Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Sertifikasi Excel: Cara Mendaftar dan Contoh Soal yang Diujikan

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang esensial dalam pengolahan data. Berikut gambaran sertifikasi excel yang bisa kamu pilih untuk menunjang dalam persaingan dunia kerja!

Posted: Thursday, Oct 20, 2022

Share:

Sertifikasi Excel: Cara Mendaftar dan Contoh Soal yang Diujikan cover

Kebutuhan industri akan sumber daya manusia yang mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel semakin meningkat. Hal ini karena Microsoft Excel digunakan untuk mengurutkan, mengatur, dan menganalisis data dengan memasukkan berbagai fungsi Microsoft Excel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dari data yang telah diolah dengan rumus-rumus Microsoft Excel tersebut, biasanya keputusan strategis yang dinilai akan berujung pada pertumbuhan profit bagi perusahaan.

Pada artikel ini, kamu akan mengetahui apa saja manfaat belajar Microsoft Excel dan kemudian cara mendaftar sertifikasi Excel sebagai penunjang karier kamu selanjutnya!

Baca juga: 3 Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel Bagi Pemula

Jenis-Jenis Sertifikasi Excel

Ada dua jenis sertifikasi Microsoft Excel yang dibedakan berdasarkan tingkat kemahiran penggunanya, yaitu:

  1. Excel Associate (Office 365 and Office 2019)

Sertifikasi Microsoft Certified Excel Associate akan menguji kompetensi peserta ujian dalam dasar-dasar membuat dan mengelola worksheets dan workbooks, membuat sel dan range, membuat tabel, menerapkan rumus dan fungsi, serta membuat bagan dan objek.

Peserta akan diuji kemampuannya dalam membuat dan menyunting workbooks dengan multiple sheets, dan menggunakan elemen grafis untuk merepresentasikan data secara visual. Contoh workbook mencakup professional-looking budgeting, laporan keuangan, bagan kinerja tim, faktur penjualan, dan log entri data.

  1. Excel Expert (Office 365 and Office 2019)

Sertifikasi Microsoft Certified Excel Expert akan menguji kompetensi peserta dalam membuat, mengelola, dan mendistribusikan spreadsheet profesional untuk berbagai tujuan dan situasi tertentu. 

Peserta akan diuji kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan perencanaan dan pengelolaan sebuah proyek. Contoh Expert workbook ahli mencakup template bisnis kustom, multiple-axis financial charts, tabel amortisasi, dan inventory schedules.

Tidak ada batasan masa berlaku untuk kedua sertifikasi di atas. Jadi, kamu tidak perlu repot melakukan perpanjangan dengan melakukan ujian sertifikasi ulang, MESFriend!

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah dan Cepat

Uji Kemampuan Microsoft Excel-mu Secara Gratis di MyEduSolve

Di MyEduSolve, kamu dapat mengakses beberapa contoh soal ujian sertifikasi Excel secara GRATIS dengan pilihan ganda yang bisa memberikan gambaran buat kamu sebelum ujian sebenarnya dilaksanakan. Berikut adalah beberapa contoh soalnya:

  1. Under the ‘Data’ tab, there are several options to import external data into the workbook. Which would you choose to import a .csv file?

  1. From Access

  2. From Web

  3. From Text

  4. From Other Sources

  1. Under the ‘Data’ tab, there are several options to import external data into the workbook. Which would you choose to import a .txt file?

  1. From Text

  2. From Web

  3. From Access

  4. From Other Sources

  1. You are compiling a contact list of different hospitals in the country. On one website, you find a table with a directory of local hospitals, but some of the telephone numbers are outdated. What would be the most effective way of importing this table into…

  1. Copy and paste

  2. Using the “Insert Table” tool and copying the contents

  3. Using the “From Web” tool under the Data tab

  4. Taking a screenshot

Cara Mendaftar Sertifikasi Excel

Ujian sertifikasi di MyEduSolve memberikanmu kemudahan untuk mengerjakan ujian dari rumah secara daring dan memilih jadwal ujian sesuai yang kamu inginkan. Untuk mendaftar program sertifikasi ini kamu bisa menuju ke Halaman Shop dan memilih program sertifikasi Excel yang sesuai kebutuhanmu. Materi Microsoft Excel dapat kamu akses dengan menambahkan Add-On LearnKey pada saat pembelian token.

Secara singkat, proses pendaftaran program sertifikasi di MyEduSolve seperti yang tertera pada gambar di bawah ini:


Baca juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

Sebagai Microsoft Partner di Indonesia, MyEduSolve juga menyelenggarakan Program Sertifikasi Microsoft Office Specialist yang relevan dengan kebutuhan industri kerja saat ini.

Related Tags

Sertifikasi Excel

6,610

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.