Pengembangan Diri Adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now

Selain mengatur keuangan, pengembangan diri adalah hal yang penting untuk dilakukan sehari-harinya. Banyak manfaat dari pengembangan diri yang bisa kamu rasakan dalam kehidupan personal maupun profesional. Ingin tahu lebih banyak soal pengembangan diri? Telusuri artikel ini!

Posted: Friday, Dec 31, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Friday, Dec 31, 2021

Share:

Pengembangan Diri Adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now cover

Di zaman ini, pengembangan diri adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan selain aspek finansial. Jika kamu tidak rajin mengembangkan diri, kamu akan ketinggalan dan tidak bisa bersaing dengan orang lain dalam dunia kerja. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya pengembangan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada kata terlambat dalam mengasah diri! Kalau kamu penasaran tentang tujuan dan manfaat pengembangan diri, kamu berada di tempat yang tepat. Cari tahu lebih lanjut soal pengembangan diri melalui artikel ini!

Apa Itu Pengembangan Diri?

Self-development atau pengembangan diri adalah proses untuk mempelajari hal-hal baru yang bisa meningkatkan kualitas hidupmu, mulai dari mendapatkan pekerjaan impian sampai membuatmu menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Pengembangan diri sering diasosiasikan dengan soft-skills yang lebih condong pada kesehatan mental. Tapi, sebenarnya pengembangan diri adalah bidang yang sangat luas. Pengembangan diri tidak hanya melatih kemampuan yang berhubungan dengan psikis, tapi juga skill-skill yang dapat dipraktikan di kehidupan kerja.

Tujuan dari pengembangan diri pastinya adalah membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Saat kamu menjadi versi terbaik dirimu, kamu akan merasakan beragam perubahan positif dalam kehidupan secara profesional maupun personal.

Tujuan, Manfaat, dan Pentingnya Pengembangan Diri

Tujuan lain dari pengembangan diri adalah membuatmu bisa mencapai self-growth atau pertumbuhan diri. Self-growth dapat muncul saat kamu berhasil mengubah dirimu menjadi seseorang yang ingin selalu belajar dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Sebenarnya ada banyak manfaat dari pengembangan diri, yaitu:

Pembentukan Kebiasaan

Pengembangan diri dapat membantumu untuk membangun kebiasaan baik yang membawa perubahan-perubahan positif dalam hidup.

Peningkatan Kemampuan

Pengembangan diri menambah atau mengasah kemampuan yang bisa membantumu secara personal ataupun profesional, seperti kemampuan manajemen waktu dan mengatur stres.

Penguatan Mental

Manfaat pengembangan diri yang paling sering digadang-gadang adalah mampu membentuk mental yang kuat. Melalui pengembangan diri, kamu bisa lebih fokus ke menguatkan dan membentuk mental ke arah yang lebih positif.

Ada beberapa hal yang menunjukkan betapa pentingnya pengembangan diri, seperti:

  • Menggali potensi dan bakat diri
  • Memajukan karier di pekerjaan
  • Membantu mencapai tujuan personal ataupun profesionalmu
  • Meningkatkan kepuasaan hidup
  • Menambah motivasi hidup
  • Mengasah kemampuan yang sudah ada
  • Memperdalam pengenalan akan diri
  • Membentuk kebiasaan yang positif dan berguna
  • Membantu merancang atau memperjelas tujuan hidup
  • Memampukanmu menghadapi tantangan kehidupan

Apa Saja Potensi Diri yang Bisa Dikembangkan?

Pengembangan diri adalah bidang yang sangat luas. Ada banyak area dari pengembangan diri yang bisa kamu jelajahi! Berikut adalah beberapa aspek pengembangan diri atau potensi diri yang bisa kamu tekuni

Problem-solving

Problem-solving atau kemampuan dalam memecahkan masalah sangat diperlukan di zaman yang penuh tantangan baru ini. Dengan mengembangkan skill ini, kamu akan bisa tetap tenang dan mampu memecahkan suatu masalah.

