Data Science : Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022

The Future of Jobs oleh World Economic Forum (WEF) mengatakan bahwa Data Science merupakan profesi yang paling dicari di tahun 2022 dan setelahnya. Tren digitalisasi, seperti implementasi cloud computing dan big data akan terus berlanjut dan menjadi prioritas di dunia kerja.

Posted: Monday, May 16, 2022

Updated: Wednesday, May 18, 2022

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

| Posted: Monday, May 16, 2022

Share:

Data Science : Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022 cover

Data Science: Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022

Kenalan sedikit yuk, dengan Data Scientist! Data Scientist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat berguna dalam mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan atau organisasi


Data Science: Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022sumber: kabar24.bisnis



Lebih Lengkap Mengenai Data Science

Data Science adalah bidang studi yang menggabungkan keahlian domain, keterampilan pemrograman, dan pengetahuan matematika dan statistik untuk mengekstrak wawasan yang berarti dari data. Praktisi ilmu data menerapkan algoritme pembelajaran mesin ke angka, teks, gambar, video, audio, dan lainnya untuk menghasilkan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Pada gilirannya, sistem ini menghasilkan wawasan yang dapat diterjemahkan oleh analis dan pengguna bisnis ke dalam nilai bisnis yang nyata.
Tugas seorang Data Scientist adalah pengembangan strategi untuk menganalisis data, menyiapkan data untuk analisis, menjelajahi, menganalisis, dan memvisualisasikan data, membangun model dengan data menggunakan bahasa pemrograman, seperti Python dan R, dan menerapkan model ke dalam aplikasi. Ilmuwan data tidak bekerja sendirian. Kegiatan data science sebaiknya tidak dilakukan sendiri melainkan harus dalam tim. Di dalam tim ini mungkin termasuk analis bisnis yang mendefinisikan masalah, insinyur data yang menyiapkan data dan cara mengaksesnya, arsitek teknologi informasi yang mengawasi proses dan infrastruktur yang mendasarinya, dan pengembang aplikasi yang menyebarkan model atau keluaran analisis ke dalam aplikasi dan produk.

Kenapa Data Science Menjadi Profesi yang Paling Dicari?

The Future of Jobs oleh World Economic Forum (WEF) mengatakan bahwa pada tahun 2025, tren digitalisasi, seperti implementasi cloud computing dan big data akan terus berlanjut dan menjadi prioritas di dunia kerja. WFE mencantumkan bahwa Data Scientist berada di peringkat nomor satu pekerjaan yang paling dicari di masa depan.
Data science dapat bekerja di berbagai industri, termasuk teknologi informasi, perawatan kesehatan, dan keamanan, serta dapat memiliki berbagai profesi dan fungsi. Tergantung pada keahlian Anda, Anda dapat bekerja sebagai insinyur data, ilmuwan data, atau manajer data besar. Data science adalah pilihan karir yang menonjol di lingkungan berbasis data saat ini karena ilmuwan data dapat memberikan hasil ekonomi untuk perusahaan. Ilmu data menyediakan berbagai peluang jaringan karena telah menjadi salah satu karier paling populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak perusahaan yang secara aktif merekrut ilmuwan data.
Data merupakan kekuatan pendorong di balik kesuksesan perusahaan, ilmu data adalah jalur karir yang menjanjikan bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut. Dengan pemahaman ilmu data, menempatkan diri Anda pada posisi yang kuat tidaklah sulit. Mempelajari ilmu data dan teknologi mutakhir memberi Anda aset penting yang akan membantu Anda maju dalam pekerjaan Anda.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan?

Dibawah ini merupakan beberapa skill yang dibutuhkan oleh seoarang data scientist untuk memaksimal kinerja mereka, menurut AnalyticsVidhya.

1. Machine Learning

Bagi data scientist, machine learning adalah skill inti yang harus dikuasai. Machine Learning digunakan untuk membangun model prediktif. Misalnya, Anda ingin memprediksi jumlah pelanggan yang akan Anda miliki di bulan depan dengan melihat data bulan lalu, Anda perlu menggunakan algoritme pembelajaran mesin.

2. Visualisasi Data

Visualisasi data merupaka presentasi grafis dari informasi dan data. Dengan menggunakan elemen visual seperti bagan, grafik, dan peta, alat visualisasi data menyediakan cara yang dapat diakses untuk melihat dan memahami tren, outlier, dan pola dalam data.

3. Programming Language

Bahasa Pemrograman memberi kita cara untuk berkomunikasi dengan mesin. Kita tidak perlu ahli dalam bahasa pemrograman. Tetapi kamu pasti harus merasa nyaman menggunakannya. Bahasa pemrograman memberikan satu set instruksi ke komputer untuk mengeksekusi. 

Skill-skill diatas bisa kamu asah dengan Microsoft Cetified Fundamentals (MCF) bersama dengan MyEduSolve. MCF adalah sertifikasi dalam bidang cloud computing, artificial intelligence (AI), dan data science. Cocok untuk kamu yang ingin memulai karier di dunia teknologi. Persiapkan menjadi Data Scientist dan validasikan kemampuanmu dengan sertifikasi resmi dari Microsoft! Sertifikasi Internasional MCF ini sangat berguna untuk upskill diri untuk dunia kerja nanti!

Article Tag:

Data ScienceProfesiSkill

Category:

Teknologi

Written By

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Articles Info

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Data Science : Profesi yang Paling Dicari di Tahun 2022

Posted: Monday, May 16, 2022

Updated: Wednesday, May 18, 2022

Article Tag:

Data ScienceProfesiSkill

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.