Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Self Paced Learning: Kelebihan dan Kekurangannya

Kamu suka belajar secara mandiri? Ketahui pengertian self paced learning serta kelebihan dan kekurangannya, yuk!

Posted: Friday, Dec 23, 2022

Share:

Self Paced Learning: Kelebihan dan Kekurangannya cover

Teknologi semakin berkembang, hal ini tentunya berdampak kepada cara pembelajaran siswa yang lebih suka fleksibel daripada gaya belajar tradisional yang mewajibkan untuk ke sekolah atau lokasi tertentu.


Salah satu cara pembelajaran fleksibel adalah dengan self paced learning, yang saat ini sedang marak dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan.


Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu self paced learning? Kali ini, MyEduSolve akan memberikan penjelasannya kepada kamu definisi serta kelebihan dan kekurangannya.


Oleh karena itu, mari simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Self Paced Learning

Menurut Mighty Networks, self paced learning artinya adalah bentuk metode pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatannya sendiri.


Dalam metode self paced learning, siswa tidak perlu untuk menyerap seluruh informasi saat kegiatan belajar dalam satu waktu, melainkan mereka dapat kembali ke materi yang sudah lewat sesering yang dibutuhkan.


Dengan dibantu perkembangan internet, self paced learning dapat membantu siswa untuk belajar sesuai dalam waktu dan jadwal yang ditentukan sendiri.


Baca juga: Six Thinking Hats: Definisi dan Kegunaannya


Kelebihan Self Paced Learning

Jika sudah mengetahui apa pengertian dari self paced learning, mari ketahui apa kelebihan metode pembelajaran ini, yaitu:


  1. Belajar mandiri

Saat belajar secara mandiri, secara tidak langsung kamu akan belajar untuk belajar lebih efisien dan efektif dibanding cara belajar yang instruksional.


Selain itu, kamu juga akan belajar untuk mengambil inisiatif tanpa harus menunggu atau disuruh oleh orang lain, sehingga akan timbul rasa tanggung jawab atas diri sendiri.


  1. Tekanan yang sangat minim

Melalui cara belajar yang tradisional, kamu akan dituntut untuk mengikuti laju yang sama di kelas, di mana setiap individu mempunyai kemampuan yang beda dalam memahami pembelajaran.


Hal ini tentunya akan berdampak pada siswa yang merasa terbebani serta menganggap kurang cerdas karena tidak bisa cepat dalam memahami materi belajar.


Maka dari itu, self paced learning bisa jadi solusinya.


  1. Dapat mengatur jadwal sendiri

Dengan self paced learning, tentunya kamu dapat mengatur waktu secara fleksibel sehingga bisa membuat jadwal belajar sendiri.


Kamu jadi bisa melakukan kegiatan lain tanpa harus khawatir ketinggalan materi yang harus dipelajari.


  1. Konten belajar yang permanen

Kelebihan self paced learning dapat membuat kamu untuk melihat kembali materi yang sudah lewat jika dirasa belum mengerti.


Tentunya hal ini sangat berdampak ke cara belajar kamu yang kedepannya lebih efektif dan juga efisien.


Baca juga: 5 Cara Menghadapi Stres untuk Pekerja


Kekurangan Self Paced Learning

Kita sudah bahas tentang kelebihan self paced learning, sekarang mari cari tahu apa kekurangan dari metode belajar ini:


  1. Bingung apa yang harus dipelajari

Sekarang ini, makin banyak pilihan pembelajaran self paced learning yang tersedia yang membuat kamu mungkin akan bingung.


Selain itu, konten materi yang diberikan juga membuat kamu harus teliti dalam memilih mana konten yang tepat untuk dipelajari.


  1. Kurangnya waktu

Khusus untuk pekerja kantoran, mereka akan merasa tidak punya waktu untuk melakukan kelas online karena tenaga yang sudah terkuras saat bekerja.


Hal ini tentunya mengurungkan niat untuk meningkatkan kemampuan dengan self paced learning.


  1. Tidak ada interaksi tatap muka

Perkembangan teknologi tentunya sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar, namun belajar secara tatap muka tetap tidak bisa digantikan.


Interaksi tatap muka secara langsung memberikan sensasi yang berbeda ketimbang melalui online, sehingga itu bisa menjadi tantangan tersendiri dalam self paced learning.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan self paced learning, kamu jadi lebih memahami gaya belajar mana yang cocok buatmu.


Untuk membantu kamu memaksimalkan gaya belajar secara mandiri, kamu bisa ikut sertifikasi internasional dari MyEduSolve, lho!


Dengan mengikuti sertifikasi keahlian seperti Microsoft, Adobe, hingga PMI, memungkinkan kamu untuk belajar kapan saja, dimana saja, melalui video dan materi yang menarik!


Untuk mengetahui lebih lanjut, kunjungi halaman sertifikasi MyEduSolve dan nikmati serunya self paced learning yang menarik, tidak monoton, serta mudah dipahami!

Related Tags

Self Paced Learning

4,496

Recommended Articles

Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Dengan Mudah cover

Posted: 2 years ago

15 Min Read

Cari Tahu Perbandingan Belajar Lewat Bootcamp vs Otodidak cover

Posted: 3 years ago

13 Min Read

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.