Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Rekomendasi Tools AI yang Dapat Membantu Tugas Kuliahmu

Dengan kemudahan teknologi saat ini, kamu bisa memanfaatkan AI dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu loh! Yuk, simak artikel ini dan ketahui apa saja tools AI yang bisa kamu manfaatkan.

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Thursday, Mar 14, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Rekomendasi Tools AI yang Dapat Membantu Tugas Kuliahmu cover

AI atau Artificial Intelligence merupakan teknologi yang saat ini cukup marak digunakan dalam berbagai bidang. Kecerdasan buatan ini dikendalikan oleh mesin komputer yang dapat membantu kamu mengefisiensikan waktu serta tenaga yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas.

Penasaran apa saja tools AI yang bisa mempermudah tugas kuliahmu? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Artificial Intelligence yang Sedang Hits di Tahun Ini

AI untuk Membuat PPT

  1. Presentations.AI

AI ini bisa membantu kamu membuat slide-slide presentasi dengan lebih cepat dan menarik. Kamu hanya perlu memberikan deskripsi singkat tentang topik presentasi yang ingin kamu buat, kemudian Presentations.AI akan mengubahnya menjadi gambar-gambar menarik di setiap slide menggunakan algoritma AI.

  1. Tome.app

Kamu juga bisa membuat presentasi menggunakan Tome.app. Tools AI yang satu ini dapat menciptakan slide presentasi yang lebih interaktif. Untuk memulai pembuatan presentasi di Tome.app, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar dan membuat akun. Setelah itu, kamu dapat memanfaatkan fitur AI yang tersedia untuk membuat presentasi yang profesional dan menarik.

  1. SlidesAI

SlidesAI merupakan tools AI yang dapat terhubung dengan Google Slides, melalui add-on untuk Google Workspace. Kamu hanya perlu memasukkan teks presentasi dan memilih format serta jumlah slide yang diinginkan, lalu AI akan mengatur semuanya secara otomatis di dalam Google Slides.

Baca juga: 5 Manfaat Artificial Intelligence dalam Aktivitas Manusia 

  1. Designs.AI

Logomaker ini mampu menghasilkan ribuan logo dalam hitungan detik. Kamu bisa memilih logo yang unik sesuai dengan kebutuhanmu dengan cepat, mudah, dan tentunya hemat biaya. 

  1. Tailor Brands

Dengan Tailor Brands, kamu hanya perlu mengisi informasi dasar dari merek yang ingin kamu buat logonya, seperti nama merek, industri, dan preferensi desain. Secara otomatis, Tailor Brands akan menghasilkan beberapa opsi desain logo yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

  1. Looka

Kamu juga bisa menggunakan Looka untuk menghasilkan logo-logo yang menarik. Looka tidak hanya menyediakan fitur pembuatan logo, tetapi juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pembuatan kartu nama dan desain halaman web, sehingga memberikan solusi lengkap untuk kebutuhan brandingmu.

AI untuk Membuat Gambar

  1. ImgCreator.ai

Hampir sama seperti penggunaan tools AI lainnya, ImgCreator.ai akan mengubah prompt atau deskripsi teks yang kamu tuliskan menjadi gambar secara otomatis. Tools ini cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat ilustrasi, anime, dan gambar desain konsep. Selain dapat menciptakan gambar, ImgCreator.ai juga dapat melakukan pengeditan gambar yang sudah kamu miliki, sama halnya seperti fitur dalam Photoshop.

  1. DALL-E 3

Salah satu tools AI lainnya untuk membuat gambar adalah DALL-E 3. DALL-E 3 dikembangkan oleh OpenAI, sehingga kamu dapat menggunakannya melalui ChatGPT 4. Penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu memberikan deskripsi tentang gambar yang ingin kamu buat, dan gambar akan secara otomatis dihasilkan sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah menciptakan gambar-gambar yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa harus memiliki keterampilan desain yang tinggi.

  1. Hotpot AI

Hotpot AI juga mampu menciptakan beragam objek gambar hanya melalui perintah teks. Selain itu, Hotpot AI juga menyediakan beragam fitur lainnya, seperti menambahkan warna pada foto-foto lama, memperbaiki gambar yang rusak, dan mengubah foto menjadi versi yang ditingkatkan menggunakan AI.

