Informasi yang Wajib Ada dalam CV Menarik Fresh Graduate

Membuat CV menarik fresh graduate tidaklah sulit. Kamu cukup menambahkan informasi penting untuk membuat CV menarik. Simak infonya di artikel ini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Informasi yang Wajib Ada dalam CV Menarik Fresh Graduate cover

Tantangan terbesar bagi mahasiswa yang baru menyandang gelar sarjana adalah membuat Curriculum Vitae (CV) menarik fresh graduate. Masih banyak yang beranggapan bahwa CV yang menarik terlihat dari desain grafis yang digunakan. Poin penting yang membuat CV menarik adalah informasi yang kamu berikan di dalamnya, jadi tidak melulu memperhatikan aspek desain.


CV yang menarik bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian, selama kamu juga memberikan informasi yang relevan. Namun, ada juga batasan dalam memberikan informasi mengenai diri sendiri agar recruiter tetap nyaman membaca CV-mu. Ingin tahu cara membuat CV yang menarik dan diterima oleh recruiter? Simak penjelasannya di artikel MyEduSolve ini.

5 Informasi Wajib dalam CV Menarik Fresh Graduate

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen penting yang harus kamu miliki saat melamar kerja. Apapun kualifikasi lulusan yang kamu miliki, penting sekali untuk membuat CV yang menarik dan bisa membantu kamu dalam proses mencari kerja.


Baca Juga: Skill yang Harus Ada di CV untuk Peluang Karier yang Lebih Baik

Saat membuat CV, kamu harus ingat bahwa tujuanmu adalah untuk membantu recruiter lebih mengenal dirimu. Apalagi di zaman yang serba digital ini, kamu dihadapkan pada opsi mengirim CV lewat e-mail atau media sosial seperti LinkedIn. Meskipun kamu belum bertemu recruiter-nya secara langsung, setidaknya beliau memiliki sekilas gambaran mengenai dirimu.


Masih banyak yang beranggapan bahwa CV yang menarik ditandai dengan desain yang cantik di dalamnya. Tidak salah memang, karena orang pun mempersepsikan kata menarik berdasarkan keindahan visual yang dilihat. Jadi, ada fresh graduate yang berlomba-lomba untuk memiliki desain CV yang menarik demi mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.


CV yang menarik sejatinya terlihat dari informasi yang disampaikan di dalamnya. Kamu yang tidak memiliki skill desain tidak perlu risau, karena recruiter pun lebih memperhatikan informasi di dalam CV tersebut. Jika kamu adalah seorang fresh graduate yang bingung mau memasukkan informasi dalam CV-mu, bacalah uraian lengkap dari MyEduSolve ini.

1. Nama dan Informasi Kontak

Informasi pertama yang wajib ada dalam CV adalah nama dan informasi kontak. Informasi kontak tidak perlu disertai dengan media sosial, cukup alamat e-mail dan nomor WhatsApp atau SMS. Jika punya portofolio, kamu bisa menyertakannya di bagian ini.

2. Pencapaian

Pencapaian atau achievement adalah informasi menarik yang bisa menaikkan nilai jual CV kamu di mata recruiter. Jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, lebih baik tuliskan pencapaian yang didapatkan dibandingkan rincian pengalaman bekerja. Recruiter akan melihat bahwa kamu adalah orang yang memiliki etos kerja baik disertai pengalaman yang mumpuni.


Tidak hanya pekerjaan, pencapaian juga bisa dimasukkan dalam rincian riwayat pendidikan. Misalnya, kamu pernah menjuarai lomba debat selama kuliah, masukkan pencapaian tersebut dalam riwayat pendidikanmu. Namun, pilih juga pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar, ya.

3. Pengalaman Magang atau Sukarelawan

Pilihan ini bisa kamu masukkan jika kamu pernah ikut magang atau jadi sukarelawan di sebuah acara. Meski tidak terlalu relevan dengan bidang yang dilamar, setidaknya recruiter bisa mendapatkan gambaran dirimu saat bekerja nantinya. Kamu juga pasti mendapatkan soft skill dari dua jenis pengalaman tersebut, sehingga pengalaman ini bisa dijadikan nilai jual dalam CV-mu.

4. Keterampilan (Skill)

Informasi yang paling menarik adalah menambahkan skill atau keterampilan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki sertifikasi yang menunjukkan keahlian tersebut, tuliskan saja dalam kolom skill tersebut. 


Baca Juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Ingat, skill yang dimasukkan harus relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Cara mencari tahunya pun sederhana, cukup dengan membaca job description atau kualifikasi yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut.

5. Ringkasan CV

CV yang menarik juga dilengkapi dengan ringkasan atau penjelasan singkat mengenai diri sendiri. Ringkasan tidak perlu panjang, maksimal dua kalimat dan mampu menjelaskan dirimu sendiri secara singkat. Jelaskan mengenai kualifikasi yang kamu punya secara singkat tapi relevan dengan lowongan yang tersedia.


Ringkasan juga bisa berupa tujuan yang ingin kamu capai dalam jangka pendek, terutama saat kamu ingin melamar pekerjaan tersebut. Akan lebih bagus jika kamu juga menyertai pengalaman atau skill yang relevan untuk mencapainya.


Selain membuat CV, kamu juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi interview untuk mendapatkan pekerjaan. Gunakan layanan Talk To Dian kalau kamu ingin curhat mengenai persiapan CV dan interview kerja. Career consultant kami akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian walaupun masih seorang fresh graduate.


Informasi sesederhana riwayat pendidikan atau magang bisa kamu poles dengan menambahkan pencapaian yang kamu terima. Begitu pun skill, kamu bisa melengkapinya dengan sertifikasi yang pernah diikuti. CV menarik fresh graduate akan lebih dilirik recruiter jika kamu memberikan poin istimewa dalam pengalamanmu.

Article Tag:

cv menarik fresh graduateinformasi di dalam cvcara membuat cv

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Informasi yang Wajib Ada dalam CV Menarik Fresh Graduate

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

cv menarik fresh graduateinformasi di dalam cvcara membuat cv

Category:

Pencarian Kerja

Share:

1,191

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.