Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Referensi Materi Ujian Sertifikasi Adobe Photoshop in Visual Design

Butuh persiapan sebelum ikut ujian sertifikasi Adobe Certified Professional Adobe Photoshop? Simak kisi-kisi soal tes yang akan diuji dari artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Apr 23, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Referensi Materi Ujian Sertifikasi Adobe Photoshop in Visual Design cover

Kamu hendak mengikuti ujian sertifikasi Adobe Photoshop untuk meningkatkan kompetensi? Supaya meraih hasil yang maksimal, tentu saja kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar.

Lalu, kira-kira materi apa saja yang harus kamu pelajari agar bisa lulus ujian sertifikasi Adobe Photoshop? Jika ingin tahu jawabannya, simak artikel tentang materi ujian sertifikasi Photoshop berikut ini.

Ujian Sertifikasi Adobe Photoshop in Visual Design

Salah satu cara meningkatkan kompetensi di bidang desain adalah mengikuti ujian sertifikasi Adobe Certified Professional in Visual Design Using Adobe Photoshop.

Program ini diinisiasi langsung oleh perusahaan Adobe Internasional dengan menggandeng Certiport.

Ujian sertifikasi ini ditujukan untuk desainer pemula yang ingin membangun karir profesional sebagai desainer. Sangat direkomendasikan jika kamu ingin bekerja di bidang media, industri kreatif, visual design, hingga periklanan.

Dengan mengikuti sertifikasi ini, kamu sebagai peserta akan mendapat materi secara online yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Setelah itu, kamu akan mengikuti ujian untuk membuktikan kemampuan dan kompetensi belajar. Jadwal ujian pun sangat fleksibel, jadi kamu dapat mengambil waktu ujian kapan saja ketika kamu sudah merasa siap.

Jika berhasil lulus ujian, kamu akan memperoleh sertifikat resmi yang langsung diterbitkan oleh Adobe Internasional.

Kamu dapat menggunakan sertifikat tersebut untuk melamar di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri, karena kemampuan dan keterampilan kamu sudah diakui secara internasional.

Baca juga: Cara Mudah Menambahkan Font di Photoshop

Referensi Materi Ujian Sertifikasi Adobe Photoshop

Ujian sertifikasi Adobe Certified Professional in Visual Design Using Adobe Photoshop diadakan selama 50 menit yang telah ditinjau secara ketat. Peserta yang berhasil lulus ujian akan diakui sebagai desainer profesional yang sudah memiliki jam terbang setara 150 jam kerja.

Soal ujian akan menguji keterampilan peserta dalam beberapa aspek, seperti pengoperasian software Adobe Photoshop, fitur-fitur Photoshop yang tersedia, dasar-dasar manajemen proyek, prinsip desain, pengetahuan tentang industri desain, dan pendekatan kreatif lainnya. Penjelasan lebih lanjut mengenai referensi materi ujian akan disajikan berikut ini.

  1. Pengetahuan Dasar Industri Desain

Ketika ujian nanti, kamu akan diberikan pertanyaan seputar pengetahuan dasar di industri desain. Misalnya interaksi dengan rekan kerja, cara menangani klien, serta pengetahuan umum terkait teknis desain dan hukum. Berikut ini materi yang perlu kamu kuasai:

  • Cara mengidentifikasi tujuan, target audiens, dan kebutuhan audiens sebelum memulai proses kreatif.

  • Cara berkomunikasi efektif dengan rekan kerja dan klien terkait rencana desain dan pemahaman tentang project management.

  • Pengetahuan tentang hak cipta, izin, dan lisensi resmi yang perlu digunakan ketika ingin mengambil konten dari pihak ketiga.

  • Pengetahuan dasar tentang prinsip desain dan mempraktekkannya secara efektif dalam pengerjaan proyek.  

  • Pemahaman pada istilah-istilah yang digunakan di industri desain. Misalnya pixel, image resolution, raster, bitmap, vector, dan sebagainya.


