Seperti Inilah Cara Membuat Diagram Di Excel yang Sangat Mudah

Seperti apa cara membuat diagram di Excel yang bagus untuk menampilkan data-data kamu? Ketahui langkah-langkah pembuatan sebuah diagram hanya di sini.

Posted: Monday, Apr 18, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Monday, Apr 18, 2022

Share:

Seperti Inilah Cara Membuat Diagram Di Excel yang Sangat Mudah cover

Untuk mengolah data, Microsoft Excel masih menjadi salah satu program pilihan yang bisa kamu gunakan. Data yang kamu miliki juga bisa disajikan dalam bentuk diagram guna mempermudah orang-orang untuk memahaminya. Mengetahui bagaimana cara membuat diagram di Excel tentunya akan bisa menjadi salah satu skill yang berguna untuk kamu. Ingin tahu bagaimana cara untuk membuatnya? Yuk, mari perhatikan berbagai macam informasi berguna yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Diagram Di Excel

Jika grafik adalah cara paling dasar untuk merepresentasikan data secara visual, maka diagram akan sedikit lebih kompleks. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk membandingkan bagian dari kumpulan data relatif terhadap data lain dalam kumpulan tersebut. Diagram akan sangat membantu dalam presentasi, terutama untuk memberikan gambaran singkat kepada manajemen, klien, atau anggota tim tentang data yang akan ditampilkan. Diagram sangat bagus untuk memvisualisasikan semua jenis data kuantitatif, memudahkan orang dalam memahami data kamu.

Untuk membuat sebuah diagram di Excel, caranya tidak akan sesulit yang kamu bayangkan. Data yang akan kamu gunakan akan tersimpan langsung di Workbook Excel, sehingga tidak akan perlu mengimpor data dari program lain. Excel juga memiliki berbagai jenis preset diagram menarik, sehingga kamu dapat memilih salah satu yang bisa mewakili hubungan data yang ingin kamu highlight tanpa perlu repot-repot membuatnya dari awal.

Untuk membuat sebuah diagram, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masukkan Data ke dalam Worksheet

Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja yang baru. Masukkan data yang ingin kamu gunakan untuk membuat sebuah diagram. Tambahkan label untuk memudahkan dalam mengidentifikasi serta menerjemahkan data ke dalam bentuk diagram dengan label yang jelas.

2. Tentukan Jarak Data yang Akan Digunakan

Agar data bisa muncul dalam bentuk diagram, kamu harus memilih data yang akan digunakan. Caranya dengan meng-highlight data tersebut dengan metode click and drag. Pastikan data yang akan digunakan sudah benar-benar ter-highlight. Data yang terpilih akan berubah warna menjadi abu-abu, kamu bisa dengan jelas melihatnya.

Baca juga: Cara Mailing Excel ke Word agar Input Data Tidak Ribet

3. Pilih Jenis Diagram yang Ingin Digunakan

Setelah memilih data yang ingin digunakan untuk diagram kamu, klik tab Insert di bagian atas. Kamu akan melihat berbagai macam template yang bisa digunakan. Kamu bisa memilih mana yang sesuai untuk menyajikan data yang sudah dibuat. Excel akan secara otomatis membuat diagram menggunakan data yang sudah dipilih. Kamu bisa melihat diagram di tengah dari Workbook kamu. Untuk menambahkan nama pada diagram, klik dua kali teks “Judul Diagram” dan ketikkan judul yang diinginkan.

4. Tambahkan Elemen pada Diagram Kamu

Menambahkan elemen ke diagram akan menyempurnakannya. Hal ini bisa membantu untuk memperjelas data atau memberikan konteks tambahan. Kamu bisa memilih elemen-elemen tambahan dengan mengklik menu dropdown “Add Chart Element” yang berada di sudut kiri atas.

5. Mengubah Estetika Diagram

Kamu bisa mengganti warna, bentu, hingga gaya dari diagram yang kamu gunakan. Menu ini bisa kamu temukan di Toolbar. Ubah berbagai macam elemen yang ada sesuai dengan kebutuhan kamu dan buat menjadi lebih menarik.

Baca juga: 4 Cara Mengurutkan Data di Excel secara Mudah

Itulah cara membuat diagram di Excel yang bisa kamu gunakan. Semoga hal ini bisa membantu kamu. Jika kamu ingin menguasai berbagai macam skill lainnya yang berhubungan dengan Microsoft Office, kami menyediakan program Microsoft Office Specialist. Di sini kamu bisa belajar berbagai macam skill untuk Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Hubungi MyEduSolve melalui nomor +6287857067313 (WhatsApp) sekarang juga untuk informasi lebih lanjut terkait sertifikasi yang kamu butuhkan!

Article Tag:

cara membuat diagram di excel

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Seperti Inilah Cara Membuat Diagram Di Excel yang Sangat Mudah

Posted: Monday, Apr 18, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara membuat diagram di excel

Category:

Pengembangan Skill

Share:

595

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.