback

Meminta dan memberi feedback adalah salah satu cara agar bisa meningkatkan skill komunikasi dalam bisnis.


Dengan melakukan hal tersebut, kamu dan rekan kerja dapat berkolaborasi serta belajar satu sama lain agar bisa mengembangkan kemampuan komunikasinya secara efektif dan efisien.


Kamu bisa melakukannya dengan memberikan feedback melalui catatan kecil, survei, hingga diskusi secara langsung.


Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja


  1. Mengatasi konflik secara diplomatis

Pastinya dalam bekerja kamu akan dipertemukan dengan perbedaan pendapat dengan rekan kerja lain.


Dengan kamu memiliki skill komunikasi dalam bisnis yang baik, kamu akan mengetahui bagaimana menangani konflik secara diplomatis.


Kamu bisa menyampaikan ketidaksetujuan dalam komunikasi bisnis dengan cara yang sopan agar tidak merusak hubungan kerja dengan orang lain.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Kamu bisa makin meningkatkan skill komunikasi dalam bisnis dengan mengikuti ujian sertifikasi Communication Skills for Business  di MyEduSolve!


Melalui mulai dari 1 Jutaan saja, kamu bisa mendapatkan sertifikasi yang direkomendasikan langsung oleh Pearson VUE, lho! 


Bagaimana cara mendapatkan sertifikat Communication Skills for Business? Kamu bisa mendapatkannya melalui program sertifikasi di SINI, ya!



Referensi:

  1. Communication Skills: Definitions and Examples

  2. EFFECTIVE BUSINESS COMMUNICATION: 8 STEPS TO A BETTER CONVERSATION

  3. 7 Tips to Improve Your Business Communication Skills

Related Tags

Skill Komunikasi

566

No Available Bundling Promo

Relevant Certifications

Recommended Articles

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel cover

Posted: a year ago

9 Min Read

myedusolve

3 Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator cover

Posted: a year ago

4 Min Read

Kenanga Admin

Bahasa Pemrograman Swift: Pengertian, Cara Belajar, dan Fungsinya cover

Posted: a year ago

7 Min Read

myedusolve

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.