Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Rekomendasi Sertifikasi Data Science yang Penting Untuk Memulai Karier!

Sertifikasi data science merupakan program pelatihan untuk mempersiapkan tenaga kompeten di bidang data science. Simak apa saja rekomendasi program sertifikasi terbaik untuk kamu pilih!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jul 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Rekomendasi Sertifikasi Data Science yang Penting Untuk Memulai Karier! cover

Setiap pebisnis pasti ingin merekrut kandidat terbaik untuk meningkatkan produktivitas perusahaannya. Maka dari itu, kamu perlu upgrade kompetensi diri agar tidak kalah saing dengan kandidat lain dan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Caranya bisa dengan ikut kelas sertifikasi yang diadakan oleh institusi swasta maupun dari program pemerintah. Salah satu program yang sedang banyak diminati saat ini adalah program sertifikasi data science.

Sebenarnya apa sih sertifikasi data science itu? Yuk, ketahui informasi lengkapnya dengan menyimak artikel berikut ini.

Pengertian Sertifikasi Data Science

Sertifikasi data science merupakan program pelatihan untuk mempersiapkan tenaga kompeten di bidang data science yang berperan dalam menganalisa, menginterpretasi, dan memvisualisasikan data agar menjadi informasi berharga untuk kepentingan bisnis.

Profesi data scientist memang sedang masuk jajaran profesi paling dibutuhkan dalam beberapa tahun terakhir, karena banyak perusahaan berskala besar membutuhkan jasa data scientist untuk mengolah data perusahaan agar mereka tidak salah dalam mengambil keputusan bisnis.

Tujuan diselenggarakannya program sertifikasi data science adalah memajukan kualitas sumber daya manusia di bidang analisa data supaya dapat bersaing di industri yang semakin ketat.

Baca juga: Data Science, Profesi yang Paling Dicari di Tahun Abad-21

Manfaat Mengikuti Sertifikasi Data Science

Ketika kamu ingin berkarier sebagai data scientist, pastikan kamu sudah mengantongi sertifikat profesional di bidang data science agar kamu memiliki nilai lebih dan berpeluang lebih besar direkrut HRD. Berikut ini sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan jika mengikuti sertifikasi data science:

  1. Dapat menunjukkan keinginan untuk terus belajar demi mengembangkan diri dan menggali potensi yang ada pada dirimu di hadapan recruiter.

  2. Menunjukkan jika kamu mengikuti perkembangan zaman dan memperbarui pengetahuan tentang industri terbaru yang memberikanmu keuntungan pada saat melamar pekerjaan di bidang data science.

  3. Sudah memiliki bekal ilmu dan keahlian di bidang data science di tingkat profesional, sehingga meningkatkan value kamu di mata perusahaan.

  4. Mempunyai peluang besar mendapat promosi jabatan dan tawaran gaji tinggi.

Baca juga: Profesi Primadona di Bidang Data: Data Analyst dan Data Scientist

Rekomendasi sertifikasi Data Science yang Bisa Menaikkan Potensi Kariermu

Sertifikasi di bidang data science dapat diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga pendidikan swasta yang berfokus di bidang IT dan komputer. mengutip dari laman Indeed, berikut daftar rekomendasi sertifikasi data science yang wajib diikuti karena dapat meningkatkan potensi kariermu di masa depan. Apa sajakah itu?

  1. CAP

Sertifikasi CAP atau Certified Analytics Professional adalah program sertifikasi yang memungkinkan kamu mendapatkan wawasan big data secara umum tanpa mempelajari suatu platform tertentu. Jika kamu berhasil lulus ujian, kamu akan memperoleh sertifikat profesional CAP dengan masa berlaku tiga tahun.

  1. SDS

Selanjutnya, sertifikasi SDS (Senior Data Scientist) adalah program sertifikasi yang diadakan oleh lembaga resmi Amerika Serikat bernama Data Science Council of America (DASCA). Sertifikasi SDS terbagi ke dalam lima kategori berdasarkan pengalaman peserta.

Untuk bisa mengikuti program kredensial satu ini, pastikan jika kamu sudah memiliki gelar sarjana dan minimal lima tahun pengalaman kerja di sektor ilmu data. Lalu, pada level sertifikasi di tingkat lanjut, peserta wajib memiliki gelar master.

Dengan memiliki sertifikat SDS, kamu akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan profesional di bidang data dan diharapkan dapat menunjang karier kamu sebagai tenaga ahli. Sertifikat ini dapat dipakai dalam rentang lima tahun.

  1. PDS

Selain sertifikasi SDS, lembaga Data Science Council of America (DASCA) juga menerbitkan sertifikasi lainnya bernama PDS yang kepanjangannya Principle Data Scientist.  Untuk program PDS, DASCA menetapkan peserta wajib memiliki pengalaman kerja di bidang data science atau IT minimal sepuluh tahun. Sebab, PDS akan berisi tentang materi yang lebih kompleks daripada SDS.

Kelebihan dari sertifikasi PDS adalah tidak ada masa kadaluarsa atau dengan kata lain sertifikat ini berlaku seumur hidup. Meski begitu, harga pendaftarannya terhitung lebih mahal dari program sertifikasi lainnya.

Baca juga: Mari Mengenal Apa Itu Data Science yang Sedang Populer

  1. Open CDS

Selanjutnya, program sertifikasi Open CDS (Certified Data Scientist) adalah program sertifikasi yang diadakan secara online. Program ini terbagi ke dalam tiga kategori. Pertama, Certified Data Scientist, Master Certified Data Scientist, dan Distinguished Certified Data Scientist. Keuntungan sertifikat Open CDS adalah tidak memiliki masa kadaluarsa.

  1. Microsoft Certified Azure Data Scientist Associate

Perusahaan teknologi raksasa Microsoft juga tak mau kalah dengan mengadakan program sertifikasi Certified Azure Data Scientist Associate yang diperuntukkan bagi pemula di bidang ilmu data.

Program sertifikasi ini akan mengajarkan kamu cara menerapkan teknologi machine learning untuk melatih, mengevaluasi, dan menerapkan model untuk memecahkan masalah bisnis.

Supaya bisa lulus ujian dan mendapatkan sertifikat dari Microsoft, kamu wajib menguasai keterampilan ilmu data seperti analisis prediktif, pemrosesan data, dan solusi AI. Untungnya lagi, sertifikat dari Microsoft tidak memiliki masa kadaluarsa.

Itu dia rangkuman mengenai sertifikasi data science yang perlu diketahui. Namun, harus diingat jika setiap program sertifikasi terdapat masa berlaku dalam jangka waktu tertentu. Jadi, pilihlah program sesuai kebutuhan kamu dan wajib perhatikan masa kadaluarsanya.

Apabila kamu ingin memperpanjang masa berlaku sertifikat, ikutilah ujian sertifikasi ulang kalau ingin memperpanjang masa berlakunya.

Akan tetapi, beberapa program sertifikasi mencantumkan syarat peserta sudah memiliki pengalaman di bidang terkait. Namun jangan khawatir, sertifikasi IT Specialist: Database Certification dari MyEduSolve dapat diikuti oleh siapa saja, meski kamu masih fresh graduate yang belum punya pengalaman apapun. Info lebih lanjut bisa akses laman resmi MyEduSolve di MyEduSolve.

Sumber:

17 Data Science Certifications for Your Career in 2024 https://www.indeed.com/career-advice/career-development/data-science-certifications (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Sertifikasi
Sertifikasi Data
Sertifikasi Data Scientist

80

Recommended Articles

Cara Mudah Belajar Rumus Vlookup untuk Pemula cover

Posted: 5 months ago

12 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.