Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Artificial Intelligence yang Sedang Hits di Tahun Ini

Pelajari dan temukan contoh artificial intelligence memudahkan kehidupan manusia dan memberikan dampak positif untuk produktivitas.

Posted: Monday, May 22, 2023

Share:

Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Artificial Intelligence yang Sedang Hits di Tahun Ini cover

Halo MESFriend! Teknologi Artificial Intelligence (AI) kini semakin populer dan sering digunakan di berbagai bidang. Akhir-akhir ini teknologi AI menciptakan banyak inovasi dan menjadi trendsetter di beberapa aspek kehidupan. Kecerdasan buatan tersebut sedang menjadi topik yang sangat populer dalam dunia teknologi. Bukan hanya karena kemampuannya untuk mengotomatisasi banyak pekerjaan manusia, tetapi juga mampu memberikan solusi cerdas dalam berbagai bidang industri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini MyEduSolve ingin membagikan 5 contoh Artificial Intelligence di kehidupan sehari-hari yang sedang hits di tahun ini. Yuk simak bersama-sama!

Apa itu Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan algoritma dan teknologi untuk menciptakan mesin atau program yang dapat melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti pemrosesan bahasa alami, pengenalan wajah, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Dalam AI, mesin atau program dikembangkan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan mempelajari data dengan menggunakan teknik-teknik seperti machine learning, deep learning, neural network, dan natural language processing.

Contoh Artificial Intellegence dalam Kehidupan

Aplikasi FaceApp & Filter

Kamu tim mana, tim skincare atau tim filter? Mungkin sebagian dari kita hanyalah penikmat teknologi tanpa pernah mencoba kritis seberapa canggih teknologi tersebut dapat merubah wajah kita. Aplikasi FaceApp adalah Contoh Artificial Intelligence yang memanfaatkan teknologi Neural Network dalam mengubah wajah seseorang menjadi lebih tua atau lebih muda, serta mengubah warna atau gaya rambut secara virtual. Teknologi ini mampu melakukan hal tersebut dengan sangat akurat dan detail, sehingga pengguna dapat melihat gambaran yang sangat realistis tentang bagaimana dirinya akan terlihat di masa depan atau dengan gaya rambut yang berbeda. Neural Network yang digunakan oleh aplikasi ini merupakan sebuah sistem pembelajaran mesin yang dapat belajar dari data yang besar dan rumit, dan kemudian dapat memprediksi hasil yang tepat berdasarkan data tersebut.

Chatbot

Di tahun 2011-an lalu, mungkin cukup banyak dari kita yang iseng menggunakan aplikasi SimiSimi kala tidak ada notifikasi yang masuk ke smartphone kita. Beberapa tahun berlalu, Chatbot seperti SimiSimi saat ini telah berevolusi dalam bentuk Chatbot yang lebih canggih yang mampu menjawab berbagai pertanyaan dari pengguna, hal tersebut merupakan contoh teknologi AI yang berkembang saat ini. Chatbot menggunakan teknologi AI dalam memproses data dan menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis dengan menggunakan algoritma dan data yang sudah di-program sebelumnya. Contoh penggunaan Chatbot dengan teknologi AI yang sangat populer adalah Siri, Google Assistant dan yang tengah viral hari ini yaitu ChatGPT yang dapat memberikan informasi dengan cepat.

