Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tertarik Untuk Memulai Profesi Sebagai IT Specialist? Cari Tahu Dulu Skill yang Wajib Kamu Miliki!

Kamu tertarik bekerja sebagai profesional di bidang IT? Mari ketahui apa itu IT Specialist dan skill yang wajib kamu miliki!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Sunday, Apr 09, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Tertarik Untuk Memulai Profesi Sebagai IT Specialist? Cari Tahu Dulu Skill yang Wajib Kamu Miliki! cover

Perkembangan teknologi membuat permintaan akan kemampuan di bidang IT semakin meningkat.

Selain karena perkembangan teknologi, semenjak pandemi Covid-19 membuat pekerjaan IT banyak diminati karena peluang untuk bekerja secara work from home atau remote.

Sehingga, banyak perusahaan saat ini mulai mengembangkan bisnis melalui aspek teknologi agar bisa tetap bersaing serta relevan di industri kerja.

Maka dari itu, jika kamu memiliki minat untuk bekerja di bidang IT, kamu perlu menguasai 5 skill berikut ini supaya bisa tercapai mimpi kamu.

Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Apa Itu IT Specialist

Sebelum kita membahas mengenai skill apa saja yang perlu kamu kuasai di bidang IT, kamu perlu memahami terlebih dahulu definisi dari IT Specialist itu sendiri.

Menurut Indeed, IT Specialist adalah seorang pakar di bidang teknologi informasi yang bertugas untuk membangun, memelihara, hingga memperbaiki komputer dan jaringan digital.

Sebagai seorang IT Specialist, kamu akan bertanggung jawab untuk menginstal dan mengawasi jaringan digital, database, software, hingga hardware milik klien atau perusahaan kamu agar semua berjalan lancar dan bebas ancaman.

Selain itu, IT Specialist juga akan menguji berbagai device, software, pemecahan masalah di bidang IT, hingga membuat rekomendasi kepada klien atau perusahaan agar sistem IT-nya bisa lebih sempurna.


Baca juga: Harus Tahu! Berikut 3 Manfaat Sertifikasi IT Specialist

Skill yang Wajib Kamu Miliki

Kamu sekarang sudah mengetahui pengertian dari IT Specialist, sekarang saatnya kamu memahami skill apa saja yang harus kamu miliki agar bisa menjadi seorang profesional di bidang IT.

Berikut adalah skill-nya:


  1. Cyber security

Cyber security adalah skill pertama yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi seorang IT Specialist.

Perusahaan menggunakan teknologi sampai batas tertentu, karena informasi yang dimiliki oleh perusahaan rentan mengalami kebocoran hingga serangan siber.

Maka dari itu, memiliki kemampuan cyber security hadir untuk mengumpulkan informasi pelanggan serta pengguna agar jaringan tetap aman dari serangan siber.

Memiliki kemampuan ini sangat dicari oleh berbagai perusahaan karena menjaga informasi dan sistem perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga, maka dari itu dengan mempelajari dari sekarang peluang untuk bekerja dengan gaji yang lebih baik jadi lebih besar.


  1. Data Science dan Data Analytics

Data Science adalah sebuah kemampuan untuk mengambil informasi dan wawasan dari data menggunakan berbagai tools, algoritma, dan pembelajaran mesin.

Skill ini sangat berguna oleh perusahaan karena bisa menentukan strategi bisnis melalui pengumpulan, menyimpan, menganalisis, hingga menginterpretasikan data kepada klien atau perusahaan.

Oleh karena itu, skill ini bisa kamu terapkan di lini bidang pekerjaan seperti keuangan, penjualan, marketing, manajemen operasional, hingga HR.


  1. Cloud computing

Perkembangan teknologi memberikan peluang untuk memanfaatkan kemampuan cloud bagi bisnis.

Seseorang yang memiliki kemampuan cloud ini memiliki tanggung jawab untuk merancang, merencanakan, mengelola, hingga memelihara penggunaan cloud computing.

Alhasil, bekerja di bidang IT ini merupakan momen yang tepat karena dispekulasikan permintaan akan kemampuan di cloud computing akan semakin meningkat kedepannya.


  1. Artificial intelligence

Selanjutnya, artificial intelligence adalah sebuah program yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan ucapan dan gambar, klasifikasi gambar, hingga pengenalan wajah.

Artificial intelligence dapat membantu pekerjaan manusia karena program yang dirancang dapat mengerjakan tugas lebih cepat dan akurat dibanding manusia.

Dengan demikian, memiliki kemampuan artificial intelligence sangat dibutuhkan di industri kerja manapun saat ini.


Baca juga: 5 Manfaat Artificial Intelligence dalam Aktivitas Manusia


  1. Software development

Terakhir, memiliki keterampilan software development sangat berguna untuk merancang, memasang, hingga memelihara sistem yang sesuai untuk website dan handphone.

Seorang Developer bertanggung jawab supaya bisa membangun aplikasi handphone serta membantu perusahaan proses bisnis seperti sistem back-end.

Dengan banyak perusahaan yang beralih ke bidang digital, maka tidak heran permintaan untuk memiliki kemampuan software development semakin lebih tinggi.

Cara Mendapatkan Sertifikasi IT Specialist

Semakin tertarik untuk menjadi seorang IT Specialist? Kamu bisa mencapainya melalui ikut ujian sertifikasi di MyEduSolve, lho!

Mendapatkan sertifikasi Certiport IT Specialist dari MyEduSolve dapat memberikan keuntungan dengan bisa menambahkan platform tambahan, sehingga membantu kamu untuk lulus ujian sertifikasi.


Apa saja platform tambahannya? Berikut adalah platform-nya:

  1. Belajar semakin mudah dan interaktif dengan adanya video pembelajaran, Memory Game, hingga Post Assessment yang kamu bisa nikmati melalui platform LearnKey

  2. Lakukan Training Mode untuk latihan soal serta Testing Mode untuk simulasi ujian melalui platform CertPREP, sehingga bisa memudahkanmu saat mengambil ujian sertifikasi

  3. Kamu bisa dapat kesempatan kedua jika gagal pada ujian pertama dengan mengambil Retake voucher


Seluruh materi pembelajaran dan latihan soal disusun secara akurat melalui platform tersebut, sehingga bisa memudahkan kamu untuk sukses dalam mengambil ujian sertifikasi IT Specialist!

Jadi tunggu apa lagi, MESFriend? Segera validasi kemampuan kamu dengan mengambil sertifikasi IT Specialist hanya di MyEduSolve!


Articles Info

author:MyEduSolve Update
MyEduSolve Update

Tertarik Untuk Memulai Profesi Sebagai IT Specialist? Cari Tahu Dulu Skill yang Wajib Kamu Miliki!

Posted: Sunday, Apr 09, 2023

Updated: Monday, Apr 22, 2024

Related Tags

IT Specialist

3,888

Recommended Articles

Relevant Certifications

IT Specialist: Cybersecurity Certification

Rp 0

IT Specialist: Artificial Intelligence Certification

Rp 0

IT Specialist: Software Development Certification

Rp 0