Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Manfaat Artificial Intelligence dalam Aktivitas Manusia

Mari ketahui apa saja fungsi artificial intelligence yang bisa dilakukan dalam kehidupan manusia!

Posted: Tuesday, Mar 28, 2023

Share:

5 Manfaat Artificial Intelligence dalam Aktivitas Manusia cover

Buat kamu yang sering menonton film science fiction, pastinya istilah artificial intelligence sudah tidak asing buat kamu.


Dalam film, artificial intelligence identik dengan penggambaran robot yang terkadang memiliki konteks negatif pada kehidupan manusia.


Namun, pada kenyataannya artificial intelligence memiliki segudang manfaat yang bisa manusia rasakan dalam kehidupan sehari-hari.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan memberikan penjelasan kepadamu 5 manfaat artificial intelligence yang bisa kamu rasakan dalam beraktivitas sehari-hari.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Artificial Intelligence

Sebelum masuk ke pembahasan tentang berbagai manfaat artificial intelligence, kamu perlu mengetahui arti artificial intelligence tersendiri.


Investopedia menjelaskan bahwa artificial intelligence adalah sebuah proses simulasi kecerdasan manusia yang dibuat oleh mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia serta meniru tindakannya juga.


Selain itu, artificial intelligence juga bisa diterapkan pada mesin yang memiliki ciri-ciri yang terkait manusia, seperti cara memahami pembelajaran dan pemecahan pada suatu masalah.


Hingga saat ini, banyak peneliti berhasil mengembangkan artificial intelligence ke tingkat lanjut dengan menirukan cara pembelajaran, penalaran, hingga persepsi manusia secara cepat dan akurat.


Dengan kata lain, perkembangan ini tentunya bertujuan untuk menirukan aktivitas kognitif manusia yang dapat membantu manusia dalam aktivitas sosial hingga pekerjaannya.


Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan


Manfaat Artificial Intelligence

Pada umumnya, artificial intelligence tidak terbatas pada robot saja, melainkan mesin seperti software hingga program yang ada di dalam produk elektronik juga.


Penggunaan artificial intelligence bisa dilakukan contohnya pada virtual assistant di handphone, sistem keamanan, bahkan juga sistem di aplikasi tertentu.


Untuk itu, mari ketahui apa saja manfaat artificial intelligence!


  1. Menghemat waktu

Keberadaan artificial intelligence sangat membantu dalam pengerjaan pekerjaan manusia yang bisa diselesaikan dengan cepat serta efisien.


Contohnya, menggunakan artificial intelligence dapat membantu kamu dalam mengekstrak data dalam jumlah yang banyak dan perlu dianalisis secara cepat dengan hasil yang tepat.


Selain itu, artificial intelligence dapat membantu kamu dalam manajemen tugas kepada tim lapangan dalam jumlah yang banyak. Jika kamu bekerja di bidang kesehatan, artificial intelligence memiliki fungsi untuk membantu kamu menemukan data pasien dalam hitungan detik, sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.


  1. Meningkatkan produktivitas

Selain menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan, kamu juga bisa meningkatkan produktivitas kamu untuk bisa melakukan pekerjaan yang lain.


Dengan menggunakan artificial intelligence, pekerjaan lain bisa diselesaikan dengan waktu bersamaan tanpa harus menunggu hari berikutnya.


  1. Meminimalisir kesalahan manusia

Menggunakan artificial intelligence dapat membantu meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan kamu.


Contohnya, jika kamu bekerja sebagai Copywriter atau Content Writer, kamu bisa menggunakan fitur Spelling and Grammar Check untuk mengecek kalimat bahasa yang salah atau kurang tepat.


Selain itu, di bidang otomotif misalnya sekarang sudah ada mobil tanpa awak sehingga kendaraan bisa berjalan tanpa harus dikemudikan oleh manusia, dengan memiliki fitur seperti sensor keamanan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kecelakaan.


  1. Otomatisasi tugas berulang

Kamu pastinya akan cepat merasa bosan jika disuruh melakukan tugas yang berulang-ulang.


Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan artificial intelligence, seperti misalnya menggunakan fitur filter spam pada email kamu untuk menghapus surat yang tidak penting secara otomatis.


Baca juga: Mari Pahami Apa Itu Cloud Computing, Teknologi Mutakhir Terkini


  1. Meningkatkan taraf hidup manusia

Artificial intelligence turut andil dalam meningkatkan taraf hidup manusia.


Di bidang kesehatan, menggunakan artificial intelligence bisa membantu seperti penggunaan alat-alat medis yang bisa mempercepat menemukan penyakit dari pasien sehingga bisa memperbesar peluang kesembuhan.


Selain itu, artificial intelligence juga berperan penting dalam menyediakan alat bantu bagi penyandang disabilitas, seperti orang tuli yang sekarang bisa kembali mendengar berkat alat pendengaran.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Artificial intelligence ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh manusia, maka dari itu apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya?


Jika iya, segera daftar dan belajar artificial intelligence melalui MyEduSolve!


Mulai dari harga 1 Jutaan, kamu bisa belajar teknis dasar artificial intelligence hingga mendapatkan sertifikat IT Specialist: Artificial Intelligence yang telah diakui secara internasional, lho!


Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan kemampuan artificial intelligence kamu, yuk!

Related Tags

Artificial Intelligence

6,837

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.