Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Sertifikasi IT Paling Bernilai Untuk Antarkan Kamu Menuju Karier Impian di Bidang IT

Temukan 9 rekomendasi program sertifikasi bidang IT yang berkualitas. Program ini adalah bekal penting untuk membangun karier dalam bidang keamanan jaringan, data, dan pengembangan perangkat lunak!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jan 24, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Sertifikasi IT Paling Bernilai Untuk Antarkan Kamu Menuju Karier Impian di Bidang IT cover

Bekerja di bidang IT saat ini sudah menjadi impian banyak orang, karena prospek karirnya yang terjamin dan sedang dibutuhkan banyak perusahaan.

Jika kamu berkeinginan mengejar karir sebagai ahli IT profesional, sangat disarankan untuk mengikuti sertifikasi untuk meningkatkan value dan peluang kamu supaya mampu bersaing di dunia kerja yang makin alot. 

Yuk, ketahui apa saja rekomendasi sertifikasi bidang informatika yang bisa dipelajari. Simak artikel berikut ini, ya!

Apakah Perlu Mengikuti Kursus Sertifikasi IT?

Apa itu sertifikasi keahlian di bidang IT? Sertifikasi keahlian IT merupakan sebuah program yang efektif untuk mempercepat peningkatan karir secara profesional di bidang informatika. Sertifikasi IT ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk belajar dan mempraktekkan kemampuan mereka di bidang IT.

Kalau kamu rajin ikut serta ke program-program kursus sertifikasi di bidang informatika, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya seperti peningkatan performa kerja dan menambah daya ‘jual’ kamu di industri kerja yang ketat.

Di samping itu, sertifikasi kursus yang kamu dapatkan bisa dicantumkan di akun linkedin. Biasanya cara ini bisa jadi trik menarik recruiter untuk mengundangmu ke wawancara kerja.

Terakhir, keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika rajin belajar dan bergabung di kursus sertifikasi adalah peluang kenaikan gaji semakin besar. Berdasarkan situs Coursera, seorang profesional IT berpeluang mendapatkan peningkatan gaji hingga 13.000 dollar setelah menyelesaikan program sertifikasi baru.

Baca juga: Validasikan Kemampuanmu Dengan Ambil Sertifikasi di MyEduSolve

Rekomendasi Sertifikasi di Bidang Informatika

Berikut ini adalah deretan rekomendasi sertifikasi di bidang informatika yang patut dicoba untuk meningkatkan karirmu ke depan. Yuk, simak!

  1. CompTIA A+

CompTIA A+ merupakan salah satu program sertifikasi yang tepat jika kamu ingin masuk ke pengenalan bidang informatika secara luas di tingkat pemula.

Jika kamu berhasil menyelesaikan program ini, maka kamu sudah memenuhi syarat untuk memecahkan masalah dasar dalam jaringan, sistem operasi, keamanan, cloud computing, dan masih banyak lagi. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan mempelajari bidang yang ingin kamu fokuskan.

  1. Cisco Certified Support Technician (CCST)

Sertifikasi CCST adalah program sertifikasi di level asosiasi. Program sertifikasi ini akan mempelajari dasar-dasar permasalahan di jaringan IT. Contohnya akses jaringan, konektivitas IP, dan layanan IP.

CCST akan menguji peserta secara eksklusif dengan praktek langsung memakai produk-produk dan alat Cisco. Program sertifikasi CCNA ini cukup populer di kalangan profesional jaringan karena Cisco memang berfokus menggeluti industri jaringan internet.  

Baca juga: Pahami Perbedaan Sertifikasi dan Sertifikat

  1. CompTIA Security+

CompTIA Security+ adalah program kursus untuk mendalami keterampilan mengenai dasar-dasar keamanan jaringan, misalnya enkripsi, keamanan fisik, dan keamanan nirkabel. Program sertifikasi ini cukup disarankan karena ahli IT di bidang cyber security dicari banyak perusahaan.

Apabila kamu berniat mengambil program sertifikasi keamanan tingkat lanjut, kamu bisa seperti CISA (Certified Information System Auditor) atau CISSP (Certified Information Systems Security Professional).