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

AI untuk Review Jurnal

  1. SciSummary

SciSummary dirancang untuk memudahkan kamu dalam menggabungkan artikel ilmiah dan membuatnya menjadi lebih mudah dipahami. Tools AI ini dapat membantu kamu agar lebih mengerti informasi penting dalam sebuah artikel / jurnal hanya dengan mengunggah file atau teks jurnal tersebut. Kamu bisa menggunakan tools ini dengan mengakses situs web SciSummary dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.

  1. Scholarcy

Scholarcy memiliki kemampuan untuk merangkum poin-poin penting dalam artikel atau jurnal. Dengan menggunakan AI, Scholarcy dapat menyederhanakan proses membaca dan merangkum makalah penelitian ilmiah yang kamu butuhkan serta gambaran yang jelas mengenai informasi dari bacaan tersebut.

  1. Resoomer

Kamu juga bisa menggunakan situs web Resoomer untuk mereview jurnal. Keunggulan dari tools AI ini adalah kemampuannya untuk membuat ringkasan teks dari jurnal ilmiah tanpa terbatas jumlah karakter, dan hasil ringkasannya akan disajikan secara singkat, sehingga memudahkan kamu dalam memahami informasi yang terdapat dalam jurnal tersebut.

AI untuk Membuat Makalah

  1. Perplexity AI

Perplexity AI adalah teknologi search engine berbasis AI yang dapat membantu kamu membuat makalah dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan teknologi AI modern, Perplexity AI mampu mencari informasi secara real-time dari berbagai sumber di internet, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kamu dalam pembuatan makalah dengan efisien dan mudah.

  1. QuillBot

Quillbot adalah tools AI yang dirancang untuk membantu kamu membuat tulisan berkualitas. Kamu dapat melakukan parafrase dan menghasilkan makalah dengan cepat menggunakan Quillbot. Tools ini juga dapat  membantu kamu mengidentifikasi kalimat yang panjang dan memperbaiki teks secara efisien. Dengan fitur-fitur ini, kamu dapat membuat makalah dengan kualitas tinggi secara cepat dan mudah.

  1. Smodin

Smodin sangat berguna untuk proses pembuatan makalah karena fitur-fiturnya memudahkan kamu untuk mencari sumber dan memeriksa fakta dari setiap bagian teks di web. Smodin akan melampirkan informasi yang relevan dan terkait dengan topik makalahmu secara cepat, serta mengetahui sumber asalnya.


Itulah rekomendasi tools AI yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Namun, kamu tidak boleh menyalahgunakan kemudahan teknologi ini ya! Kamu harus tetap mengandalkan kemampuan dan kreativitasmu dalam mengerjakan tugas, karena peran AI hanyalah sebagai alat bantu.

Mengingat pentingnya peran AI di era digital ini, kamu harus lebih mahir dalam menggunakan teknologi AI agar jenjang karirmu semakin luas, terlebih jika kamu tertarik untuk menjadi seorang IT Specialist. 

Salah satu langkah yang dapat kamu ambil adalah dengan mengikuti Sertifikasi Artificial Intelligence di MyEduSolve. Program sertifikasi ini tersedia secara online dengan jadwal yang fleksibel loh! Sebelum mengikuti ujian, kamu juga dapat melakukan pre-test gratis

Yuk, cek website MyEduSolve sekarang dan dapatkan informasi menarik lainnya.


Selamat mencoba MESFriend!


Referensi

Artificial Intelligence (AI) Pembantu Pekerjaan Manusia, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jakarta/baca-artikel/16291/Artificial-Intelligence-AI-Pembantu-Pekerjaan-Manusia.html (Diakses 6 Maret 2024)

What is Artificial Intelligence (AI)?, https://aws.amazon.com/what-is/artificial-intelligence/ (Diakses 6 Maret 2024)

Related Tags

tool AI
rekomendasi tools AI
tugas kuliah

582

Recommended Articles

Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ? cover

Posted: 2 years ago

10 Min Read

Rekomendasi Tools Mudah Untuk Membuat Visualisasi Data! cover

Posted: a month ago

14 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.