Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mari Mengenal Apa Itu Data Science yang Sedang Populer

Apa itu data science yang banyak dicari oleh perusahaan? Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli data science? Cari tahu informasinya di sini.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Jun 14, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Mari Mengenal Apa Itu Data Science yang Sedang Populer cover

Apa itu data science? Data science menjadi salah satu keahlian yang populer dalam beberapa tahun ke belakang. Data science secara umum menjadi cara baru untuk menghemat waktu ketika melakukan analisis data yang sangat banyak. 

Penggunaan ilmu data science membantu banyak perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintahan untuk menghasilkan data yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Supaya kamu dapat mengenalinya secara lebih menyeluruh, baca artikel ini sampai akhir.

Apa itu Data Science

Data science adalah gabungan ilmu pemrograman, matematika, dan statistik yang digunakan untuk memproses data. Proses data yang dimaksudkan juga tidak hanya menganalisis. 

Pemrosesan data dimulai dari pengumpulan, analisis, hingga membuat hasilnya menjadi suatu model yang mudah dimengerti oleh pihak berkepentingan (stakeholder). 

Data science berguna untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan, organisasi, dan lembaga terkait. Jadi data science tidak hanya berguna untuk bisnis tetapi juga berguna dalam berbagai macam industri.

Baca juga: Data Science : Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022

Skill Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Data Scientist

Apakah kamu tertarik menjadi seseorang yang ahli dalam data science? Jika iya, maka beberapa skill di bawah ini perlu kamu miliki. 

1. Statistik

Arti kata statistik yang muncul dalam pikiran kamu kemungkinan besar adalah rumus matematika seperti pelajaran di sekolah. Pemikiran ini tidak salah, dalam bootcamp data science, kamu akan belajar konsep sampel dan populasi secara lebih mendalam. Hal ini sangat relevan dengan analisis data yang mendalam dan menjadi bagian penting dalam pengembangan keahlian di bidang data science

Jadi pastikan kamu memahami kedua konsep ini lebih lagi. Namun bukan berarti ilmu statistik dasar yang lainnya tidak penting. Kamu tetap harus mempelajari serta memahaminya agar pemrosesan data yang dilakukan semakin akurat. 

2. Pemrograman

Kemampuan pemrograman dibutuhkan supaya kamu bisa mengolah data dalam waktu yang singkat. Pengolahan data menggunakan program sama halnya seperti rumus matematika. 

Ketika kamu diminta untuk menghitung angka yang banyak maka rumus matematika dapat langsung memberikan hasilnya tanpa harus dihitung satu per satu. 

Data mentah yang sudah ada akan langsung diproses melalui berbagai susunan coding untuk menghasilkan data final sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Beberapa skill pemrograman yang diperlukan contohnya JavaScript dan Python.

3. Database, Query, dan Pengolahan Data

Kemampuan berikutnya yang sangat penting untuk dimiliki ialah database, query atau SQL, dan pengolahan data. Ketiganya berguna untuk mengolah data terstruktur dalam database secara lebih mudah. 

4. Pemahaman Mengenai Bisnis Tempat Kamu Bekerja

Skill terakhir yang harus kamu punya ialah kemampuan untuk memahami bisnis. Sebelum melakukan pengolahan data, kamu harus terlebih dahulu mengerti bisnis yang dijalankan. Kamu harus mengerti masalah apa yang sedang terjadi. 

Contohnya seperti masalah penjualan, konsumen, kualitas produk, dan lain sebagainya. Pemahaman yang menyeluruh tentang bisnis tersebut akan membantu kamu untuk mengolah data dengan lebih baik. Pada akhirnya kamu jadi tahu data mana saja yang harus diolah untuk menghasilkan solusi tepat. 

Baca juga: Apa Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist?

Menjadi seseorang yang ahli dalam suatu bidang memang bukan hal mudah. Mempelajari empat skill yang baru saja dijelaskan pasti akan memakan waktu yang lama. Tetapi jika kamu benar-benar tertarik menjadi seorang ahli data science maka semua kerja keras tersebut harus ditempuh. 

Kamu bisa mulai dengan mengambil sertifikasi IT Specialist yang ada di MyEduSolve. MyEduSolve menyediakan berbagai sertifikasi seperti Databases, dan Python yang bisa membantu kamu menjadi seorang ahli data science


Apa yang akan kamu dapatkan dari sertifikasi ini? Tentu saja banyak! Kemampuan kamu bisa diasah semakin tajam dengan materi pembelajaran LearnKey dan CertPREP. Nilai kamu sebagai pekerja di mata HR juga pasti akan semakin tinggi karena adanya sertifikat Pearson Vue dan bagde digital. 


Kamu tidak perlu takut jika gagal dalam ujian sertifikasi karena ada ujian latihan dan satu retake voucher. Yuk tingkatkan kemampuan kamu sekarang bersama MyEduSolve! Pertanyaan seperti “Apa itu Data Science?” jadi sangat mudah dijawab ketika kamu sudah memahaminya secara menyeluruh. So let’s get certified and be qualified!

Related Tags

apa itu data science

949

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.