Seperti Apa Cara Mendapatkan Sertifikat Kompetensi? Temukan Caranya Di Sini

Cara mendapatkan sertifikat kompetensi ternyata tidak begitu sulit untuk dilakukan. Simak bagaimana cara mendapatkan sertifikat kompetensi melalui artikel berikut ini!

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

Seperti Apa Cara Mendapatkan Sertifikat Kompetensi? Temukan Caranya Di Sini cover

Memiliki sebuah kompetensi dalam suatu bidang akan bisa mempermudah langkahmu di dunia kerja. Mulai dari tahap mencari kerja, hingga ketika kamu sudah terjun di dalamnya. Selain menunjukkan kompetensi kamu melalui hasil kerja, kamu juga bisa menggunakan sertifikat yang menandakan bahwa kamu sudah melalui sebuah pelatihan untuk bisa mencapai keahlian dalam bidang tertentu. Seperti apakah cara mendapatkan sertifikasi kompetensi yang kamu inginkan? Temukan caranya di sini.

Cara Mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang Kamu Butuhkan

Sertifikat kompetensi adalah sebuah sertifikasi yang akan memverifikasi bahwa seorang individu atau sebuah bisnis memiliki kemampuan yang diperlukan untuk melakukan sesuatu dengan ahli atau benar.

Sertifikasi ini umumnya berkaitan erat dengan pekerjaan di bidang konstruksi, pertambangan, perkapalan, dan pekerjaan lain yang menggunakan keahlian tertentu. Namun, saat ini sertifikasi sudah sangat luas dan tidak hanya berfokus dalam beberapa bidang saja. Hal ini dikarenakan beragam industri membutuhkan individu yang bisa membuktikan kemampuan mereka agar perusahaan dapat mencapai tujuan akhir mereka.

Sertifikat kompetensi memiliki dua tujuan utama, berhubungan juga dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Tujuan utama tersebut adalah berikut ini.

Tujuan Sertifikasi

Sertifikasi kompetensi ini dapat bertindak sebagai sistem perizinan khusus pekerjaan yang memungkinkan karyawan menunjukkan kemampuan mereka untuk melakukan tugas tertentu dalam konteks tempat kerja tertentu. Hal ini dikarenakan sertifikat dikeluarkan oleh badan pengatur untuk menunjukkan bahwa seseorang memenuhi prasyarat minimum untuk melakukan pekerjaan tertentu

Hal ini juga berguna dalam mensertifikasi individu yang bekerja dengan peralatan, mesin, atau perangkat lunak khusus yang terkait dengan risiko keselamatan yang tinggi. Bergantung pada yurisdiksi dan industri, sertifikat kompetensi dapat diberikan setelah partisipasi dalam kursus atau pelatihan profesional yang diakui, oleh pelatihan pemberi kerja, atau dengan kombinasi keduanya.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Memiliki Sertifikasi untuk Freelance?

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lalui. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Mengikuti Pendidikan

Untuk bisa mendapatkan sebuah sertifikasi yang menunjukkan kemampuan kamu, tentu saja langkah pendidikan harus dilalui. Ijazah yang diterima ketika lulus dari perguruan tinggi bisa menjadi tanda bahwa seseorang telah menempuh pendidikan yang menjadikan mereka memiliki keahlian di bidang tertentu.

2. Pelatihan Melalui Lembaga

Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP menunjuk beberapa lembaga yang bisa mengeluarkan sertifikasi untuk profesi tertentu, dengan mengikuti berbagai pelatihan pada lembaga ini dan menampilkan kompetensi yang kamu miliki, maka sertifikat kompetensi akan bisa didapatkan. 

3. Pelatihan Melalui Perusahaan

Berbagai perusahaan akan menawarkan beragam pelatihan untuk membantu karyawan mereka berkembang menjadi lebih baik lagi. Jika perusahaan tempat kamu bekerja menawarkan beragam pelatihan yang bisa memberikan sertifikasi, maka ada baiknya untuk ikut dengan mendaftarkan diri. Kesempatan ini sangatlah langka dan tidak boleh kamu lewatkan!

4. Mengikuti Beragam Program Sertifikasi Di MyEduSolve

MyEduSolve adalah salah satu platform yang bisa membantu kamu mendapatkan beragam sertifikasi kompetensi untuk menunjang skill kamu dalam dunia kerja. Mulai dari sertifikasi Microsoft office Specialist hingga sertifikasi Adobe Certified Professionall. Kamu akan belajar beragam hal yang dibutuhkan untuk meraih kompetensi dalam bidang-bidang tersebut.

Baca juga: 7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

Itulah beragam cara mendapatkan sertifikasi kompetensi yang bisa kamu coba. Semuanya akan bisa membantu kamu dalam dunia kerja. Untuk semakin memantapkan langkah kamu, ada banyak program sertifikasi lainnya di MyEduSolve yang bisa kamu coba. Kunjungi website kami sekarang juga, untuk mendapatkan beragam informasi lainnya!

Article Tag:

cara mendapatkan sertifikat kompetensi

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Seperti Apa Cara Mendapatkan Sertifikat Kompetensi? Temukan Caranya Di Sini

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

Article Tag:

cara mendapatkan sertifikat kompetensi

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.