  1. Microsoft Certified Fundamentals 

Microsoft Certified Fundamentals bisa menjadi program sertifikasi untuk kamu yang ingin mempelajari keterampilan teknologi di level pemula menggunakan produk-produk keluaran Microsoft.

Mengikuti program Microsoft Fundamentals ini cukup menguntungkan. Sebab, banyak perusahaan berinvestasi dengan teknologi Microsoft. Oleh karena itu, ahli IT yang memiliki keahlian berlisensi dari Microsoft akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan.

Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Sertifikasi Adobe yang Diakui Secara Global

  1. Amazon Web Service

Kalau kamu ingin mempelajari teknologi cloud computing lebih spesifik, kamu bisa mengikuti program sertifikasi dari Amazon Web Service (AWS) yang menjadi platform cloud terpopuler dan paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Jadi, tidak ada salahnya menjadikan sertifikasi AWS sebagai opsi karena dapat memberikan kamu nilai lebih. Untuk pemula, disarankan mengikuti sertifikasi AWS Cloud Practitioner. Program tersebut akan mengajarkan peserta yang baru memulai karir di bidang IT tentang pengetahuan dasar AWS.

  1. Google Cloud Digital Leader

Cloud Digital Leader adalah program sertifikasi di tingkat pemula untuk mempelajari teknologi cloud computing dari Google. Lalu, jika ingin meneruskan ke level lanjutan, Google juga membuka program bernama Google Associate Cloud Engineer. Kedua program ini cukup direkomendasikan agar kamu memiliki pemahaman yang kuat dan menguasai teknis Google Cloud.

  1. Certified Associate Project Management

CAPM atau Certified Associate Project Management adalah program sertifikasi level beginner yang dirancang untuk kamu yang ingin meniti karir sebagai project manager. Walaupun tidak berfokus di bidang IT, tetapi banyak orang-orang IT yang mencari sertifikasi project manager untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola proyek.

  1. IT Specialist Network Security Certification

Program sertifikasi IT Specialist Network Security Certification adalah program di bidang IT dari MyEduSolve yang dibuat untuk kamu yang ingin mengembangkan karir di bidang IT namun masih fresh graduate atau berada di entry level.

Melalui program ini, kamu akan diajarkan pemahaman dasar tentang keamanan jaringan. Misalnya prinsip-prinsip keamanan sistem operasi, sistem keamanan jaringan dan perangkat, serta praktek komputasi yang aman.

  1. IT Specialist Cybersecurity

Terakhir, program sertifikasi IT Specialist Cybersecurity dari MyEduSolve bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin meningkatkan kemahiran IT terutama di bidang cyber security.

Program sertifikasi ini cocok untuk pemula, karena kamu akan diajari tentang prinsip dasar keamanan jaringan, konsep dasar keamanan endpoint, cara mengatasi insiden, dan sebagainya.

Itu dia sembilan rekomendasi sertifikasi bidang informatika yang bisa kamu coba atau setidaknya dimasukkan ke dalam wish list. Bagaimana? Apakah kamu tertarik? MyEduSolve menyediakan berbagai program sertifikasi internasional, silakan cek daftar program Information Technology Specialist by Pearson Vue. Jika kamu ingin mencari program menarik lainnya, bisa akses ke laman MyEduSolve.

Sumber:

10 Essential IT Certifications for 2024 https://www.coursera.org/articles/essential-it-certifications-entry-level-and-beginner (Diakses Januari 2024)

Top 17 IT Certifications in Demand for 2024 https://www.indeed.com/career-advice/career-development/top-it-certifications (Diakses Januari 2024)


Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Sertifikasi IT Paling Bernilai Untuk Antarkan Kamu Menuju Karier Impian di Bidang IT

Posted: Wednesday, Jan 24, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

IT Specialist
Data
Cybersecurity
Network

404

Recommended Articles

Relevant Certifications

IT Specialist: Data Analytics Certification

Rp 0

IT Specialist: Cybersecurity Certification

Rp 0

IT Specialist: Networking Certification

Rp 0

IT Specialist: Software Development Certification

Rp 0