Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

3 Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel Bagi Pemula

Kamu ingin membuat laporan keuangan di Excel? Artikel ini akan memberikan jawabannya!

Posted: Wednesday, Oct 19, 2022

Share:

3 Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel Bagi Pemula cover

Jika kamu ingin membuat sebuah bisnis, pastinya informasi mengenai laporan keuangan tentunya sangat penting agar bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis. Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis sendiri dan mau mengetahui tutorial cara membuat laporan keuangan di Excel, artikel ini akan berikan jawabannya untukmu! Simak penjelasannya yuk!


Manfaat dan Fitur Excel Sebagai Software Membuat Laporan Keuangan

Kalau kamu baru belajar Excel untuk pertama kalinya, membuat laporan keuangan memang sedikit menyulitkan. Namun dengan ketelitian serta sedikit keahlian, berbagai manfaat bisa kamu rasakan langsung.


Salah satu manfaatnya adalah dengan Excel, kamu bisa membandingkan kumpulan data secara akurat. Excel dapat membantu kamu untuk menghitung data pengeluaran uang per bulan dan bisa dikelompokkan dalam beberapa poin.


Selain itu, Excel bisa digunakan untuk entri data otomatis. Hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang karena bisa membuat laporan keuangan secara cepat.


Fitur andalannya yang membantu pengerjaan laporan keuangan antara lain:


  1. Tabel Pivot

  2. Analisa What IF

  3. Forecast Sheets


Baca juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula


Cara Membuat Laporan Keuangan

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat dan fitur Excel yang bisa digunakan dalam membuat laporan keuangan, sudah saatnya menjelaskan cara membuat laporan keuangan di Excel. Berikut adalah 3 caranya:


  1. Mulai dari Pelajari Template

Kamu bisa memulai dengan pelajari berbagai template yang digunakan untuk membuat laporan keuangan. Banyak sekali referensi mengenai cara pembuatan template laporan keuangan di Excel, tinggal kamu pelajari dan sesuaikan langsung di dokumen Excel.


  1. Fokus Terhadap Kumpulan Data Prefilled

Kemudian, tahapan yang bisa kamu lakukan adalah dengan fokus terhadap kumpulan data prefilled. Hal ini dilakukan untuk bisa menghitung arus kas secara jelas.


  1. Memilih Template Laporan Keuangan

Kamu sudah mempelajari template dan fokus terhadap data prefilled, sekarang yang bisa kamu lakukan adalah memilih template laporan keuangan. Excel sendiri sudah menyediakan template yang bisa kamu gunakan langsung. Dari template tersebut, kamu bisa membuat berbagai laporan keuangan bisnis yang diinginkan.


Demikian penjelasannya tentang cara membuat laporan keuangan di Excel. Kamu bisa makin mahir dalam menggunakan Excel dengan ikut Microsoft Office Specialist Bootcamp dari MyEduSolve! Sertifikat Microsoft Office Specialist ini merupakan satu-satunya sertifikasi internasional di Indonesia yang RESMI dari Microsoft, lho! Jadi jangan lupa tingkatkan skill kamu dengan MyEduSolve, ya!

Related Tags

Laporan Keuangan Excel

4,232

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.