Baca juga : Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Iklan Online

Artificial Intelligence memainkan peran penting dalam iklan online, terutama dalam menampilkan iklan produk yang sesuai dengan minat dan perilaku konsumen. Hal ini dimungkinkan dengan teknologi AI yang dapat memproses data pengguna dan menganalisa pola perilaku dan minat pengguna, sehingga dapat menampilkan iklan yang relevan dan menarik perhatian pengguna. Teknologi AI dalam iklan online juga dapat mengoptimalkan waktu dan frekuensi tayangan iklan untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

AI akan memproses data dan menganalisa minat dan perilaku kita terkait produk tersebut. Berdasarkan analisis tersebut, AI kemudian menampilkan iklan produk yang relevan di halaman web atau media sosial yang kita kunjungi. Dengan demikian, teknologi AI dapat membantu pemasar untuk mencapai target pasar yang tepat dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Asisten Virtual

Asisten Virtual adalah salah satu penemuan kecerdasan buatan yang luar biasa, dimana teknologi ini dapat membantu manusia dalam menjalankan berbagai tugas, seperti mengatur jadwal, memainkan musik, atau bahkan berinteraksi dengan perangkat rumah tangga. Asistennya dapat digunakan dalam perangkat mobile seperti smartphone atau tablet, serta perangkat pintar lainnya seperti smart speaker dan smartwatch.

Beberapa Asisten Virtual yang populer saat ini adalah Siri dari Apple, Google Assistant dari Google, dan Alexa dari Amazon. Siri dapat membantu pengguna untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, memutar musik, dan melakukan berbagai tugas lainnya. Google Assistant dapat membantu pengguna untuk mencari informasi, memutar musik, mengatur jadwal, dan lain sebagainya. Sedangkan Alexa dari Amazon dapat membantu pengguna untuk memesan produk, memutar musik, mengatur perangkat pintar rumah, dan berbagai tugas lainnya.

Autocorrect

Contoh Artificial Intelligence yang satu ini mungkin sedikit kita sepelekan dan tidak menganggapnya luar biasa. Padahal fitur autocorrect merupakan salah satu fitur hasil dari kecerdasan buatan yang sangat berguna dalam memaksimalkan produktivitas yang kita miliki. Tidak hanya di gawai, di perangkat komputer juga terdapat fitur autocorrect, seperti yang terdapat pada Microsoft Word, ejaan yang kurang tepat akan diberi garis tanda merah yang menandakan tulisan tersebut tidak sesuai dengan aturan bahasa dan ejaan yang sesuai. Dengan adanya fitur ini akan sangat membantu kita meminimalisir kesalahan dalam penulisan.

Sertifikasi IT Specialist : Artificial Intelligence

Itu tadi merupakan 5 contoh Artificial Intelligence yang sedang hits di tahun ini, prediksi yang akan datang tentunya teknologi AI akan semakin canggih dan diterapkan pada berbagai bidang seperti kesehatan, transportasi, pendidikan, dan bisnis. AI juga akan semakin mampu dalam memproses data yang besar, mempelajari pola-pola, dan memberikan prediksi yang lebih akurat.

Selain itu, AI akan semakin terintegrasi dengan Internet of Things (IoT) dan perangkat pintar, sehingga memberikan kemampuan untuk melakukan tugas yang lebih kompleks dan spesifik dan efektif.

Hal tersebut agaknya juga memberikan tantangan baru pada generasi mendatang untuk tidak hanya menjadi pengguna dan penonton akan tetapi turut serta menjadi bagian dari Artificial Intelligence, menjadi seorang IT Specialist: Artificial Intelligence di tahun mendatang kiranya merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Kamu bisa meng-upgrade diri bersama MyEduSolve dan menjadi ahli di bidang kecerdasan buatan.

Sudah bertekad untuk menjadi IT Specialist, akan tetapi belum mengenal sejauh mana kemampuan yang dimiliki? Jangan khawatir ikuti Pre-Test IT Specialist: Artificial Intelligence untuk mengetahui paket mana yang harus Anda dapatkan yang sesuai dengan level keahlian Anda saat ini!



Source: 

https://verihubs.com/blog/ai-adalah/

https://greatnusa.com/artikel/contoh-kecerdasan-buatan/

Related Tags

IT Specialist
AI
Artificial Intelligence
MyEduSolve

1,273

Recommended Articles

6 Tips Menabung yang Cocok Bagi Pekerja cover

Posted: a year ago

6 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.