  1. Adobe Photoshop Setup dan Interface

Kemudian, kamu juga akan dihadapkan dengan soal ujian seputar teknis pengoperasian Adobe Photoshop mulai dari setup dan interface.

Soal ini ditujukan untuk menguji pengetahuan kamu tentang pengaturan interface dan program di Adobe Photoshop secara efisien ketika mengerjakan sebuah proyek. Berikut ini materi yang perlu dipelajari:

  • Cara membuat dokumen dengan format sesuai kebutuhan klien dan rencana desain, baik dalam bentuk cetak, digital, maupun video.

  • Cara mengelola, memandu, dan mengatur workspace dalam aplikasi Photoshop.

  • Pengetahuan tentang mengoperasikan tools untuk membuat desain digital.

  • Cara mengimpor foto dan mengatur posisinya di lembar kerja.

  • Pengaturan komposisi warna, pola, dan gradasi menggunakan tools seperti brush, pattern, color picker, swatches, eyedropper tool, dan semacamnya.

 

  1. Pengelolaan Dokumen

Di dalam ujian sertifikasi, kamu juga akan menemui pertanyaan tentang pengelolaan dokumen yang mengujimu dalam mengatur struktur lembar kerja agar lebih efisien ketika mengerjakan sebuah proyek. Untuk menjawab pertanyaan ini kamu perlu mempelajari:

  • Cara menggunakan tool ‘Layersuntuk mengelola elemen-elemen desain.

  • Proses memodifikasi tampilan layer menggunakan tools seperti opacity, blending mode, dan masks.

  • Langkah-langkah mengoperasikan dan membedakan antara non-destructive editing (smart objects, smart filters adjustment layers) dan destructive editing (painting, adjustments, erasing, rasterizing) dalam mengerjakan desain.

Baca juga: Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?

  1. Membuat dan Memodifikasi Elemen Visual  

Kemampuan kamu dalam membuat dan memodifikasi elemen visual juga akan diuji. Jika kamu dapat menjawab pertanyaan ini, artinya kamu sudah menguasai fungsi berbagai tools penting yang tersedia di Adobe Photoshop. Berikut materi yang perlu dipelajari:

  • Cara menggunakan fitur-fitur dan tools penting untuk menciptakan suatu karya desain. Contohnya crop, pencil, clone stamp, brush, eraser, background eraser, dan paint bucket.

  • Cara memanipulasi teks menggunakan pengaturan tipografis dalam tools: font, size, style, alignment, color, dan sebagainya.

  • Cara membuat, mengelola, dan memanipulasi objek menggunakan tools berikut: quick selection, lasso tool, magic wand, marquee selection tool, select subject, select sky, dan sebagainya.

  • Cara mengubah desain grafis dengan tools: resize, crop, expanding, resampling, wrapped, distorted, dan lainnya.

  • Cara memodifikasi tampilan desain menggunakan tools ‘Filter’ dan ‘Styles’.

Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Sertifikasi Adobe yang Diakui Secara Global

  1. Mempublikasikan Desain ke Media Digital

Ujian sertifikasi juga akan mengeluarkan pertanyaan terkait cara publikasi desain ke media digital. Pertanyaan ini akan menguji kamu tentang alur mempublikasikan karya desain diawali dari ekspor dokumen hingga menyebarluaskannya ke media digital. Materi yang akan diuji:

  • Proses menyiapkan desain untuk diekspor ke dalam bentuk digital, cetak, dan video.

  • Proses menyimpan desain ke dalam berbagai format.

Itu dia referensi materi ujian sertifikasi Adobe Photoshop yang bisa kamu pelajari agar dapat lulus tes dan memperoleh hasil maksimal. Kalau kamu berniat mengikuti sertifikasi Adobe Photoshop ini, segera daftarkan diri ke program Visual Design using Adobe Photoshop Certification dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa mengakses laman MyEduSolve.

Related Tags

Materi Ujian
Adobe Photoshop

88

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.