Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Strategi Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan Diri supaya Lolos Interview Kerja

Menjawab pertanyaan kelebihan atau kekurangan diri sendiri saat interview pekerjaan memang bisa cukup menyulitkan. Simak strategi yang bisa kamu terapkan dalam menjawab pertanyaan tersebut di artikel inI!

Posted: Friday, Aug 11, 2023

Share:

Strategi Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan Diri supaya Lolos Interview Kerja cover

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan tim recruiter saat mewawancarai pelamar adalah mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Pertanyaan ini sering menjadi momok menyeramkan bagi para pelamar, terutama untuk fresh graduate

Sebab, jika sampai salah menjawab, dapat menghilangkan kesempatan diterima kerja. Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini? MyEduSolve sudah merangkumkan contoh kelebihan dan kekurangan diri yang bisa kamu pelajari sebelum sesi wawancara. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Alasan Tim Recruiter Menanyakan Kelebihan dan Kekurangan Diri

Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri jadi salah satu pertanyaan yang selalu muncul saat interview. Memang apa alasan tim recruiter menanyakan kelebihan dan kekurangan diri calon kandidat?

Tim recruiter tentu saja harus tahu latar belakang pelamar sebelum memintanya bergabung ke perusahaan. Dengan menanyakan kelebihan dan kekurangan diri pelamar, bisa membantu tim recruiter dalam memahami kepribadian dan pola bekerja seorang kandidat.

Jika menilik perspektif tim recruiter, mereka melontarkan pertanyaan ini untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kualitas dan kompetensi yang diinginkan perusahaan.

Tim recruiter mempertimbangkan apakah seorang kandidat dapat memanfaatkan kelebihannya untuk menjalankan tanggung jawab sesuai job desc yang diberikan perusahaan.

Baca juga: Job Hopping: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ketika pewawancara menanyakan kelebihan dan kekurangan, sebetulnya mereka sedang menilai beberapa aspek dari seorang pelamar.

  • Pewawancara ingin tahu sejauh mana pelamar dapat mengenal dan menilai diri sendiri.

  • Pewawancara ingin mengetahui karakter positif dari pelamar dan cara mereka berkontribusi di lingkungan kerja dengan memanfaatkan kelebihannya.

  • Pewawancara ingin tahu sejauh mana pelamar mengetahui kekurangan yang dimiliki dan cara untuk mengatasinya.

  • Pewawancara ingin tahu seperti apa skill dan sifat pelamar untuk mengimbangi staf perusahaan yang sudah ada, sehingga tercipta lingkungan kerja yang sehat dan produktif.

  • Pewawancara ingin melihat cara pelamar dalam mengatasi masalah dan tekanan berdasarkan reaksi pelamar ketika mendapatkan pertanyaan yang sulit.

Strategi dalam Menjawab Pertanyaan Kelebihan Diri

Mungkin bagi fresh graduate, mereka akan sangat berhati-hati dalam menjawab pertanyaan ini, sehingga seluruh potensi yang dimiliki tidak tersampaikan secara maksimal pada tim recruiter.

Sebaiknya membutuhkan strategi dalam menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri untuk bisa memberikan kesan positif di mata tim recruiter.

Jika kamu hendak menjawab pertanyaan seputar kelebihan diri sendiri, jawablah dengan percaya diri dan jangan ragu-ragu untuk ‘pamer’. Sebab, sesi wawancara merupakan kesempatan yang tepat untuk menunjukkan keterampilan dan kualitas yang kamu punya. Yakinkan tim recruiter jika kelebihan yang kamu punya sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Tapi yang perlu diingat saat menjawab pertanyaan ini adalah jawablah dengan jujur, relevan dengan posisi yang dilamar, jawab dengan percaya diri tapi tetap rendah hati, dan sebutkan kelebihan-kelebihan yang sekiranya dapat memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Kelebihan-kelebihan yang umumnya dicari perusahaan meliputi: kemampuan leadership, wirausaha, memperhatikan detil/teliti, bisa bekerja sama dalam tim, kreatif, empati, semangat belajar hal baru, mampu problem solving, fleksibel, tahan terhadap tekanan, jujur, berdedikasi tinggi pada perusahaan, optimis, dan memiliki keterampilan praktis yang berkaitan dengan posisi pekerjaan.  

Misalnya kamu bisa bekerja sama dalam tim, memiliki kemampuan analitis yang baik, pandai menulis, berempati, punya kemampuan problem solving yang baik, punya rasa penasaran yang tinggi, dan selalu ingin belajar hal baru.