Organisasi

Jangan salah! Meskipun terlihat sepele, kemampuan mengorganisasi tidak hanya berguna untuk merapikan barang-barang di meja kantor, tetapi juga dalam membuat perencanaan, jadwal, dan skala prioritas. Skill organisasi yang baik akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta mengurangi miskomunikasi dalam bekerja.

Komunikasi

Komunikasi tidak hanya mencakup kemampuan untuk dapat berbicara dan menulis, tapi juga mendengarkan! Komunikasi merupakan skill yang penting dalam bekerja. Tanpa komunikasi yang baik, kamu akan kesulitan dalam menyampaikan ide secara jelas. Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk melakukan pengembangan diri dalam skill berkomunikasi.

Integritas

Integritas berbicara tentang nilai-nilai dan kejujuran. Memiliki integritas yang baik akan membuatmu lebih dipercaya. Secara otomatis, ini akan membantumu untuk naik ke jenjang karier yang lebih tinggi.

Skill Interpersonal

Mengasah skill internpersonal adalah salah satu cara pengembangan diri

Sumber: StockSnap di Pixabay

Kemampuan interpersonal atau skill untuk bersosialisasi sangat berguna dalam membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, seperti klien, atasan, dan rekan kerja.

Baca juga: 5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

Etika dalam Bekerja

Etika dalam bekerja sangat penting dalam kehidupan perusahaan. Pekerja dengan etika bekerja yang baik tak hanya seseorang yang pekerja keras tapi juga bisa diandalkan, bertanggung jawab, disiplin, dan produktif.

Kepemimpinan

Kemampuan untuk memimpin adalah salah satu skill yang dicari oleh perusahaan. Pemimpin yang baik akan mampu membimbing dan memotivasi para pekerjanya untuk mencapai tujuan bersama.

Kemampuan Adaptasi

Untuk menghadapi dunia yang terus berubah, kamu perlu meningkatkan kemampuanmu dalam beradaptasi secara cepat dan mudah terhadap berbagai hal baru. Memiliki kemampuan adaptasi yang mumpuni akan membuatmu menjadi lebih tenang di saat-saat yang tidak terduga.

Kepercayaan Diri

Jika kamu memiliki kepercayaan diri yang rendah, kamu akan merasa kesulitan dalam mencapai tujuan atau target. Mengembangkan kepercayaan dirimu dapat membuatmu lebih yakin dan termotivasi untuk mencoba hal baru serta meraih tujuanmu.

Baca juga: Selalu Merasa Hasil Kerja Jelek? Bisa Jadi Impsotor Syndrome

Bagaimana Cara Mengembangkan Diri?

Pentingnya pengembangan diri membuat banyak orang mulai berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untungnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa merasakan beragam manfaat dari pengembangan diri!

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi! Sertifikasi tidak hanya meningkatkan kemampuanmu, tapi juga memvalidasinya dan membuka pintu peluang kerja. Melalui sertifikasi, kamu bisa mencapai tujuan dari pengembangan diri secara personal maupun profesional.

Kamu tidak perlu bingung mencari sertifikasi karena MyEduSolve menyediakan beragam sertifikasi resmi bertaraf internasional dari Adobe dan Microsoft. Kamu bisa langsung mengecek sertifikasi yang cocok untukmu di situs web MyEduSolve!

Baca juga: 10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

Referensi:

Take Charge of Your Personal Development. Diakses pada 19 November 2021

9 Ways to Improve Your Personal Development Skills. Diakses pada 19 November 2021

What is Personal Development?. Diakses pada 19 November 2021

Article Tag:

Pengembangan diri adalah,pentingnya pengembangan diri,manfaat pengembangan diri

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Pengembangan Diri Adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now

Posted: Friday, Dec 31, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

Article Tag:

Pengembangan diri adalah,pentingnya pengembangan diri,manfaat pengembangan diri

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.