Kemudian, ceritakan pengalamanmu dalam mengaplikasikan kelebihanmu tersebut di lingkungan kerja atau organisasi. Penjelasan tersebut akan memberikan tim recruiter sebuah gambaran tentang dirimu secara terukur.

Berikut ini contoh cara menjawab pertanyaan mengenai kelebihan diri sendiri:

Apa saja kelebihan diri Anda?

Saya pandai dalam menulis, karena saya pernah mengikuti pelatihan penulisan ilmiah saat SMA sampai saya kuliah. Dari pelatihan tersebut saya belajar banyak hal tentang kepenulisan, dan saya menantang diri saya untuk ikut berbagai lomba penulisan ilmiah. Saya berhasil mendapat juara tiga pada lomba karya tulis ilmiah antar universitas se-Jawa Barat dan mendapat juara harapan dua di lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

Strategi dalam Menjawab Pertanyaan Kekurangan Diri

Semua orang memiliki kekurangan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Namun, tugasmu adalah mengetahui kekurangan dalam dirimu dan mencari solusi atas kekurangan itu.

Esensi dari pertanyaan kekurangan diri yang diajukan tim recruiter adalah kemampuanmu dalam self-awareness atau memahami diri sendiri.

Pada saat kamu diberi pertanyaan mengenai kekuranganmu, jawablah salah satu kekurangan yang memungkinkanmu untuk menceritakan proses pengembangan diri menjadi individu yang lebih baik.

Biasanya, tim recruiter akan menanyakan kekurangan diri pelamar dengan variasi pertanyaan di bawah ini.

  • Apa saja kekuranganmu dan hal apa saja yang sudah kamu lakukan untuk mengatasinya?

  • Apakah usahamu dalam memperbaiki kekurangan sudah memberikan hasil yang positif pada dirimu dan juga sekitarmu?

  • Apa saja kekurangan terbesarmu berdasarkan pendapat teman atau manajer di kantor sebelumnya?

  • Jika kamu bisa mengubah satu hal dalam dirimu, apa yang ingin kamu ubah?

  • Bagaimana caramu memperbaiki kesalahan?

  • Dari segi karir, apa yang ingin kamu tingkatkan pada dirimu?

Kemudian, kamu bisa menjawabnya dengan kelemahan-kelemahan yang paling sering disebut dalam sesi wawancara kerja, yaitu: insecure, kurang teliti, terlalu sering mengkritik diri sendiri, kurang teratur, terlalu lama dalam mengambil keputusan, menghindari risiko, kurang nyaman melakukan public speaking, pemalu, tidak nyaman jika harus mendelegasikan tugas, perfeksionis, emosional, kompetitif, impulsif, dan masih kurang cakap dalam keahlian praktis yang dibutuhkan dalam jabatan pekerjaan.

Baca juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Berikut ini contoh cara menjawab pertanyaan kekurangan diri sendiri:

Sebutkan kekurangan Anda dan bagaimana cara Anda dalam mengatasi kekurangan tersebut?

Kekurangan saya adalah mempunyai sifat pemalu. Sejak kecil saya pemalu dan sering gugup ketika berbicara di depan banyak orang. Tapi, pelan-pelan saya berhasil mengurangi kekurangan saya tersebut setelah saya diberikan tanggung jawab menjadi pemimpin tim lomba debat waktu SMA. 

Pada waktu itu saya hampir menyerah karena selalu merasa gugup dan tidak percaya diri, tapi saya sadar jika saya ingin berkembang maka saya harus menghadapi ketakutan saya. Akhirnya saya tetap menjalankan tanggung jawab tersebut sampai hari H perlombaan. Meskipun, tim saya gagal mendapatkan kejuaraan, tapi dari pengalaman tersebut saya belajar menjadi pemimpin, berani berbicara di depan banyak orang, dan meningkatkan percaya diri.

Itu dia rangkuman mengenai contoh kelebihan dan kekurangan diri yang bisa kamu pelajari untuk persiapan sebelum mengikuti interview. Bila kamu sedang mengalami kekhawatiran soal karir, kamu bisa mencurahkan apa yang ingin kamu rasakan di #TalkToDIAN dari MyEduSolve!

Sumber:

https://www.coursera.org/articles/strengths-and-weaknesses-interview

https://novoresume.com/career-blog/what-are-your-strengths-and-weaknesses-interview-questions

https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/interview-question-what-are-your-strengths-and-weaknesses

Related Tags

Pencarian kerja

2,925

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.